HARGA SEORANG MURID

HARGA SEORANG MURID

By : Pdt. Gilbert Lumoindong

#priscillastefanie

Mat 20: 17 – 19
(17)  Ketika Yesus akan pergi ke Yerusalem, Ia memanggil kedua belas muridNya tersendiri dan berkata kepada mereka di tengah jalan :
(18)  "Sekarang kita pergi ke Yerusalem dan Anak Manusia akan diserahkan kepada imam-imam kepala dan ahli-ahli Taurat, dan mereka akan menjatuhi Dia hukuman mati.
(19)  Dan mereka akan menyerahkan Dia kepada bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah, supaya Ia diolok-olok, disesah dan disalibkan, dan pada hari ketiga Ia akan dibangkitkan.

Saudaraku yang kekasih dalam Tuhan, dalam hal ini Yesus bukan mengadakan pemberitahuan tentang penderitaanNYA.
Tetapi dari sini kita bisa melihat, YESUS SEDANG MENGGAMBARKAN TENTANG HARGA DARI SEORANG MURID
Harga seorang murid menurut Yesus :

~~  1.  SEORANG MURID HARUS MEMILIKI WAKTU YANG EKSKLUSIF DENGAN GURUNYA

Mat 20 : 17
Ketika Yesus akan pergi ke Yerusalem, Ia memanggil kedua belas muridNya tersendiri dan berkata kepada mereka di tengah jalan.

##  Di sini kita bisa melihat bahwa Yesus bukan hanya sekedar memberitahukan tentang penderitaanNYA, tapi Yesus juga sedang memberitahukan bahwa seorang murid sendiri harus selalu memiliki waktu yang eksklusive dengan gurunya.

Waktu dimana kita mendengar suaraNYA,
waktu dimana Dia membimbing hidup kita,
waktu dimana kita sedang mengambil keputusan,
dan membiarkan Yesus yang mengarahkan keputusan kita.

Sehingga ketika Yesus sedang dalam perjalanan ke Yerusalem, dimana Yesus akan menghadapi masa-masa yang sukar,
Dia memanggil murid-muridNya,
Dia beritahukan apa yang akan terjadi,
Dia arahkan murid-muridNYA,
agar mengerti mengenai langkah yang harus mereka ambil, Yesus arahkan murid-muridNYA agar tidak terkejut mengenai apa yang akan terjadi.

Yesus mulai jelaskan kepada murid-muridNYA sehingga waktu eksklusif dengan guru, WAKTU EKSKLUSIF DENGAN KRISTUS MERUPAKAN BAGIAN YANG MUTLAK UNTUK SETIAP MURID YESUS.
Pada hari-hari terakhir ini, banyak orang yang hanya menjadi pengikut, tetapi tidak menjadi murid Yesus.

Apa bedanya antara murid Yesus dan pengikut Yesus ?
Pengikut Yesus hanya ada bersama dengan Yesus, ketika rame-rame ada, ketika mujizat terjadi.
Ketika Yesus memberi makan kepada 5000 orang, pengikut-pengikut mulai datang ke situ, Yesus bilang, kamu mengikut Aku, karena kamu makan roti dan menjadi kenyang.

Di sini kita lihat pengikut hanya mau bersama-sama dengan Yesus, ketika situasi menyenangkan.
Pengikut mau ramai-ramai bersama Yesus.
Tetapi, murid Yesus bukan hanya ikut Yesus ketika ada berkat dan mujijat.

Tetapi sekali lagi, murid punya waktu yang eksklusif bersama Kristus.
Kenapa ?
Karena Kristus perlu mengajar dia banyak hal.
Kristus perlu mengajar murid ketika menghadapi badai,
perlu mengajar murid ketika mereka mengalami masa-masa yang sukar.

Sehingga Yesus perlu memanggil murid-muridNYA tersendiri dan mulai menjelaskan kepada mereka tentang banyak hal.

Saudaraku yang kekasih dalam Tuhan, saya berdoa kepada Allah.
Supaya saudara bukan hanya menjadi pengikut Yesus, yang oh...kalau ini menyenangkan, kalau ini bisa saya terima,  saya coba ikut Yesus.
Kita jangan hanya tergoda untuk mengikuti Yesus.

