Jumat, 04 Mei 2018

ROH NASEHAT

Roh Nasehat
Ev Nany Susanty


Sebab seorang anak telah lahir untuk kita, seorang putera telah diberikan untuk kita; lambang pemerintahan ada di atas bahunya, dan namanya disebutkan orang: Penasihat Ajaib, Allah yang Perkasa, Bapa yang Kekal, Raja Damai. (Yes 9:5)

Bahasa Yunani: 'PARAKLESIS', nomina feminin dari verba 'PARAKALEO', "memohon"; tindakan menasehati, memberi semangat, menghibur, bahkan menegur. Pada umumnya tulisan dalam Alkitab adalah suatu 'PARAKLESIS', nasehat, teguran atau pemberian semangat dengan tujuan memperkuat dan mengokohkan iman orang percaya.


* Ibrani 10:25
"Janganlah kita menjauhkan diri dari pertemuan-pertemuan ibadah kita, seperti dibiasakan oleh beberapa orang, tetapi marilah kita saling menasihati, dan semakin giat
melakukannya menjelang hari Tuhan yang mendekat." –
"ME EGKATALEIPONTES TEN EPISUNAGOGEN HEAUTON KATHOS ETHOS TISIN ALLA PARAKALOUNTES KAI TOSOUTO MALLON HOSO BLEPETE EGGIZOUSAN TEN HEMERAN"

Orang yang tidak ingin nasihat atau dinasihati adalah orang sombong, dan Tuhan tidak suka kesombongan. Kita harus punya sikap hati yang menyadari bahwa semua yang ada dalam diri kita, pikiran kita, prinsip-prinsip kita, semua belum tentu benar. Karenanya kita perlu roh nasehat.

Tidak ada penasehat yang lebih luar biasa dari Yesus Kristus Tuhan

Ia telah memperkenalkan jalan-jalan-Nya kepada Musa, perbuatan-perbuatan-kepada orang Israel. (Mzm 103:7)

Tuhan memperkenalkan jalanNya artinya Tuhan memberita nasehat kepada Musa. Tapi bagi orang Israel Tuhan hanya tunjukkan perbuatan-perbuatanNya. Jika kita tidak minta nasehat pada Tuhan, seringkali sekitar kita memberikan nasehat yang keliru. Tuhan Roh Kudus adalah penasehat yang ajaib, maka kita harus minta nasehat padaNya.

Kita perlu roh nasehat, sehingga kita juga bisa jadi solusi buat anak-anak, keluarga, dan orang-orang sekitar kita.

Sumber : Dasar Yang Baru

Tidak ada komentar:

Posting Komentar