MISTERI API ASING

*MISTERI API ASING*
*MINGGU 26 JULI 2020*
*JKI HIGHER THAN EVER*
*Pdt Victor Kristijanto Purnomo*

Ps Victor.
Misteri api asing


Imamat 10:1-3 Kemudian anak-anak Harun, Nadab dan Abihu, masing-masing mengambil perbaraannya, membubuh api ke dalamnya serta menaruh ukupan di atas api itu. Dengan demikian mereka mempersembahkan ke hadapan TUHAN api yang asing yang tidak diperintahkan-Nya kepada mereka.
Maka keluarlah api dari hadapan TUHAN, lalu menghanguskan keduanya, sehingga mati di hadapan TUHAN.
Berkatalah Musa kepada Harun: "Inilah yang difirmankan TUHAN: Kepada orang yang karib kepada-Ku Kunyatakan kekudusan-Ku, dan di muka seluruh bangsa itu akan Kuperlihatkan kemuliaan-Ku." Dan Harun berdiam diri.

Bangsa Israel sejak kluar dari Mesir tdk ada aturan dan hukum. Mereka keluar dgn keagaam yg masih kosong. Tapi kita lihat Tuhan yg begitu ajaib, dari Mesir sampai tanah perjanjian Tuhan berikan banyak aturan dan hukum untuk menata bangsa israel. Musa ktmu Tuhan 40 hari disana.

Suatu kali Tuhan mengangkat harun dan anaknya menjadi imam, sedang mengadakan upacara hari itu ada sebuah kabar buruk terjadi ada 2 imam yg mati diruang kudus. Nadab dan abihu.

Mereka ingin mendekat kepada Tuhan tapi Tuhan yg mereka dekati adalah Tuhan yg menakutkan dihari itu, kenapa imam itu mati mereka membawa ukuran dan mereka ambil api dan membawa masuk ruang maha kudus dan tiba tiba api itu menyambar mereka. Karena mereka membawa api asing, dan Tuhan tdk suka, karena ruang maha Kudus tempat Tuhan berdiam.

Mereka membawa api yg belum dikuduskan. udkan.

Di ayat 9 :24
Imamat 9:24  Dan keluarlah api dari hadapan TUHAN, lalu menghanguskan korban bakaran dan segala lemak di atas mezbah. Tatkala seluruh bangsa itu melihatnya, bersorak-sorailah mereka, lalu sujud menyembah.

Sebelumnya ada hukuman Tuhan buat mujizat yg besar dilakukan harun di ayat 9. Hari ini bait Allah adalah kita pribadi. Hari ini api apa yg kita bawa kepada Tuhan??

Api apa yg sedang kau bawa apa api kesombongan cemburu kemarahan hawa nafsu atau api yg dari Tuhan??? Klo kita bawa api yg dari Tuhan masuk dalam hidup kita, setiap korban hidup kita akan dibawa naik menyenangkan hati Tuhan. Jujur kita sering kali tdk sadar apai apa yg kita bawa dlm Tuhan.
Dalam Ulangan 4:24  Sebab TUHAN, Allahmu, adalah api yang menghanguskan, Allah yang cemburu.  Api apa yg sedang engkau bawa?
Tapi setan juga adalah api, setan juga lamanya api dia suka niru Tuhan biar kita binggung. Klo kita dekat dgn Tuhan kita tau apa yg sedang kita bawa masuk ke dalam Tuhan. Api cinta Tuhan api lawatan api kekudusan yg kita bawa masuk dlm hadirat Tuhan.

Api asing api yg tdk sah. Harus dikuduskan dulu. Kenapa hari itu nadab dan abihu dapat hukuman Tuhan karena mereka masuki sebuah area hanya dgn api yg kudus mereka membawa api yg tdk kudus, dihadapan Tuhan itu sebuah pelanggaran. Kita juga sering begitu sering membawa api asing di hadapan Tuhan. Biar lewat firman pagi ini hidup kita dikoreksi.

Kata api asing juga berarti sesuatu yg kotor yg najis dibawa masuk.
Kata api asing juga berati diluar bait Allah.

Tuhan kita itu Tuhan yg kudus. Unfilltered holiness = Dia adalah kekudusan yang tanpa batas itu Tuhan.

Kita bersyukur ada grace dlm hidup kita, sehingga kekudusan Tuhan yg tanpa batas oleh darah Yesus ketika kita berjumpa dgn Tuhan tdk akan menghancurkan kita karena ada filter dan anugrah Tuhan sehingga kita selamat.

Ada anugrah yg menutupi semua pelanggaran kita.

Baju imam mereka tidak terbakar. Itulah yg ajaib.

