TALLIT DAN DUPA

*PELAJARAN KEIMAMAN*
*TALLIT DAN DUPA*
*16 JULI 2020*
*Ev Christianus Pramono*



*Pendahuluan*

Shalom

Kelimpahan dimulai dari mental saudara-saudara. Kelimpahan dimulai dari dalam Tuhan.

Jika hidup kita mengalami kekurangan, kita harus cek *Apakah Kita Sudah Mempunyai Hubungan Yang Benar dengan Tuhan ?* Untuk mengalami Kelimpahan Dari Tuhan kita harus *Mempunyai Hubungan Yang Intim dengan Tuhan*

*Kelimpahan artinya hidup kita tidak pernah mengalami kekurangan*

*Seorang yang mempunyai Panggilan Imam hidupnya tidak pernah kekurangan* 

Di Alkitab Imam mempunyai tugas Di Kemah Pertemuan dan Imam tidak perlu memikirkan kebutuhan dirinya sendiri.

Kelimpahan berhubungan dengan sikap hati. Tugas *Keimaman berhubungan dengan sikap hati*

Hubungan Kita di Level Pertama adalah *Relationship* Hal ini hanya berfokus kepada apa yang tidak boleh oleh Tuhan.

Jika kita semakin dalam Hubungan Yang Intim dengan Tuhan, kita sudah tidak menginginkan apa-apa lagi dan menjadi satu frekuensi dengan Tuhan.

Jika hidup kita satu frekuensi dengan Tuhan maka kita akan mengalami hal-hal yang luar biasa terjadi dalam hidup kita.

Seorang Imam tidak berdoa untuk dirinya sendiri, ia berdiri untuk kota dan bangsa.

*UKUPAN DAN PENDAMAIAN*

Keluaran 30:34 (TB)  Berfirmanlah TUHAN kepada Musa: "Ambillah wangi-wangian, yakni getah damar, kulit lokan dan getah rasamala, wangi-wangian itu serta kemenyan yang tulen, masing-masing sama banyaknya.

*BAHAN UKUPAN*

*KEMENYAN PUTIH*
*GETAH RASAMALA*
*KULIT LOKAN*
*DAMAR*

*Kenapa Harus Menyalakan UKUPAN ? Untuk Melakukan Pendamaian*

*DAMPAK BUAH PENGETAHUAN*

Kejadian 2:17 (TB)  tetapi pohon pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat itu, janganlah kaumakan buahnya, sebab pada hari engkau memakannya, pastilah engkau mati."

Pada awalnya manusia mempunyai hubungan yang intim dengan Tuhan. Dalam hidup manusia semua yang menentukan adalah Tuhan.

Hari-hari ini kita harus tanya Tuhan sampai kepada hal-hal yang terkecil sekalipun.

Saat Adam dan Hawa diciptakan oleh Tuhan, Tuhan menanamkan Potensi Ilahi didalam hidup mereka. Tuhan Berfirman artinya Ada *Kuasa Penciptaan*

Adam diciptakan segambar dengan Tuhan. Kejadian 1:27 (TB)  Maka Allah menciptakan manusia itu menurut gambar-Nya, menurut gambar Allah diciptakan-Nya dia; laki-laki dan perempuan diciptakan-Nya mereka. 

Serupa Artinya Sampai Menyatu Jadi Satu Zat dengan Tuhan. Zat adalah Imateril yang tidak bisa dilihat, ada potensi Ilahi dalam diri kita.

Kekudusan dan Pengudusan adalah dua hal yang berbeda.

Kekudusan turun berarti ada timbangan yang turun.

Pengudusan adalah Yang tidak Kudus masuk ke dalam Pengudusan Tuhan.

Portal Surga dan Bumi harus dibuka untuk membuka portal antar dimensi dibuka secara persis seperti Kemah Pertemuan Musa.

Doa Orang-orang Kudus Naik bersama-sama Ukupan.

Wahyu 8:4 (TB)  Maka naiklah asap kemenyan bersama-sama dengan doa orang-orang kudus itu dari tangan malaikat itu ke hadapan Allah.

Aroma Ukupan Sampai Saat ini masih tercium di Surga.

Saat ini Portal Pengudusan dan Pendamaian dibuka.

*Hukum KEIMAMAN dalam Perjanjian Lama ada 634 Hukum* Hal ini dibuat Rambu-rambu supaya bangsa Israel diselamatkan.

Jika kita najis maka kita akan dilakukan Pentahiran lalu masuk ke dalam Pengudusan.

Ukupan itu menggambarkan Tentang Yesus dan Pewahyuan Tentang Yesus.

*KEMAH SUCI*

Keluaran 25:9 (TB)  Menurut segala apa yang Kutunjukkan kepadamu sebagai contoh Kemah Suci dan sebagai contoh segala perabotannya, demikianlah harus kamu membuatnya."

