1320

Copas

Ev.Hadassah Purnomo
SHRK, 5 Maret 2019
"1320"


1 maret 2016, Pap (Petrus Agung Purnomo) pulang dr pontianak kembali ke jawa, itu sesungguhnya pelayanan pap terakhir diluar pulau jawa,

tgl 1 maret 2019, Sasha juga pulang dari pontianak kembali ke jawa.
ini bukan cucoklogi, ini bukan kebetulan, sy percaya qta dilahirkan dan dibawa pulang sudah diatur Tuhan dgn sempurna.

hari itu engkong yusak cerita; ketika seorang mau dibawa pulang oleh Tuhan, jika kita punya keintiman dgn Tuhan secara roh kita tau kapan kita akan pulang.

hari itu sblm pap pulang ke surga, pap berkata kpd staff dia berkata sblm 20 maret 2016 kita harus bawa 3000 jiwa utk Tuhan. tapi akhirnya pap berkata lagi sblm 20 maret, yaitu 13 maret, 3000 jiwa harus dibaptis. dan ternyata sebelum tanggal itu 3333 jiwa sudah dibaptis utk kemuliaan Tuhan.

secara fisik mungkin pap ga sadar, tapi secara roh, Tuhan sudah atur semuanya. karena 13 maret adalah waktu Petrus agung purnomo dibawa pulang ke surga.

ester 8:12-16
13 bulan adar adalah purim. bulan adar dalam kalender kita adalah maret.
13 maret dizaman ester terjadilah purim.
 sy ringkas cerita ester kpd sodara.
tgl 13 adar : Haman diberi cincin raja utk mengeluarkan surat pemusnahan bangsa yahudi.
tgl 13 bulan nisan (1 bulan setelahnya) haman membuat surat dan dikirimkan tgl 13 bulan adar berikutnya

puasa ester 13-15 bulan nisan = puasa ester
15 bulan nisan = ester mengalami purim pertama.
purim pertama ester seharusnya dibunuh tetapi justru mendapat perkenanan.
 15 bulan nisan = haman merencanakan akan membunuh mordekai atas persetujuan raja di esok harinya
15 bulan nisan malam= raja tidak bisa tidur sampai pagi dan minta diceritakan tentang dongeng jurnal apa yg telah terjadi belakangan ini.
16 bulan nisan = mordekai di elu-elukan dan haman gagal membunuh mordekhai
16 bulan nisan = perjamuan kedua

 purim kedua terjadi tgl 16 bulan nisan = mordekai seharusnya dibunuh tetapi justru dinaikkan
ada pembalikkan keadaan, ada derajat yg dinaikkan.

 22 bulan siwan purim ketiga
bangsa yahudi yg seharusnya dipunah, tetapi justru menjadi bangsa yg ditakuti dan  berkuasa menghabisi musuh.

 kenapa sampai 3x purim terjadi?
supaya pembalik keadaan terjadi dalam hidup kita menjadi tuntas dan sempurna.
 purim terjadi atas diri kita sendiri, keluarga kita, dan bangsa kita.

13 adar adalah : 20 maret
mari kita percaya ketika pemilu tiba tdk ada kerusuhan, ada kesatuan, dan pemimpin yg dipilih sesuai kehendak Tuhan.

org berkata indonesia akan hancur, tapi purim mengintervensi, maka kita percaya indonesia jauh dari malapetaka dan yg terjadi adalah lawatan Tuhan.

ketika sy membaca ulang cerita ester, ketika ester tdk berbicara, ketika ester memilih utk diam, maka purim tidak akan pernah terjadi. kunci dari pembalik keadaan adalah ketika seorang ratu ester berani utk berbicara kpd rajanya.

arti nama ahasyweros : aku akan menjadi diam dan miskin. hari itu raja ahasyweros agak aneh, haman bilang a, raja setuju, ester bilang a, raja juga setuju.
ternyata arti namanya aku akan diam dan miskin meskipun sbnrnya ia sangat kaya.

ternyata kepasifan/plagmatis raja ahasyweros dapat membuat seluruh bangsa yahudi punah. tapi ester memilih utk speak up/berbicara kpd Raja.
hari itu ester mempertaruhkan hidup dan matinya, dia berani speak up. ester bukan cuman mempelai tapi dia pejuang yg berani berjuang.

 Tuhan berkata dgn jelas jika kamu mau terjadi pembalikkan keadaan, engkau harus berani speak up akan kebenaran.

 kej 3:6-9
hari itu adam dan hawa memakan buah terlarang, ketika hawa diberdaya oleh iblis, adam ada disebelah hawa.
 ketika hawa makan, tidak terjadi apa2, tapi ketika adam makan buah terlarang, maka mereka sadar mereka telanjang. karna hari itu perjanjian diberikan kpd adam bukan kpd hawa. setelah adam memakannya barulah mereka sadar mereka bersalah dan telanjang.
 adam tidak speak up, adam diam ketika melihat istrinya memakan buah terlarang. adam tau yg dilakukan hawa itu salah, tapi adam memilih diam.

hari itu Tuhan berkata, adam dimanakah engkau?

dimanakah engkau disaat istrimu memakan buah terlarang?

 supaya pembalikkan keadaan terjadi atas diri kita, keluarga dan bangsa kita, kita harus speak up atas kebenaran Tuhan.
kita tidak berbicara thdp manusia, kita bicara thadap iblis yg mencoba mengintimidasi.

seringkali iblis mengintimidasi kita, Tuhan mu mati, padahal kita tau Tuhan kita hidup, tapi kita memilih utk diam.

ketika intimidasi datang dalam hidupmu, jangan didiamkan, speak up, deklarasikan firman Tuhan.

jika hari2 ini sodara mengalami goncangan demi goncangan, sodara harus speak up! maka Purim akan menjadi pembalikkan keadaan dalam hidupmu, bahkan orang2 yg dibawah akan diangkat sangat tinggi.

