HIMBAUAN UNTUK BERPUASA

HIMBAUAN UNTUK BERPUASA
Bagi orang percaya & para murid.
Selasa-Kamis (3hari)
12-14Mei 2020



MERATAP & BERTOBAT

Bp/Ibu/Sdr/i YKK, 

Bangsa kita telah melewati Paskah tahun ini sebgm umat perjanjian mengalami Paskah pada pertama kalinya, 
yaitu dgn tinggal di dlm rumah2, berdoa utk diluputkan dari malaikat maut yg membinasakan. 
Barangsiapa yg memberi tanda darah di ambang pintu rumahnya, diluputkan. 

Dgn situasi & kondisi tsb, banyak ibadah yg tdk lagi berlangsung, shg dihimbau utk

Yoe 1:8-9 Merataplah seperti anak dara yang berlilitkan kain kabung karena mempelai, kekasih masa mudanya.  (9)  Korban sajian dan korban curahan sudah lenyap dari rumah TUHAN; dan berkabunglah para imam, yakni pelayan-pelayan TUHAN.

Yoe 1:13 FAYH  Panggilan untuk bertobat 
Hai para imam, pakailah kain kabung. Hai para pelayan Allahku, berbaringlah sepanjang malam di muka mezbah sambil meratap karena tidak ada lagi kurban sajian dan kurban curahan yang dibawa ke rumah TUHAN.


Kiranya dgn puasa ini, apa yg iblis rancangkan atas bangsa kita dapat Tuhan luputkan. 

Joe 2:12-14 IBIS  
TUHAN berkata, "Tetapi sekarang ini, kembalilah kepada-Ku dengan sepenuh hati, sambil berpuasa, meratap dan menangis.  Koyakkanlah hatimu dan jangan pakaianmu." Berpalinglah kepada TUHAN Allahmu. Ia panjang sabar dan penyayang murah hati dan penuh kasihan. Senang mengampuni dan tak suka menjalankan hukuman. 
Barangkali TUHAN Allahmu berubah pendirian, dan memberkati kamu dengan berkelimpahan. 

Terjemahan bebas dari versi The Message:
Selagi belum terlambat, mari kita bertobat dgn sungguh2, karena akan ada masanya pertobatan kita itu terlambat. Sebenarnya Tuhan selalu siap untuk membatalkan malapetaka. 

Inti dari puasa: (KUNCI: SUNGGUH-SUNGGUH)
1 Koyakkan hati: kenali siapa diri kita, sadari betapa jeleknya hidup kita, berdoa dengan sungguh-sungguh, bertobat dengan sungguh-sungguh, bukan karena sekedar takut dimarahi
2 minta anugerah untuk bisa diangkat karena kita tidak dapat memenuhi standard pengangkatan (cinta mula2, tdk bercacat dan berkerut)
3. memaksa diri/set hati untuk mengejar perkenanan Tuhan (spt yang Pak Yusak pesan)
4. Selama 3 hari ini utamakan untuk meminta sampai kita dapat bertobat: 
Ini tentang kita dengan Tuhan, destiny kita, panggilan kita, selidiki lapisan-lapisan yang ada dalam hidup kita, selidiki cinta kita ke Tuhan, kalibrasi hati. 
Barulah mendoakan Indonesia
5. Bertobat dari dosa tidak menginginkan, tidak menghargai, tidak tahu. 
Uza (imam tapi yang tidak pernah menginginkan) vs Obed Edom (orang Gad sampai keturunannya jaga tabut walau sebenarnya bukan suku Lewi karena begitu ingin). 
Lot (pejabat kota, orang baik, diberitahu oleh malaikat, disuruh mengajak kaumnya) vs Rahab (pelacur, hanya dibilangin sama pengintai israel tapi percaya dan kaumnya selamat semua)

Contoh pertobatan yang dapat menyurutkan murka Tuhan, adalah di Niniwe.

Jon 3:4-10 FAYH  Niniwe bertobat Tetapi pada hari pertama, ketika Yunus memasuki kota dan menyampaikan firman TUHAN, orang-orang Niniwe itu bertobat. Beginilah Yunus berseru kepada orang-orang di sekitarnya, "40 hari lagi Niniwe akan dihancurkan!" Mereka percaya kepada firman TUHAN yang disampaikannya itu, lalu mengumumkan puasa, mulai dari raja sampai kepada rakyat jelata - semua orang mengenakan pakaian kabung.  Ketika raja Niniwe mendengar apa yang dikatakan Yunus, ia turun dari takhtanya dan melepaskan jubah kerajaannya, lalu memakai pakaian kabung dan duduk di atas abu.  Raja dan para pembesarnya memerintahkan untuk mengumumkan ke seluruh kota begini, "Janganlah ada seorang pun yang makan atau yang minum, bahkan hewan pun jangan.  Semua orang harus memakai pakaian karung dan berseru dengan keras kepada Allah. Hendaknya semua orang meninggalkan cara hidupnya yang jahat, berpaling dari kekerasannya dan dari perampokannya.   Siapa tahu Allah masih mau membiarkan kita hidup, dan menahan murka-Nya yang menyala-nyala sehingga kita tidak jadi binasa."  Ketika Allah melihat bahwa mereka telah meninggalkan cara hidup mereka yang jahat, maka Ia tidak jadi melaksanakan rencana-Nya untuk menghancurkan mereka.

Kiranya pertobatan kita selama 3hari ini dapat menyurutkan murka Tuhan atas bangsa kita, 

Sehingga kamu dapat mempersembahkan kurban anggur dan gandum bagi TUHAN, Allahmu.

Cara Berpuasa:

1. Yesaya 58:5-8 (TB)  
Berpuasa yang Kukehendaki, ialah supaya engkau membuka belenggu-belenggu kelaliman, dan melepaskan tali-tali kuk, supaya engkau memerdekakan orang yang teraniaya dan mematahkan setiap kuk, 
supaya engkau memecah-mecah rotimu bagi orang yang lapar dan membawa ke rumahmu orang miskin yang tak punya rumah, dan apabila engkau melihat orang telanjang, supaya engkau memberi dia pakaian dan tidak menyembunyikan diri terhadap saudaramu sendiri! 

Pada waktu itulah terangmu akan merekah seperti fajar dan lukamu akan pulih dengan segera; kebenaran menjadi barisan depanmu dan kemuliaan TUHAN barisan belakangmu.

2. Lakukan yang Tuhan minta untuk kita lakukan, 
Ada yg masuk ke hadirat Tuhan semaksimal mungkin, 
Berbagi & melayani di tempat yang khusus, 
Mendoakan orang sakit, 
Membaca Firman, Menyembah, dlsb

MARI MERATAP & BERTOBAT
Tuhan Yesus memberkati

Komentar

Postingan Populer