PENCURAHAN ROH KUDUS

*PENCURAHAN ROH KUDUS*
*‎Pdt. Ir Niko Njotorahardjo*


Kita hidup di dunia ini untuk menyembah Tuhan. Penyembahan dalam arti yang sempit, yaitu memuji, menyembah dan hidup intim dengan Tuhan, sedang dalam arti luas yaitu menyenangkan hatinya Tuhan, dengan cara taat untuk melakukakuan perintah-perintah Tuhan.

*"Barangsiapa mengatakan, bahwa ia ada di dalam Dia, ia wajib hidup sama seperti Kristus telah hidup." (1 Yoh. 2: 6)*

Ketika kita sudah percaya dan ada dalam DIA, maka kita wajib hidup seperti Kristus hidup. Tahun 2013 Tuhan memberikan visi bahwa kita masuk dalam tahun pemulihan seutuhnya, mujizat yang kreatif.

Pemulihan artinya sesuatu yang tidak baik akan dibuat menjadi baik bagi setiap kita, dalam hal apabisa hubungan suami isteri yang tidak biak, hubungan keluarga yang tidak baik dengan saudara akan dibuat menjadi baik oleh Tuhan, keadaan ekonomi, kesehatan, pekerjaan yang tidak baik akan dibuat menjadi baik oleh Tuhan, artinya diubah oleh Tuhan. Pesan terakhir Tuhan Yesus sebelum naik ke surga kepada para murid-murid yaitu untuk menjadi saksi Yesus. Pesan terakhir Yesus sebelum naik ke sorga:

"Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi." (Kis 1:8).

Yesus naik ke sorga disaksikan para murid-Nya. Demikian juga kita, murid-murid-Nya akan menyaksikan kedatangan-Nya yang kedua kali (Kis. 1:11). Pesan Tuhan: kita harus menjadi saksi Yesus. Seperti Yesus selama ada di dunia memperkatakan dan melakukan seluruh kehendak Bapa; demikian juga kita akan memperkatakan dan melakukan apa yang perintahkan Bapa. Menjadi saksi Yesus harus dipenuhi dengan Roh Kudus. Jika tidak maka kesaksian kita tidak akan berdampak. Oleh sebab itu bila menyampaikan firman Tuhan (berkhotbah) harus mengandalkan Roh Kudus dan khotbahkan juga tentang "Kuasa Roh Kudus" (Bahasa roh, pekerjaan Roh Kudus, dan karya-karya Roh Kudus.) Bisakah kita hidup seperti Kristus hidup, untuk bisa hidup kudus kita harus mengandalkan Roh Kudus, jangan mengandalkan kekuatan sendiri. Dan jangan main-main dengan kasih karunia! Tidak semua orang Kristen masuk surga, hanya mereka yang melakukan kehendak Bapa, tidak semua pendeta masuk surga, tetapi hamba Tuhan yang melakukan kehendak Bapa yang masuk dalam kerajaan Surga. Menjadi saksi Yesus tidak bisa dengan kekuatan Tuhan dan itu semua karena kuasa dari Roh Kudus. Kalau Roh Kudus turun atas kita maka kita akan menjadi saksi Yesus yang efektif. Indonesia sekarang menjadi sorotan secara rohani khususnya kekristenan yang ada di Indonesia, karena anak-anak muda di Indonesia dipakai Tuhan luarbiasa.

Janji Tuhan penggenapan pencurahan Roh Kudus, disertai dengan tanda-tanda sebagai berikut, (1) anak-anak, pemuda dan orang tua, (2) Goncangan-goncangan dan (3) Orang yang berseru kepada nama Tuhan akan diselamatkan).

Pentakosta (Penggenapan janji pencurahan Roh Kudus)
Pentakosta Pertama. Peristiwa turunnya Roh Kudus diawali dengan perintah Yesus kepada murid-murid-Nya untuk tidak meninggalkan Yerusalem. Para murid berkumpul di loteng atas, tiba-tiba ketika mereka berdoa turunlah Roh Kudus menguasai mereka semua. Mereka berbahasa roh dengan luar biasa. Kemudian mereka dipenuhi Roh Kudus dan menjadi saksi Yesus dengan sangat bersemangat.
Pentakosta Kedua. Peristiwa pencurahan Roh Kudus pada awal abad 20 di tiga tempat:

1901 di Kansas City, 1904 di Wales, 1906 di Azusa Street

Pentakosta ketiga
Dimulai tahun 2009 Tuhan berbicara: "Aku Datang Segera, dan akan mencurahkan Roh Kudus secara luar biasa, maka Yoel 3:28-32 akan digenapi
Tahun 2010 Empowered 21 pertama di Oklahoma dimana terjadi pencurahan Roh Kudus yang dahsyat. Banyak orang mengalami kepenuhan Roh Kudus.
Diteguhkan tahun 2011 dalam perhelatan Empowered 21 Asia pertama di SICC. Respon bangsa-bangsa terhadap menara doa sangat luar biasa (Vietnam, Jepang saat ini sudah ada menara doa)
Semakin diteguhkan dengan WPA. Tuhan berbicara jelas dari Habakuk 2:14 tentang bumi yang dipenuhi dengan Roh Allah, yaitu Roh Kudus itu sendiri.
Tahun 2013 dalam Empowered 21 di SICC dideklarasikan sebagai kegerakan Pentakosta ketiga dimana Roh Kudus dicurahkan atas setiap orang yang menanti-nantikan Dia. Inilah yang menjadi permulaan penuaian satu milyar jiwa. Tanda-tandanya: Roh Kudus dicurahkan – Penuaian jiwa besar-besaran – Kedatangan Yesus yang kedua

*MENJADI SAKSI YESUS YANG TIDAK CINTA UANG*
Dua hal yang harus dilakukan Gereja agar berdampak untuk menjadi saksi Yesus adalah:

Bertekun dan sehati masuk menara doa
Yudas diganti Matias. Yudas melambangkan orang yang cinta akan uang. Mengapa Tuhan sangat menekankan agar kita tidak cinta uang? Uang adalah saingan utama Tuhan, karena itu orang percaya harus mengabdi kepada Tuhan buka kepada mamon.
Uang (Mamon) adalah saingan utama Tuhan. Kita tidak bisa mengabdi kepada dua tuan (Mat 6:24)
Bagaimana kita menangani uang, akan menunjukkan sikap kita pada persekutuan dengan Tuhan. Semakin kita cinta Tuhan, maka kita tidak cinta akan uang; demikian sebaliknya.
Uang yang akan membentuk karakter kita
Tuhan memperingatkan orang-orang kaya di dunia agar mereka masuk sorga:
jangan tinggi hati
tidak berharap kepada kekayaan, tetapi kepada Allah
selalu berbuat baik
Kaya dalam kebajikan
Suka memberi dan berbagi dengan sesama
Untuk mematahkan cinta akan uang: SUKA MEMBERI

"TUHAN YESUS MEMBERKATI"


Komentar

Postingan Populer