Tetapi, kita menjadi murid yang mempunyai sikap, bahwa bila saya salah, maka saya siap ditegur dan dikoreksi karena saya memiliki waktu yang eksklusif dengan Dia, saya punya saat bersama dengan Dia.
Sehingga jika saya bersama dengan Yesus,
saat saya dalam bahaya,
saat saya dalam kejenuhan, atau dalam kekosongan,
saya tidak lari dengan dunia atau mencari kesenangan-kesenangan yang dunia bisa berikan buat saya.

Tetapi, saya mencari Dia,
saya meminta nasehatNYA, pandanganNYA
dan minta Roh KudusNYA untuk menuntun saya.
Agar kita dapat memahami banyak hal-hal yang luar biasa yang Tuhan sediakan buat kita.

Jadi, pengikut hanya ikut-ikutan iring Yesus, tetapi murid memiliki waktu yang eksklusif, siap diajar, siap diproses, siap ditegur/diberitahu kesalahannya, siap diarahkan untuk mengambil keputusan, sehingga Paulus berkata, "Hidupku bukannya aku lagi, tetapi Kristus yang hidup di dalam aku, haleluya !

Gal 2 : 20
namun aku hidup, tetapi bukan lagi aku sendiri yang hidup, melainkan Kristus yang hidup di dalam aku.  Dan hidupku yang kuhidupi sekarang di dalam daging, adalah hidup oleh iman dalam Anak Allah  yang telah mengasihi aku  dan menyerahkan diri-Nya untuk aku

Setiap orang yang mengaku dirinya murid Kristus, dia harus punya waktu, dia harus mendisiplinkan diri.
Punya waktu untuk berdoa, punya waktu yang eksklusif dengan Bapa.
Sehingga ketika dia ambil keputusan, ketika dia mengalami masa-masa yang sukar, mau berlutut di bawah kaki Tuhan, dan bertanya, "Tuhan, langkah apa yang harus saya ambil ?" Atau, ketika situasi di rumah tangga ini sudah mulai goncang, kembali bertanya, "Tuhan, langkah apa yg harus saya ambil ?"
Tuhan, suami saya sudah mulai jauh dari Tuhan, beritahu bagaimana saya harus bersikap?"
Tuhan, hubungan saya dengan istri, hubungan saya dengan anak-anak makin jauh, Tuhan beritahu,"Langkah apa yang perlu saya lakukan ?

Jadi, bila kita punya waktu dan hubungan yang eksklusif dengan Tuhan, maka saya terlalu percaya bahwa Tuhan akan menuntun kita.
Jalan yang kita jalani bukan lagi jalan yang kita jalani sendiri.
Tetapi jalan yang kita jalani adalah jalan Allah yang membawa kita melihat pada perkara-perkara yang luar biasa, haleluya !

~~  2.  SEORANG MURID TESUS HARUS SELALU SIAP MENDENGAR HAL-HAL YANG KESANNYA MENGEJUTKAN

Mat 20 : 18
Sekarang kita pergi ke Yerusalem dan Anak Manusia akan diserahkan kepada imam-imam kepala dan ahli-ahli Taurat, dan mereka akan menjatuhi Dia hukuman mati.

Karena Yesus engga bicara dengan orang lain, tetapi Yesus hanya bicara pada murid-muridNYA.
Yesus buktikan, "Aku yang selama ini buat mujizat,
Aku yang selama ini buat perkara-perkara besar,
Aku yang membangkitkan orang mati,
Aku yang memberi makan 5.000 orang,
Aku yang menyembuhkan orang buta,
tetapi sekarang...
Aku akan diserahkan, ditangkap,
dan orang akan menjatuhkan hukuman mati kepadaKU."

Saudaraku yang kekasih dalam Tuhan, saya percaya bahwa murid-murid pasti terkejut. Murid-murid pasti berkata, "Kalau Dia memang Tuhan, murid-murid pasti bisa mengatasi semuanya."
Kalau dia bisa bangkitkan orang mati, kenapa Dia engga kerjakan buat hidupNYA ?
Yesus kan bisa celikkan mata orang buta, kenapa Dia hanya diam saat diperlakukan tidak adil ?
Nah, saudaraku yang kekasih dalam Tuhan, ada banyak hal yang mengejutkan buat kita.

