AIMEE SEMPLE MCPHERSON

*AIMEE SEMPLE MCPHERSON*

Dikenal untuk: berdirinya sukses, kepemimpinan dari denominasi Pantekosta besar; Skandal penculikan
Pekerjaan: penginjil, agama pendiri denominasi
Tanggal: 9 Oktober 1890 - September 27, 1944
Juga dikenal sebagai: Suster Aimee, Aimee Semple McPherson Hutton

*Tentang Aimee Semple McPherson*

Aimee Semple McPherson adalah yang pertama penginjil Pantekosta yang terkenal, mencari publisitas untuk memperluas penonton untuk pesan agamanya, menggunakan teknologi modern (termasuk mobil dan radio) - benar-benar pelopor dalam sejarah agama. Gereja Injil Foursquare yang didirikannya sekarang gerakan dengan lebih dari dua juta anggota di seluruh dunia. Tapi kebanyakan orang tahu namanya terutama untuk skandal penculikan terkenal.

Aimee Semple McPherson menghilang Mei 1926. Pada awalnya Aimee Semple McPherson diduga tenggelam. Ketika dia muncul kembali ia mengaku telah diculik. Banyak mempertanyakan kisah penculikan; gosip memiliki nya “shacked” dalam romantis “sarang cinta,” meskipun kasus pengadilan dijatuhkan karena kurangnya bukti.

*Masa muda*

Aimee Semple McPherson lahir di Kanada, dekat Ingersoll, Ontario. nama kelahirannya adalah Beth Kennedy, dan ia segera menyebut dirinya Aimee Elizabeth Kennedy. ibunya aktif di Salvation Army dan adalah putri angkat dari seorang kapten Salvation Army.

Pada usia 17 Aimee menikah Robert James Semple. Bersama-sama mereka melakukan perjalanan pada tahun 1910 ke Hong Kong dalam perjalanan mereka ke Cina untuk menjadi misionaris, tapi Semple meninggal karena demam tipus. Sebulan kemudian, Aimee melahirkan seorang putri, Roberta Bintang Semple, dan kemudian pindah ke New York City, di mana ibu Aimee bekerja dengan Salvation Army.

*Injil Karir*

Aimee Semple McPherson dan ibunya melakukan perjalanan bersama-sama, bekerja pada pertemuan kebangunan rohani. Pada tahun 1912 Aimee menikah Harold Steward McPherson, salesman. Anak mereka, Rolf Kennedy McPherson, lahir setahun kemudian. Aimee Semple McPherson mulai bekerja kembali pada tahun 1916, bepergian dengan mobil - sebuah “Full Car Injil” dengan slogan-slogan dicat pada sisinya. Pada tahun 1917 ia mulai kertas, The Bridal Panggil. Tahun berikutnya, Aimee McPherson, ibu dan dua anak perjalanan di seluruh negeri dan menetap di Los Angeles, dan dari pusat itu, lanjut lintas negara kebangkitan wisata, bahkan bepergian ke Kanada dan Australia. Harold McPherson datang untuk menentang perjalanan dan pelayanan Aimee, dan mereka bercerai pada tahun 1921, Harold pengisian dia dengan desersi.

Dengan 1923, pengorganisasian Aimee Semple McPherson sudah cukup sukses bahwa dia mampu membangun Kuil Angelus di Los Angeles, tempat duduk lebih dari 5.000. Pada tahun 1923 dia juga membuka Sekolah Alkitab, kemudian menjadi mercusuar dari International Foursquare Penginjilan. Pada tahun 1924 ia mulai siaran radio dari Temple. Aimee Semple McPherson dan ibunya secara pribadi dimiliki usaha tersebut. bakat Aimee untuk kostum dramatis dan teknik dan kegiatan iman penyembuhan nya menarik banyak pengikut untuk pesannya keselamatan. Awalnya dia juga termasuk standar Pantekosta kebangkitan, “berbicara dalam bahasa roh,” tapi de-menekankan bahwa dari waktu ke waktu. Dia juga dikenal sebagai sesuatu dari orang yang sulit untuk bekerja dengan, beberapa dari mereka yang bekerja sama dengan dia dalam pelayanan Temple.

*Pergi untuk Swim*

Pada bulan Mei tahun 1926, Aimee Semple McPherson pergi untuk berenang di laut, didampingi sekretarisnya yang tinggal di pantai - dan Aimee menghilang. pengikut dan ibunya dia meratapi kematiannya sementara surat kabar menampilkan pencarian terus dan rumor penampakan - sampai 23 Juni, ketika Aimee muncul kembali di Meksiko dengan kisah penculikan dan penangkaran beberapa hari setelah ibunya menerima catatan tebusan yang mengancam bahwa Aimee akan dijual ke “perbudakan putih” jika uang tebusan setengah juta dolar tidak dibayar.

