SEORANG PENYEMBAH

*SEORANG PENYEMBAH*
*BIG HOLY GLORY*
*PS JOSEPH HENDRIK GOMULYA*

SHALOM

Hari ini kita belajar menjadi *Seorang Penyembah* Kita belajar dari Mordekjhai. Mordekjhai artinya *Penyembah*

*SEORANG PENYEMBAH ADALAH SEORANG YANG MAU BERDIRI BAGI KOTA DAN BANGSANYA*

Ester 4:1-2 (TB)  Setelah Mordekhai mengetahui segala yang terjadi itu, ia mengoyakkan pakaiannya, lalu memakai kain kabung dan abu, kemudian keluar berjalan di tengah-tengah kota, sambil melolong-lolong dengan nyaring dan pedih.
Dengan demikian datanglah ia sampai ke depan pintu gerbang istana raja, karena seorang pun tidak boleh masuk pintu gerbang istana raja dengan berpakaian kain kabung.

*SEORANG PENYEMBAH ADALAH ORANG YANG MENGERTI ISI HATI TUHAN*

Ester 4:16 (TB)  "Pergilah, kumpulkanlah semua orang Yahudi yang terdapat di Susan dan berpuasalah untuk aku; janganlah makan dan janganlah minum tiga hari lamanya, baik waktu malam, baik waktu siang. Aku serta dayang-dayangku pun akan berpuasa demikian, dan kemudian aku akan masuk menghadap raja, sungguhpun berlawanan dengan undang-undang; kalau terpaksa aku mati, biarlah aku mati."

Seorang Penyembah adalah orang yang mau dipenuhi oleh Hati Tuhan dan mau melakukan Isi Hati Tuhan.

*SEORANG PENYEMBAH ADALAH ORANG YANG BISA MERASAKAN APA YANG ORANG LAIN RASAKAN*

Ester 4:4 (TB)  Ketika dayang-dayang dan sida-sida Ester memberitahukan hal itu kepadanya, maka sangatlah risau hati sang ratu, lalu dikirimkannyalah pakaian, supaya dipakaikan kepada Mordekhai dan supaya ditanggalkan kain kabungnya dari padanya, tetapi tidak diterimanya.


Mordekjhai seorang yang merasakan apa yang dirasakan oleh bangsanya, ia menolak pemberian pakaian yang diberikan Ester melalui dayang-dayang

*SEORANG PENYEMBAH ADALAH ORANG YANG HATINYA SUDAH DIUBAHKAN OLEH TUHAN*

Ester 4:13-14 (TB)  maka Mordekhai menyuruh menyampaikan jawab ini kepada Ester: "Jangan kira, karena engkau di dalam istana raja, hanya engkau yang akan terluput dari antara semua orang Yahudi.
Sebab sekalipun engkau pada saat ini berdiam diri saja, bagi orang Yahudi akan timbul juga pertolongan dan kelepasan dari pihak lain, dan engkau dengan kaum keluargamu akan binasa. Siapa tahu, mungkin justru untuk saat yang seperti ini engkau beroleh kedudukan sebagai ratu."

*SEORANG PENYEMBAH ADALAH ORANG YANG BERANI AMBIL RESIKO DAN MENYERAHKAN HIDUP NYA KEPADA TUHAN*

Mordekjhai adalah seorang yang tidak memikirkan dirinya. Dia menyerahkan hidupnya untuk keselamatan bangsa Yahudi.

*SEORANG PENYEMBAH ADALAH ORANG YANG MENGALAMI PEMBALIKAN KEADAAN*

Ester 6:7-10 (TB)  Oleh karena itu jawab Haman kepada raja: "Mengenai orang yang raja berkenan menghormatinya,
hendaklah diambil pakaian kerajaan yang biasa dipakai oleh raja sendiri, dan lagi kuda yang biasa dikendarai oleh raja sendiri dan yang diberi mahkota kerajaan di kepalanya,
dan hendaklah diserahkan pakaian dan kuda itu ke tangan seorang dari antara para pembesar raja, orang-orang bangsawan, lalu hendaklah pakaian itu dikenakan kepada orang yang raja berkenan menghormatinya, kemudian hendaklah ia diarak dengan mengendarai kuda itu melalui lapangan kota sedang orang berseru-seru di depannya: Beginilah dilakukan kepada orang yang raja berkenan menghormatinya!"
Maka titah raja kepada Haman: "Segera ambillah pakaian dan kuda itu, seperti yang kaukatakan itu, dan lakukanlah demikian kepada Mordekhai, orang Yahudi, yang duduk di pintu gerbang istana. Sepatah kata pun janganlah kaulalaikan dari pada segala yang kaukatakan itu."

Mordekjhai adalah seorang yang mengalami pembalikan keadaan.

Ester 7:9-10 (TB)  Sembah Harbona, salah seorang sida-sida yang di hadapan raja: "Lagipula tiang yang dibuat Haman untuk Mordekhai, orang yang menyelamatkan raja dengan pemberitahuannya itu, telah berdiri di dekat rumah Haman, lima puluh hasta tingginya." Lalu titah raja: "Sulakan dia pada tiang itu."
Kemudian Haman disulakan pada tiang yang didirikannya untuk Mordekhai. Maka surutlah panas hati raja.

Ketika kita mengalami kesesakan dan kesukaran, setan tertawain kita, Ingat bahwa ketika kita tetap berpegang pada Tuhan maka pada waktu Nya kita mengalami pembalikan keadaan dan setan dikalahkan.

*SEORANG PENYEMBAH ADALAH ORANG YANG TUHAN BERIKAN OTORITAS DAN PANGGILAN*

Ester 8:2, 15 (TB)  Maka raja mencabut cincin meterai yang diambil dari pada Haman, lalu diserahkannya kepada Mordekhai; dan Mordekhai diangkat oleh Ester menjadi kuasa atas harta milik Haman.
Dan Mordekhai keluar dari hadapan raja dengan memakai pakaian kerajaan dari pada kain ungu tua dan kain lenan, dengan memakai tajuk emas yang mengagumkan serta jubah dari pada kain lenan halus dan kain ungu muda. Maka kota Susan pun bertempiksoraklah dan bersukaria:

Seorang Penyembah seperti Mordekjhai Tuhan kenakan Pakaian Kerajaan dan Cincin Otoritas Raja.

*SEORANG PENYEMBAH ADALAH ORANG YANG DIBERI KUASA DAN KEKUASAAN OLEH TUHAN*

Ester 9:4 (TB)  Sebab Mordekhai besar kekuasaannya di dalam istana raja dan tersiarlah berita tentang dia ke segenap daerah, karena Mordekhai itu bertambah-tambah besar kekuasaannya.

Ester 10:2-3 (TB)  Segala perbuatannya yang hebat serta gagah dan pemberitaan yang seksama tentang kebesaran yang dikaruniakan raja kepada Mordekhai, bukankah semuanya itu tertulis di dalam kitab sejarah raja-raja Media dan Persia?
Karena Mordekhai, orang Yahudi itu, menjadi orang kedua di bawah raja Ahasyweros, dan ia dihormati oleh orang Yahudi serta disukai oleh banyak sanak saudaranya, sebab ia mengikhtiarkan yang baik bagi bangsanya dan berbicara untuk keselamatan bagi semua orang sebangsanya.

*SEORANG PENYEMBAH MENJADI ORANG KEPERCAYAAN RAJA*

AMIN


Penulis

Joshua Ivan Sudrajat

Komentar

Postingan Populer