JUBAH-JUBAH PESTANYA

JUBAH-JUBAH PESTANYA



Mengenakan jubah/pakaian pesta untuk pelantikan

1. Pakaian Pesta
Mat 22:11-13 Ketika raja itu masuk untuk bertemu dengan tamu2 itu, ia melihat seorang yang tidak berpakaian pesta.  Ia berkata kepadanya: Hai saudara, bagaimana engkau masuk ke mari dengan tidak mengenakan pakaian pesta? Tetapi orang itu diam saja.  Lalu kata raja itu kepada hamba-hambanya: Ikatlah kaki dan tangannya dan campakkanlah orang itu ke dalam kegelapan yang paling gelap, di sanalah akan terdapat ratap dan kertak gigi.

Penetapan ini sdh mulai berjalan, sudah ada beberapa yg mendapat jaminan pengangkatan.
Kegelapan yg paling gelap sebenarnya bicara mengenai masa kesesakan, karena semua malaikat2 jatuh dilepas di bumi, shg bumi akan memasuki masa2 tergelap sepanjang sejarah. Yg ada kertak gigi & penyesalan, walau blm tentu binasa secara kekal. 

Yg hari2 ini tdk berpakaian pesta jangan heran kalau tdk diangkat, karena hari pengangkatan nanti hanya penggenapan keputusan tsb. (Wah 10.7)

2. Pakaian Pesta Imam Besar 
Zec 3:4 memberikan perintah kepada orang-orang yang melayaninya: "Tanggalkanlah pakaian yang kotor itu dari padanya." Dan kepada Yosua ia berkata: "Lihat, dengan ini aku telah menjauhkan kesalahanmu dari padamu! Aku akan mengenakan kepadamu pakaian pesta."

“Pakaian kotor” dalam bhs asli bicara sesuatu yg menutupi yaitu penghianatan, perampokan, penipuan, penyesatan.. 

“pakaian pesta” berarti “robe of State” harafiah jubah resmi kenegaraan. 
Ini adalah jubah pelantikan yg dikenakan Ratu Inggris berwarna merah.

Imam tdk ikut terinjak2 di pelataran, Wah 11.2
Imam berkeluh kesah meratapi dosa2 Yeh9.4

3. Pakaian Pesta Mempelai

Rev 19:7-8 hari perkawinan Anak Domba telah tiba, dan pengantin-Nya telah siap sedia.  Dan kepadanya dikaruniakan supaya memakai kain lenan halus yang berkilau-kilauan dan yang putih bersih!" 
(Lenan halus itu adalah perbuatan-perbuatan yang benar dari orang-orang kudus.)

4. Pakaian Pesta Pekerja/Penuai
Isa 61:3 NKJV  To console those who mourn in Zion, 
 To give them beauty for ashes, 
 The oil of joy for mourning, 
 The garment of praise for the spirit of heaviness; 
 That they may be called trees of righteousness, 
 The planting of the LORD, that He may be glorified.

Pekerja/penuai memberitakan kabar baik dgn kuasa Roh Kudus (Yes 61:1-2)

5. Jubah anugrah & pengampunan,
Mercy & Grace

Luk 15:22-24 Lekaslah bawa ke mari jubah yang terbaik, pakaikanlah itu kepadanya dan kenakanlah cincin pada jarinya dan sepatu pada kakinya.  (23)  Dan ambillah anak lembu tambun itu, sembelihlah dia dan marilah kita makan dan bersukacita.  (24)  Sebab anakku ini telah mati dan menjadi hidup kembali, ia telah hilang dan didapat kembali. Maka mulailah mereka bersukaria.

Anak bungsu bertobat & kembali kepada Bapa.

6. Jubah raja cth Mordekhai
Est 6:7-8 "Mengenai orang yang raja berkenan menghormatinya,  (8)  hendaklah diambil pakaian kerajaan yang biasa dipakai oleh raja sendiri, dan lagi kuda yang biasa dikendarai oleh raja sendiri dan yang diberi mahkota kerajaan di kepalanya,

7. Jubah Perang
Wah 19:13-18 Dan Ia memakai jubah yang telah dicelup dalam darah dan nama-Nya ialah: "Firman Allah."  Dan semua pasukan yang di sorga mengikuti Dia; mereka menunggang kuda putih dan memakai lenan halus yang putih bersih. Dan pada jubah-Nya dan paha-Nya tertulis suatu nama, yaitu: "Raja segala raja dan Tuan di atas segala tuan."  
Lalu aku melihat seorang malaikat berdiri di dalam matahari ... katanya: "Marilah ke sini dan berkumpullah untuk turut dalam perjamuan Allah, perjamuan yang besar,  supaya kamu makan daging semua raja dan daging semua panglima dan daging semua pahlawan dan daging semua kuda dan daging semua penunggangnya dan daging semua orang, baik yang merdeka maupun hamba, baik yang kecil maupun yang besar."

8. Mencuci jubah mjd putih dalam darah

Bicara mengenai pertobatan, perbuatan benar, melakukan dgn cinta & segenap hati. 

Wah 7:13-14 Dan seorang dari antara tua-tua itu berkata kepadaku: "Siapakah mereka yang memakai jubah putih itu dan dari manakah mereka datang?"  Maka kataku kepadanya: "Tuanku, tuan mengetahuinya." Lalu ia berkata kepadaku: "Mereka ini adalah orang-orang yang keluar dari kesusahan yang besar; dan mereka telah mencuci jubah mereka dan membuatnya putih di dalam darah Anak Domba.

Mari menanyakan Tuhan dan & mempersiapkan jubah kita masing2.

Komentar

Postingan Populer