Imamat 10:8-10  TUHAN berfirman kepada Harun:
"Janganlah engkau minum anggur atau minuman keras, engkau serta anak-anakmu, bila kamu masuk ke dalam Kemah Pertemuan, supaya jangan kamu mati. Itulah suatu ketetapan untuk selamanya bagi kamu turun-temurun.
Haruslah kamu dapat membedakan antara yang kudus dengan yang tidak kudus, antara yang najis dengan yang tidak najis,

Jng engkau mabuk saat masuk ruang maha kudus. Biasa mereka mengerjakan dlm ketepatan tiba tiba fokus mereka hilang dan apa yg mereka kerjakan salah. Itu yg menyebabkan mereka salah membawa korban api dihadapan Tuhan. Dan mereka dihukum Tuhan.

Hati kita pikiran kita pingin lurus tapi jalan kita miring. Itu karena mabuk.
Hari ini ada kemabukan apa dalam hidup kita, Yg menyebabkan kita tdk bisa fokus ke Tuhan?

Saudara sedang mabuk apa? Harta jabatan cinta?

Ketika kita mabuk pasa perkara dunia api Tuhan akan membakar hidup kita, mgkn kita tdk mati karena ada anugrah tapi hidup kita akan sukar.

Klo engkau emas dan perak api itu akan memurnikan kita dan makin bercahaya, klo kita kayu dan rumput kering hidup kita hangus dan jadi debu.

Yesaya 6:5 Lalu kataku: "Celakalah aku! aku binasa! Sebab aku ini seorang yang najis bibir, dan aku tinggal di tengah-tengah bangsa yang najis bibir, namun mataku telah melihat Sang Raja, yakni TUHAN semesta alam."

Ini nabi yg sadar ketika berjumpa dgn Tuhan. Sadar klo nabi yes itu belum sempurna, ketika dia bertemu dgn kekudusan Tuhan tiba tiba dia berkata aku org yg blum sempurna dan blum selesai dengan Tuhan. Sebab yg maha sempurna ketika menunjukan pribadinya kita jadi tdk sempurna.

Yesaya 6:6  Tetapi seorang dari pada Serafim itu terbang mendapatkan aku; di tangannya ada bara, yang diambilnya dengan sepit dari atas mezbah.

Api Tuhan itu menguduskan dan memurnikan hidup kita. Bukan karena kekuatan kita tapi Tuhan yg menguduskan Yesaya dan mengubah Yesaya jadi org yg benar dihadapan Tuhan.

Kita harus tau antara yg kudus dan tidak kudus. Kudus artinya dipisahkan, tdk kudus artinya terpolusi tercemar dan terkontamknasi. Kita harus tau hidup kita ini terpolusi apa? Mesti harus tau. Jadi org Kristen yg dewasa, kita harus tau.
Klo kita kudus kita ini dipisahkan.
Misal kita ke pabrik tau itu daerah polusi makan polusi itu akan merusak tubuh kita.

Kita harus bisa membedakan antara yg najis dan tdk najis. Level kita ini level orang Kristen yg dewasa, sehingga kita tau, biar kekususan Tuhan itu yg melanda hidup kita.

Satu hal lagi kenapa mereka mati karena mereka tdk mengikuti peraturan. Karena mereka mengerjakan apa yg tidak Tuhan perintahkan. Hari ini kerjakan apa yg Tuhan minta dalam hidup kita.

Ada satu peristiwa di Alkitab yg tdk ikut dgn protokuler Tuhan
Yaitu datan abiram dan korah.
Datan abiram begitu marah kepada musa
Sedangkan korah pingin jadi imam seperti harun,
Mereka bertiga melanggar aturan Tuhan.

Apa yg dikerjakan musa dan harun ketika 250 org lewi berontak dihadapan mereka. Mereka tersungkur dihadapan Tuhan. Hari itu awan TUHAN naik dan mereka bertiga dipanggil Tuhan untuk membawa ukuran dihadapan Tuhan. Hari ini Tuhan akan memilih antara musa dan harun dan datan abiram dan korah. Dan yg bener musa dan harun, datan abiram dan korah mati masuk ke tanah juga 250 org lewi itu juga dihukum Tuhan api Tuhan membakar mereka. Ambil ukupan mereka, sbab itu barang kudus.

Datan dan abiram itu adalah profokator dari awal saat musa tinggal dimesir.
Saat mereka kluar dari Mesir dan terjebak di laut tebrau mereka dikejar tentara Mesir org itu marah kpd musa ya itu mereka datan dan abiram. Menentang musa sehingga membuat israel ribut.

Hati hati dengan komplain kita dihadapan Tuhan. Kita harus terus mengucap syukur dihadapan Tuhan. Ada banyak alasan kita bisa ngomel dihadapan Tuhan tapi ada berjuta alasan kita bisa bersyukur kepada Tuhan. Sekalipun bnyk hal menyedihkan hati kita. Ingat satu hal klo kita selamat dan sehat kita harus bersyukur.

Amen.
Tuhan memberkati.

By Hendy Ferdiantantama Susanto.

Komentar

Postingan Populer