HIDROPONIK KANGKUNG SISTEM WICK

HIDROPONIK KANGKUNG



SISTEM WICK METODE TANAM HIDROPONIK

Salah satu sistem hidroponik yang dapat digunakan di pekarangan / perumahan, pilihlah yang berkategori mudah dan murah, memanfaatkan barang-barang sisa yang harganya terjangkau dan mudah dalam aplikasinya. Sistem Wick, Sistem ini dikenal sebagai sistem tebel muka karena terkadang barang-barang yang dibutuhkan bisa diperoleh dengan meminta tanpa harus membeli.

Wick System / Sistem Sumbu

Sistem Sumbu adalah metode hidroponik paling sederhana karena hanya memanfaatkan prinsip kapilaritas air. Larutan Nutrisi dari bak penampungan menuju perakaran tanaman pada posisi di atas dengan perantaraan sumbu, mirip cara kerja kompor minyak.

Peralatan yang dibutuhkan untuk hidroponik sistem sumbu adalah tempat media tanam seperti gelas air mineral/net pot, sumbu dan wadah penampungan larutan nutrisi.

Kelebihan sistem sumbu adalah mudah dalam perakitan sehingga cocok bagi pemula.  Kekurangannya adalah nutrisi dan oksigen cepat mengendap karena air tidak bergerak sehingga tanaman tidak mendapatkan pasokan oksigen dan nutrisi yang dibutuhkan dalam jumlah yang cukup.

Wick Sistem / Sistem Sumbu


BUDIDAYA KANGKUNG DENGAN SISTEM WICK HIDROPONIK    


Semai benih pada gelas air mineral bersumbu (kain kaos olahraga atau kain flanel) dengan media campuran sekam bakar dan cocopeat (1:1) yang sudah dibasahi sebanyak 10-15 butir, tutup tipis dengan media tanam dan jaga kelembaban media tanam.
Simpan pada box plastik/sterofoam dengan jarak tanam 10 cm,  tempatkan box ditempat aman dari hujan.
Setelah berkecambah atau sudah berdaun 2 beri larutan nutrisi AB Mix pada box plastik/sterofoam dengan EC 2,5 – 3,0 mS/cm, pH 5,5 - 6,5 (jika berdasarkan takaran sekitar  10ml pekatan nutrisi A + 10ml pekatan Nutrisi B + 1liter air baku, tergantung merk nutrisi) 
Pastikan larutan nutrisi selalu ada, tambah jika ada penyusutan. 
Usia panen 25 – 30 HST.

Dari Berbagai Sumber

Komentar

Postingan Populer