Rabu, 09 Mei 2018

SHRK 8-Mei-2018

KIRBAT DAN ANGGUR BARU
SHRK 8 May 2018.
Pak Petrus Hadi


Lukas 5:33-39 Orang-orang Farisi itu berkata pula kepada Yesus: "Murid-murid Yohanes sering berpuasa dan sembahyang, demikian juga murid-murid orang Farisi, tetapi murid-murid-Mu makan dan minum."Jawab Yesus kepada mereka: "Dapatkah sahabat mempelai laki-laki disuruh berpuasa, sedang mempelai itu bersama mereka?Tetapi akan datang waktunya, apabila mempelai itu diambil dari mereka, pada waktu itulah mereka akan berpuasa."Ia mengatakan juga suatu perumpamaan kepada mereka: "Tidak seorang pun mengoyakkan secarik kain dari baju yang baru untuk menambalkannya pada baju yang tua. Jika demikian, yang baru itu juga akan koyak dan pada yang tua itu tidak akan cocok kain penambal yang dikoyakkan dari yang baru itu.Demikian juga tidak seorang pun mengisikan anggur yang baru ke dalam kantong kulit yang tua, karena jika demikian, anggur yang baru itu akan mengoyakkan kantong itu dan anggur itu akan terbuang dan kantong itu pun hancur.Tetapi anggur yang baru harus disimpan dalam kantong yang baru pula.Dan tidak seorang pun yang telah minum anggur tua ingin minum anggur yang baru, sebab ia akan berkata: Anggur yang tua itu baik."

Ada miss komunikasi antara Tuhan dengan orang Farisi. Antara orang Farisi dan Tuhan Yesus tidak pernah ketemu. Anggur yang baru harus disimpan oleh kirbat yang baru.

3 Kelompok orang berTuhan yang bisa miss dgn Tuhan yaitu :
A. Memasuki kehidupan yg rutinitas - tanpa kita sadari - keKristenan yg berliturgi. Mrk berkata kami sedang puasa. Kelihatan bagus tp ngak pas. Ketika kita masuk pd rutinitas, fisik saya berTuhan, tapi hati saya menjauh. Krn anggur baru / kasih karunia yg lbh hebat ngak bisa dicurahkan. Kenapa Tuhan sampe berkata aku mencurahkan anggur yg baru dan kirbat yg baru. Org farisi hdp nya sdh agamawi banget. Puasa yg sdh ngak nyentuh hati Tuhan.

B. Org yg punya kebenaran diri sendiri. Org punya pengalaman dan pengalaman nya dijadikan rumus. Kalau ngak sesuai dgn rumus nya berarti bukan dr Tuhan. Banyak org disini membuat monumen demi monumen padahal sebenarnya Tuhan itu bergerak terus. Kalau pembicara dgn Tuhan sdh kau tolak maka roh Tuhan sulit kau dapati sehingga kau kecewa.

C. Yg rohani. Murid2 Yohanes berpuasa atas perintah dr Yohanes. Mrk sampai miss dgn Tuhan. Ini ngak mudah. Seringkali ada tawaran2 Tuhan yg kita sepelekan. Pandangan umum lbh suka anggur tua (tambah tua tambah mahal), Tuhan bilang anggur baru, membuat mrk ngak menarik.

Anggur baru artinya ditanah2 subur Israel (Yizreel - sangat sedikit) dibuat tanah anggur - menghasilkan yg spesial dimana rasanya lbh enak drpd anggur yg tua. Kebun anggur nabot itu menghasilkan anggur kwalitas (1 Raja-raja 21:1). Kebun anggur Ahab itu yg hasil nya ngak bagus. Kirbat itu cara berpikir.

Matius 1:19 Karena Yusuf suaminya, seorang yang tulus hati dan tidak mau mencemarkan nama isterinya di muka umum, ia bermaksud menceraikannya dengan diam-diam. Mengapa janji akan kedatangan Tuhan Yesus itu sampe lama banget? Krn ngak ada wadah / kirbat nya. Yusuf org yg tulus. Hanya orang yang tulus yang dapat di manufer, bisa ditegur. Kita bisa menilai dari kacamata Tuhan walaupun tidak cocok sama kita.

Sesuatu yang menutupi, yang tidak bisa membuat kita lihat peluang-peluang. Tanpa kematian ngak mungkin ada kebangkitan. Selama kita menerima yang Ilahi lalu pakai otak maka kita sedang menerima anggur baru dgn kirbat yg lama.

Matius 2:16-18 Ketika Herodes tahu, bahwa ia telah diperdayakan oleh orang-orang majus itu, ia sangat marah. Lalu ia menyuruh membunuh semua anak di Betlehem dan sekitarnya, yaitu anak-anak yang berumur dua tahun ke bawah, sesuai dengan waktu yang dapat diketahuinya dari orang-orang majus itu. Dengan demikian genaplah firman yang disampaikan oleh nabi Yeremia: "Terdengarlah suara di Rama, tangis dan ratap yang amat sedih; Rahel menangisi anak-anaknya dan ia tidak mau dihibur, sebab mereka tidak ada lagi." Herodes sampai membunuh anak dibawah 2thn kebawah, salah siapa? Secara manusia salah org Majus. Lahirnya lawatan 1x yg penyangga dana org majus. Dibutuhkan org2 Ishakar yg menopang lawatan. Pintu lawatan anak bungsu sdh terbuka.

Yesaya 60:5-6 Pada waktu itu engkau akan heran melihat dan berseri-seri, engkau akan tercengang dan akan berbesar hati, sebab kelimpahan dari seberang laut akan beralih kepadamu, dan kekayaan bangsa-bangsa akan datang kepadamu. Sejumlah besar unta akan menutupi daerahmu, unta-unta muda dari Midian dan Efa. Mereka semua akan datang dari Syeba, akan membawa emas dan kemenyan, serta memberitakan perbuatan masyhur TUHAN. Kekayaan bkn utk memperkaya diri, mengulurkan cinta.

All by HIS love, mercy, grace and kindness
HIS Beloved DAVID דָּוִד

Tidak ada komentar:

Posting Komentar