MENJADI SEORANG PAHLAWAN

*MENJADI SEORANG PAHLAWAN*
*GEREJA BETHANY BAHTERA SURYA BARU*
*MINGGU, 21 JULI 2019*
*Ev Nany Susanty SH*

Shalom
Apakah Artinya Pahlawan ? Pahlawan artinya menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah orang yang menonjol karena keberanian dan pengorbanannya dalam membela kebenaran; pejuang yang gagah berani;

Kepahlawanan adalah perihal sifat pahlawan (seperti keberanian, keperkasaan, kerelaan berkorban, dan kekesatriaan)

Kota Surabaya dikenal dengan sebutan nama Kota Pahlawan. Kita berada di dalam kota pahlawan ini apakah kita sudah memberikan dampak Bagi Lingkungan kita. Apakah kita sudah menjadi Pahlawan bagi kota kita.

Tahun 1970 an Surabaya adalah Kota Yerusalem nya Indonesia, dikota ini adalah kota dimana Gerakan Kharismatik dimulai dari Surabaya. Persekutuan Kharismatik dimulai dari Surabaya kemudian dibawa ke Jakarta dan Bandung.

Di Bandung saya mulai mengejar Tuhan dan Mengalami Perjumpaan Pribadi dengan Tuhan. Ketika kita mengalami Perjumpaan Pribadi dengan Tuhan maka kita mengalami dampak positif dari Perjumpaan Pribadi dengan Tuhan.

Kemarin sewaktu Doa bersama Hamba-hamba Tuhan, Sophia mendapatkan bahwa di Surabaya ada Sinagoga dan walaupun bentuknya sudah tidak ada tetapi ada kumpulan orang-orang Yahudi yang melakukan Ibadah di Surabaya. Mereka adalah Keturunan Abraham.

Di Indonesia ada dua kota yang mempunyai Sinagoga yaitu Kota Surabaya dan Manado.

*Bagaimana Caranya Menjadi Pahlawan*

Matius 5:39 (TB)  Tetapi Aku berkata kepadamu: Janganlah kamu melawan orang yang berbuat jahat kepadamu, melainkan siapa pun yang menampar pipi kananmu, berilah juga kepadanya pipi kirimu.

*Seorang Pahlawan adalah Seorang Yang Bisa Mengalahkan Diri Sendiri*

Amsal 16:32 (TB)  Orang yang sabar melebihi seorang pahlawan, orang yang menguasai dirinya, melebihi orang yang merebut kota.

*Seorang Pahlawan adalah Seorang Yang Sabar dan Melebihi Orang Yang Merebut Kota*

Menjadi Seorang Pahlawan dimulai dari Keluarga.

*YAEL SEORANG PAHLAWAN WANITA*

Hakim-hakim 5:24 (TB)  Diberkatilah Yael, isteri Heber, orang Keni itu, melebihi perempuan-perempuan lain, diberkatilah ia, melebihi perempuan-perempuan yang di dalam kemah.

YAEL adalah seorang Bukan Yahudi, ia adalah Orang Menu. Orang Keni adalah Keturunan Orang Midian, masih saudara mertua nya Musa.

Contohnya : Di Sion ada seorang Jemaat Wanita, dia tidak menikah, setiap bulan dia memberikan persembahan yang besar, dia memberikan melebihi dari penghasilan dia. Dia memberikan 20 persen dari gajinya dan dia juga memberikan 20 persen dari penghasilan ayahnya.

Seperti Yael memberikan Susu kepada Yabin, Susu adalah yang terbaik. Dia memberikan susu dan menyelimuti Yabin. Ketika Yabin tertidur, Yael mematok kepala Yabin. Yael Mendapatkan Kemuliaan karena Kepahlawanan yang dia lakukan.

*AYUB*

Ayub 1:8, 22 (TB)  Lalu bertanyalah TUHAN kepada Iblis: "Apakah engkau memperhatikan hamba-Ku Ayub? Sebab tiada seorang pun di bumi seperti dia, yang demikian saleh dan jujur, yang takut akan Allah dan menjauhi kejahatan."
Dalam kesemuanya itu Ayub tidak berbuat dosa dan tidak menuduh Allah berbuat yang kurang patut.

Ayub adalah seorang yang luar biasa, tiada seorang pun di bumi seperti dia. Ayub adalah seorang yang saleh dan jujur.

Ayub dicobai Iblis dengan seijin Tuhan. Walaupun istri Ayub menyuruh Ayub untuk mengutuki Tuhan namun Ayub tidak melakukan nya.

Dalam keadaan apapun Ayub tidak meninggalkan TUHAN. Ayub dari seorang yang kaya sampai ia tidak mempunyai apa-apa dia tidak meninggalkan TUHAN.

*Seorang Pahlawan adalah orang yang dapat mengatasi segala keadaan hidup nya baik itu keadaan baik atau buruk*

*Kesaksian*

Keponakan saya Roy dan Ririn di Australia, Mereka yang mendapatkan Lagu O Jehovah. Ketika Ririn mengandung anak kedua, ia divonis oleh dokter bahwa anak yang akan dilahirkan cacat. Dokter berkata kepada mereka supaya menggugurkan kandungan. Namun mereka tidak mau menggugurkan kandungan dan akhirnya anaknya lahir normal.

Kemudian anak yang ketiga dikandung oleh Ririn. Dokter berkata bahwa kalau anak kedua lahir normal dan anak yang ketiga ini jangan berharap Mujizat terjadi lagi. Roy berkata kenapa ini terjadi dan apakah mereka belum lulus. Roy dan Ririn menaikkan Ucapan Syukur kepada Tuhan dan anak yang ketiga lahir laki-laki dan semuanya normal.

Ada kuasa dalam Pengucapan syukur kepada Allah.

*Seorang Pahlawan dalam keadaan apapun dia terus menaikkan Ucapan Syukur*

Ketika kita mengalami masalah dalam hidup kita, kita naikkan Ucapan Syukur dan Mujizat terjadi dalam hidup kita.

*ALLAH SANGGUP MELAKUKAN SEGALA SESUATU*

Ayub 42:1-6 (TB)  Maka jawab Ayub kepada TUHAN:
"Aku tahu, bahwa Engkau sanggup melakukan segala sesuatu, dan tidak ada rencana-Mu yang gagal.
Firman-Mu: Siapakah dia yang menyelubungi keputusan tanpa pengetahuan? Itulah sebabnya, tanpa pengertian aku telah bercerita tentang hal-hal yang sangat ajaib bagiku dan yang tidak kuketahui.
Firman-Mu: Dengarlah, maka Akulah yang akan berfirman; Aku akan menanyai engkau, supaya engkau memberitahu Aku.
Hanya dari kata orang saja aku mendengar tentang Engkau, tetapi sekarang mataku sendiri memandang Engkau.
Oleh sebab itu aku mencabut perkataanku dan dengan menyesal aku duduk dalam debu dan abu."

Kita harus belajar dari Ayub, apapun yang kita hadapi walaupun tidak baik namun kita harus percaya bahwa Tuhan melakukan pada ujungnya adalah baik.

Tuhan Yesus tidak pernah merancang rancangan kecelakaan tetapi rancangan yang mendatangkan kebaikan bagi hidup kita.

Mari kita menjadi seorang Pahlawan dan kita terima Keajaiban dari Tuhan. Amin

Penulis

Joshua Ivan Sudrajat

Komentar

Postingan Populer