 1 samuel 17:44-47
DAUD memilih utk SPEAK UP! ketika hari itu orang filistin dan goliat terus menerus mencemoh bangsa israel.

 goliat setiap hari mengintimidasi bangsa israel. hari itu bangsa israel dan saul memilih diam, dan mereka tidak berani utk speak up, mereka semakin mengkeret/mengecil.
mereka diam. ngomong ga berani, berperang juga tidak berani. tapi hari itu muncullah seorang anak kecil bernama Daud, dia memilih utk SPEAK UP!

Daud bicara kpd kakak2nya, namun mereka justru memarahi daud.

sampai akhirnya hal itu terdengar kpd raja saul.
dan daud berbicara kpd saul. saat daud maju dalam peperangan, goliat mengintimidasi daud, tapi daud memilih utk melawan dan berbicara, daud tau apa yg dia katakan sesuai firman Tuhan. dan akhirnya apa yg diucapkan daud terjadi atas goliat.
hari itu daud mengalahkan goliat.
Tuhan tidak hanya menyerahkan 1 goliat, Tuhan memberikan 5 goliat kpd Daud. dimulai dari keberanian utk mendeklarasikan kemenangan sperti dia sudah memperolehnya.

 kita deklarasi jadi kepala dan bukan ekor, tapi sejujurnya di hati kecil kita, kita berkata masa sih? percayalah iblis akan buat situasi yg terus menekan di hidup kita, sampai kita malas utk mendeklarasi utk hidup kita.

karna kita pikir kapan janji Tuhan digenapi dalam hidup kita? tapi hari ini jadilah orang yg tidak bisa diprediksi iblis.
ketika iblis terus menerus menekan kita, justru kita berani speak up, berani deklarasi!

kadang2 saya jadi malas utk speak up, karna ketika saya menegur, justru mereka menjadi marah kpd saya. kondisi itu membuat saya malas, lebih baik saya diam saja. tapi hari itu saya dimarahin Tuhan, saya ditegur Tuhan. Tuhan bicara Aku kasih jabatan seorang pemimpin, bukan utk membiarkan anak2Ku binasa dan terbuang.
saya menyadari betapa pentingnya kita utk speak up sebagai seorang pemimpin, sperti seorang adam yg tidak speak up terhadap istrinya, maka yg terjadi kita bersalah kpd Tuhan.

 tapi SPEAK UP bukan utk berdebat, bagian kita hanya menyampaikan.

biar purim ini, kita tidak menjadi diam dan miskin, tapi kita memilih utk SPEAK UP!

 hari itu kedudukan ratu wasti mau diberikan kpd yg lain. ada firman yg berkata biar kedudukan Wasti diberikan kpd seorang wanita yg mengerti tempatnya.

ketika kita berdiri dan tau tempat kita, dan jadi berfungsi, maka purim terjadi atas hidup kita.

sesungguhnya setiap pribadi punya fungsi dan tempat yg berbeda.

sy bersyukur punya papa yg luar biasa. Papa sy tidak pernah memaksakan anak2nya utk kuliah.
papi saya tdk memaksakan cici kezia utk kuliah. alasanya karna papi tau tempat cici kezia, bahwa dia harus berdiri utk pelayanan dalam area make up. cici saya hebat dalam dunia make up. hari ini cici saya buka Bridal dan menolong orang lain. menolong orang2 yg tidak punya uang tapi ingin menikah, memberikan sangat murah utk mereka. hidupnya tidak pernah kekurangan.

 hari itu saya liat koko saya, sy tanya kpd papi, kok dia tdk disuruh kuliah?

papi berkata suruh yoseph puter ke polisi2 dan bakti sosial.
hari ini koko saya luar biasa, hubungannya dgn polisi2 sangat baik.

 lalu saya tanya papi saya klo sasha ditaruh dimana? papi suruh sy kuliah. setelah tanya Tuhan saya pilih kuliah enterpreneurship. saya lulus dlm 2,5 tahun,

ketika sy lulus papi sy berkata, sha kamu pernah berfikir ga IP kamu gak pernah turun dari 3, meskipun kamu sibuk pelayanan. tapi saya tau Tuhan panggil saya utk berdiri sbg hamba Tuhan.

ketika saya hidup full utk pelayanan, berkat Tuhan selalu tercurah dalam hidup saya.
tapi saya bayangkan apa jadinya jika saya tidak berdiri di tempat saya seharusnya berdiri hari ini.
jika saya ingin menjadi orang lain, apa jadinya.

 kita harus tau dimana kita berfungsi.

 jika engkau imam, engkau berdiri dan membawa pendamaian

jika engkau raja, engkau berdiri dengan otoritas

jika engkau pekerja, engkau terus bekerja

tapi jika engkau berdiri dalam panggilan orang lain,maka purim tidak akan pernah terjadi dalam hidupmu.

mordekhai tau, adalah Ester yg seharusnya berdiri dan menghadap Raja.

 ketika kita tau tempat kita berdiri, kita tidak akan menyikut sodara kita, kita akan UNITY.

 jika kita bisa UNITY satu dgn yg lain, dlm pelayanan saling unity tidak saling menyikut dan tau tempat kita dimana kita harus berdiri, maka malapetaka tidak bisa mendekat.

tapi jangan cuman deklarasi pada saat sodara sedang in the mood, jangan hidup berdasarkan mood, jangan deklarasi berdasarkan mood. hidup dan mati dikuasai lidah siapa menggemakan, dia akan makan buahnya.

EDS

Komentar

Postingan Populer