DESTINY ELISA

*PANGGILAN TUHAN (DESTINY) ELISA*

*1 Raja-raja 19:19-21 (TB)  Setelah Elia pergi dari sana, ia bertemu dengan Elisa bin Safat yang sedang membajak dengan dua belas pasang lembu, sedang ia sendiri mengemudikan yang kedua belas. Ketika Elia lalu dari dekatnya, ia melemparkan jubahnya kepadanya.
Lalu Elisa meninggalkan lembu itu dan berlari mengikuti Elia, katanya: "Biarkanlah aku mencium ayahku dan ibuku dahulu, lalu aku akan mengikuti engkau." Jawabnya kepadanya: "Baiklah, pulang dahulu, dan ingatlah apa yang telah kuperbuat kepadamu."
Lalu berbaliklah ia dari pada Elia, ia mengambil pasangan lembu itu, menyembelihnya dan memasak dagingnya dengan bajak lembu itu sebagai kayu api; ia memberikan daging itu kepada orang-orangnya, kemudian makanlah mereka. Sesudah itu bersiaplah ia, lalu mengikuti Elia dan menjadi pelayannya.*

Shalom Pasukan Tuhan

Pagi ini Tuhan Roh Kudus memberikan Pengarahan untuk saya belajar tentang Destiny Elisa.

*PADA SAAT ELISA DIPANGGIL*

Ketika Elia memanggil Elisa, Elisa bin Safat sedang berada di Ladang. Ia sedang melakukan Pekerjaan Sehari-harinya.

19 So Elijah went from there and found Elisha son of Shaphat. He was plowing with twelve yoke of oxen, and he himself was driving the twelfth pair. Elijah went up to him and threw his cloak around him.  1 King 19:19 KJV

Dalam Bahasa Inggris Elisa sedang membajak itu *Plowing* berasal dari bahasa Ibrani *Chârash H2790* yang artinya Membajak, Memotong dan mengukir.

Tuhan Yesus memberikan kepada kita masing-masing Panggilan Tuhan yang berbeda-beda, ada yang di panggil oleh Tuhan sebagai Bendahara Tuhan, Mempunyai Keahlian Memasak, Menari, Berkebun, Menulis dan lain-lainnya.

Elia memanggil Elisa ketika Elisa membajak dengan 12 Pasang Lembu. Elia melemparkan Jubah Kenabian kepada Elisa.

*ARTI NAMA ELIA*

Elijah or Eliah = " my God is Jehovah" or " Yah(u) is God"

Elia berarti : “Allah Sendiri”

Elia adalah seorang nabi legendaris bagi bangsa Israel oleh karena apa yang telah dilakukannya untuk membela nama (=kebenaran) Tuhan.



*ARTI NAMA ELISA*

Elisha = " God is salvation"


Elisa berarti : “Allah Adalah Juru Selamat”


Cara nabi Elia merekrut Elisa bin Safat, sebagaimana yang dicatat dalam 1Raja-raja 19:19-21, agak luar biasa. Elia lewat di kebun Safat dan menemukan anak pemilik ladang itu sedang membajak. Dia lalu melemparkan jubahnya kepada Elisa.


Jubah pada zaman dulu juga kerap dijadikan sebagai tanda untuk menyatakan kesedihan atau penyesalan dengan cara merobeknya. Dalam konteks ini, jubah yang dipakai oleh nabi Elia adalah addereth, berasal dari akar kata adar yang berarti "kekuasaan" atau "kemuliaan."


Dan ini berarti bahwa jubah yang dilemparkan kepada Elisa melambangkan pengangkatan sebagai penerus tugas dan tanggungjawab sebagai seorang hamba Allah (lihat Bil. 20:28). Menyadari bahwa penugasan ini menuntut pengabdian total dan kemungkinan harus meninggalkan keluarga untuk selamanya, maka Elisa merasa perlu untuk berpamitan dengan orangtua dan kerabatnya.

.*CONTOH ORANG YANG MEMENUHI PANGGILAN ATAU DESTINY*

Musa.

Kel 3:1-2,10 – (1) Adapun Musa, ia biasa menggembalakan kambing domba Yitro, mertuanya, imam di Midian. Sekali, ketika ia menggiring kambing domba itu ke seberang padang gurun, sampailah ia ke gunung Allah, yakni gunung Horeb. (2) Lalu Malaikat TUHAN menampakkan diri kepadanya di dalam nyala api yang keluar dari semak duri. Lalu ia melihat, dan tampaklah: semak duri itu menyala, tetapi tidak dimakan api (5) Lalu Ia berfirman: ….(10) Jadi sekarang, pergilah, Aku mengutus engkau kepada Firaun untuk membawa umat-Ku, orang Israel, keluar dari Mesir.

Daud.

1 Sam 16:11-12 – (11) Lalu Samuel berkata kepada Isai: "Inikah anakmu semuanya?" Jawabnya: "Masih tinggal yang bungsu, tetapi sedang menggembalakan kambing domba." Kata Samuel kepada Isai: "Suruhlah memanggil dia, sebab kita tidak akan duduk makan, sebelum ia datang ke mari." (12) Kemudian disuruhnyalah menjemput dia. Ia kemerah-merahan, matanya indah dan parasnya elok. Lalu TUHAN berfirman: "Bangkitlah, urapilah dia, sebab inilah dia.



 Amos.

Amos 7:14-15 – (14) Jawab Amos kepada Amazia: "Aku ini bukan nabi dan aku ini tidak termasuk golongan nabi, melainkan aku ini seorang peternak dan pemungutbuah ara hutan. (15) Tetapi TUHAN mengambil aku dari pekerjaan menggiring kambing domba, dan TUHAN berfirman kepadaku: Pergilah, bernubuatlah terhadap umat-Ku Israel.

Petrus dan Andreas.

Mat 4:18-20 – (18) Dan ketika Yesus sedang berjalan menyusur danau Galilea, Ia melihat dua orang bersaudara, yaitu Simon yang disebut Petrus, dan Andreas, saudaranya. Mereka sedang menebarkan jala di danau, sebab mereka penjala ikan. (19) Yesus berkata kepada mereka: "Mari, ikutlah Aku, dan kamu akan Kujadikan penjala manusia." (20) Lalu mereka pun segera meninggalkan jalanya dan mengikuti Dia.

Yakobus dan Yohanes.

Mat 4:21-22 – (21) Dan setelah Yesus pergi dari sana, dilihat-Nya pula dua orang bersaudara, yaitu Yakobus anak Zebedeus dan Yohanes saudaranya, bersama ayah mereka, Zebedeus, sedang membereskan jala di dalam perahu. Yesus memanggil mereka (22) dan mereka segera meninggalkan perahu serta ayahnya, lalu mengikuti Dia.

Matius.

Mat 9:9 - Setelah Yesus pergi dari situ, Ia melihat seorang yang bernama Matius duduk di rumah cukai, lalu Ia berkata kepadanya: "Ikutlah Aku." Maka berdirilah Matius lalu mengikut Dia.

Perhatikan bahwa Matius duduk (bekerja) bukan duduk-duduk.

Fakta ini menunjukkan bahwa Tuhan mau memakai orang-orang yang rajin bekerja. Mengapa? Karena orang-orang itu nantinya akan disebut sebagai “pekerja” di ladang Tuhan.

TUHAN YESUS MEMBERKATI

17 Oktober 19
Joshua Ivan Sudrajat

Komentar

Postingan Populer