Kenneth G. Ormiston, yang adalah seorang operator radio untuk Temple, menghilang pada saat yang sama, yang mengarah ke kecurigaan bahwa dia tidak diculik tetapi telah bukannya menghabiskan bulan di persembunyian romantis. Telah terjadi gosip tentang hubungannya dengan dia sebelum menghilang, dan istrinya telah pindah kembali ke Australia, mengklaim suaminya terlibat dengan McPherson. Ada laporan bahwa seorang wanita yang tampak seperti Aimee Semple McPherson telah terlihat di kota resor dengan Ormiston selama hilangnya McPherson ini. Kecurigaan menyebabkan investigasi dewan juri dan tuduhan sumpah palsu dan bukti manufaktur terhadap McPherson dan Ormiston, namun tuduhan itu dijatuhkan tahun berikutnya tanpa penjelasan.

*Setelah Skandal Penculikan*

pelayanannya terus. Jika ada, selebriti lebih besar. Dalam gereja, ada beberapa dampak pada kecurigaan dan skandal: ibu Aimee bahkan berpisah darinya.

Aimee Semple McPherson menikah lagi pada tahun 1931. David Hutton, sepuluh tahun lebih muda dan anggota Angelus Temple, mengajukan gugatan cerai pada tahun 1933 dan dikabulkan pada tahun 1934. sengketa Hukum dan kesulitan keuangan menandai tahun ke depan sejarah gereja. McPherson terus memimpin banyak kegiatan gereja, termasuk pembicaraan radio dan khotbah, dan kesulitan keuangan sebagian besar diatasi dengan tahun 1940-an.

Pada tahun 1944, Aimee Semple McPherson meninggal karena overdosis obat penenang. overdosis diucapkan disengaja, rumit oleh masalah ginjal, meskipun banyak yang diduga bunuh diri.

*Warisan*

Gerakan yang Aimee Semple McPherson didirikan berlanjut hari ini - pada akhir abad ke-20, yang diklaim sekitar dua juta anggota di lebih dari 30 negara, termasuk 5.300 kursi Angelus Temple di California. Anaknya Rolf berhasil dia untuk kepemimpinan.



Aimee Semple McPherson adalah wanita pertama yang berkhotbah melalui radio pada tahun 1920. Walaupun ada beberapa kabar miring tentangnya dan gaya khotbahnya yang flamboyan dan dramatisir, dia dikenal sebagai pendiri International Church of the Foursquare Gospel. Gereja yang didirikan pada tahun 1927 tersebut bertumbuh menjadi denominasi Pentakosta yang besar.

Riwayat dan Pelayanan

Aimee lahir di Ingersoll, Ontario, Kanada; dia menjadi pemeluk Pantekosta pada tahun 1907 di bawah pengajaran Robert J. Semple, yang dinikahinya pada tahun 1908 sebelum mengikutinya melayani di China. Setelah kematian suaminya, dia kembali ke Amerika Utara dan bekerja sebagai pendeta di Full Gospel Assembly.

Aimee mengambil kesempatan berkhotbah di radio dan pada tahun 1924 karena ia menyadari betapa pentingnya siaran radio; organisasinya menjadi oraganisasi pertama yang membeli seluruh stasiun radio. Pada awal maraknya radio, seorang yang berjalan di kota Los Angeles bisa mendengar Aimee memberitakan Injil dari jendela-jendela yang terbuka.

Aimee memberitakan kombinasi Pietisme dan penyembuhan iman. Keempat pilar denominasinya adalah Yesus Sang Penyelamat, baptisan Roh Kudus, penyembuhan kelemahan manusia, dan kedatangan kembali Raja segala raja. Dengan gaya khotbah yang menjadi ciri khasnya, dia memusatkan ajarannya pada kasih dan pengampunan Kristus dan juga gagasan dari Millenarian (orang yang percaya bahwa Kristus akan berkuasa selama seribu tahun di bumi -- Cide Dictionary).

Pada tahun 1926, Aimee mendirikan sekolah Alkitab; dia juga menyaksikan denominasinya meluas menjadi 400 gereja, walaupun akhirnya terdapat beberapa perkara hukum atas kepemimpinannya antara tahun 1926 dan 1936.

Menghilang dan Akhir Hidup

Aimee menghilang pada bulan Mei 1926 dan sebulan kemudian ditemukan di padang gurun Kalifornia. Dia mengaku telah diculik. Tabloid-tabloid mengupas kejadian yang menimpanya dengan detail yang mengerikan dan menyedihkan. Namun bukti menjelaskan bahwa kisahnya mungkin dikarang. Dia menerbitkan otobiografi pada tahun 1927, ketika dia baru berumur 37 tahun. Dia mengalami kemunduran mental pada tahun 1930 dan meninggal pada tahun 1944, kabarnya akibat overdosis.

Aimee terus dikenang sebagai pendiri Foursquare Church, yang memiliki lebih dari 9000 jemaat di 48 negara. Dia adalah sebuah fenomena yang telah Allah pakai untuk menjangkau puluhan ribu orang.

Dari Berbagai Sumber

Joshua Ivan Sudrajat

Komentar

Postingan Populer