Mungkin ada di antara kita yang sering kali bertanya, "Lho, saya telah setia, tapi kenapa dikejutkan dengan masalah ini ?"
Saya telah hidup kudus, kenapa saya masih belum dapat juga berkat ?
Atau, saya sudah meninggalkan pasangan saya yang tidak seiman, tetapi kenapa sampai hari ini saya belum mendapatkan pasangan juga ?

Saudaraku yang kekasih dalam Tuhan, ini yang saya sebut,
ada banyak hal yang berbeda dengan yang kita pikirkan,
ada banyak hal yang kiranya mengejutkan,
ada banyak hal yang menurut akal manusia kita engga bisa terima,
kita seringkali bertanya,"Lho..kenapa jadi begini ?"

Tetapi, kalau kita murid, apapun kalau Tuhan ijinkan segalanya dapat terjadi.
Mungkin sekarang saya belum mengerti, tetapi saya tahu, Tuhan pasti berikan yang terbaik !

Ingat,
YESUS BUKAN HANYA MEMBERIKAN YANG BAIK BUAT KITA, TETAPI YESUS TELAH MENYIAPKAN UNTUK MEMBERIKAN YANG TERBAIK BUAT KITA.
Haleluya !

~~  3.  SEORANG MURID HARUS SELALU BERANI MEMANDANG JAUH KE DEPAN TENTANG KEMENANGAN YANG AKAN TERJADI

Mat 20 : 19
Dan mereka akan menyerahkan Dia kepada bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah, supaya Ia diolok-olok, disesah dan disalibkan,...
Sampai di sini kita lihat...ooh sepertinya sesuatu yang menakutkan, dan menyedihkan.
Karena mereka akan menyerahkan Dia kepada bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah. Dia akan diolok, disesah, dan disalibkan.

Kalaulah hanya melihat, oh..disesah, disalibkan.
Tetapi, bukan hanya titik sampai di situ.
Tetapi, dikatakan selanjutnya, dan pada hari yang ke-3, haleluya...IA akan dibangkitkan.
MURID HARUS SELALU MEMANDANG JAUH KE DEPAN.

Kalaulah hanya melihat, oh..disesah, disalibkan.
Ini yang terjadi pada saat itu, murid-muridNYA meninggalkan Yesus bahkan salah 1 murid Yesus menjadi penghianat.
Murid Yesus, Petrus sampai menyangkal 3 kali.
Kenapa ?
karena mereka hanya melihat sebagian dari kejadian, dimana Anak Manusia akan disesah, diolok-olok dan disalibkan, mereka lupa akan kalimat yang Yesus katakan selanjutnya, yaitu: pada hari ketiga Ia akan dibangkitkan.
Artinya seorang murid harus memandang jauh ke depan tentang kemenangan yang akan terjadi.

##  Hari ini, bila engkau menghadapi masalah, kita harus ingat !
Di balik masalah saya, ada mahkota besar yang Tuhan telah sediakan buat kita, tetaplah bertahan, pandang mahkota itu, jadikan Yesus sebagai yang utama dalam hidup kita. Sehingga, kita menjadi murid yang berkenan kepada Allah, haleluya !

Doa :
Bapa di dalam Nama Yesus, engkau lihat dari setiap kami dengan segala beban, kesulitan yang terjadi, kami percaya tidak ada hal yang mustahil.
Kami tidak mau hanya jadi pengikut, tetapi kami mau menjadi murid yang sejati, murid yang mau mengikuti Guru, yang berani menghadapi hal-hal yang mengejutkan, yang memandang jauh ke depan, yang akan memberikan kemenangan pada setiap kami.
Itu sebabnya, hamba berdoa di dalam Nama Yesus, mujizat dan Kuasa Tuhan terjadi di tengah kami sekalian.
Kami berdoa dan bersyukur dan kami percaya bahwa Tuhan kami tidak pernah gagal.
Amin !

Writer : Priscilla Stefanie

Komentar

Postingan Populer