Kemah Suci desainnya Musa dapatkan dari Surga. Tuhan memberikan contoh kepada Musa untuk membuat Kemah Suci.

Portal Dimensi Surga dibuka sehingga apa yang Tuhan mau kita buat didunia akan sama seperti yang di Surga.

*Pengudusan adalah ketika kita akan masuk ke dalam Kekudusan Tuhan*

*PENDAMAIAN*

Bilangan 16:44-48 (TB)  Maka berfirmanlah TUHAN kepada Musa: 
"Pergilah dari tengah-tengah umat ini, supaya Kuhancurkan mereka dalam sekejap mata." Lalu sujudlah mereka. 
Berkatalah Musa kepada Harun: "Ambillah perbaraan, bubuhlah api ke dalamnya dari atas mezbah, dan taruhlah ukupan, dan pergilah dengan segera kepada umat itu dan adakanlah pendamaian bagi mereka, sebab murka TUHAN telah berkobar, dan tulah sedang mulai." 
Maka Harun mengambil perbaraan, seperti yang dikatakan Musa, dan berlarilah ia ke tengah-tengah jemaah itu, dan tampaklah tulah telah mulai di antara bangsa itu; lalu dibubuhnyalah ukupan dan diadakannyalah pendamaian bagi bangsa itu. 
Ketika ia berdiri di antara orang-orang mati dan orang-orang hidup, berhentilah tulah itu. 

Pendamaian dilakukan supaya Cawan Murka tidak tumpah. Kita harus mengisi Cawan Pendamaian Sampai Penuh meluber keluar supaya Cawan Murka tidak tumpah.

*Ada saatnya kita bisa ketemu dengan PribadiNya Tuhan* 
*Ada saatnya kita bisa ketemu dengan Kekudusan Tuhan*

Contohnya : Musa Melepaskan Kasut

Keluaran 3:5 (TB)  Lalu Ia berfirman: "Janganlah datang dekat-dekat: tanggalkanlah kasutmu dari kakimu, sebab tempat, di mana engkau berdiri itu, adalah tanah yang kudus."

Jika kita dipimpin oleh Roh Tuhan maka kita mempunyai Kecerdasan Ilahi.

*Ada Dua Cawan*

*CAWAN TUHAN*
*CAWAN KEJAHATAN*

Pendamaian Berbicara Tentang Suatu tempat atau wilayah ketika wilayah tersebut harus berhadapan dengan cawan Murka atau tulah dari Tuhan, kita menaikkan Pendamaian agar Tulah itu tidak diturunkan atau tumpah.

Ada Taraf Kekudusan dan Kemuliaan Tuhan. Contohnya Musa ketika ia diberi tugas, Tuhan ingin membunuh Musa karena Musa lupa akan rambu-rambu yang sudah ditetapkan.

Mari Kita Buka Keluaran 4:24-26 (TB)  Tetapi di tengah jalan, di suatu tempat bermalam, TUHAN bertemu dengan Musa dan berikhtiar untuk membunuhnya. 
Lalu Zipora mengambil pisau batu, dipotongnya kulit khatan anaknya, kemudian disentuhnya dengan kulit itu kaki Musa sambil berkata: "Sesungguhnya engkau pengantin darah bagiku."
Lalu TUHAN membiarkan Musa. "Pengantin darah," kata Zipora waktu itu, karena mengingat sunat itu. 

Musa bertemu dengan Kekudusan Tuhan turun. Musa ditimbang dan timbangan nya didapati kurang karena anak Musa belum disunat.

*IMAMAT YANG RAJANI*

1 Petrus 2:9 (TB)  Tetapi kamulah bangsa yang terpilih, imamat yang rajani, bangsa yang kudus, umat kepunyaan Allah sendiri, supaya kamu memberitakan perbuatan-perbuatan yang besar dari Dia, yang telah memanggil kamu keluar dari kegelapan kepada terang-Nya yang ajaib: 

Kita adalah Barisan IMAMAT YANG RAJANI. Kita harus berdiri dan mengisi Cawan Tuhan sampai penuh. 

Jika Cawan Residu yang Jahat penuh maka Tulah itu tumpah.

Barisan Imam ini berhadapan dengan cawan kejahatan. Cawan Kejahatan ini tidak bisa diperangi, tetapi kita harus mengisi Cawan Tuhan sampai penuh supaya Cawan Kejahatan tidak penuh dan tumpah.

*HATI TUHAN ADALAH TIDAK INGIN CAWAN MURKA ITU TUMPAH*

*IMAM HARUN*

Keluaran 30:7-8 (TB)  Di atasnya haruslah Harun membakar ukupan dari wangi-wangian; tiap-tiap pagi, apabila ia membersihkan lampu-lampu, haruslah ia membakarnya.
Juga apabila Harun memasang lampu-lampu itu pada waktu senja, haruslah ia membakarnya sebagai ukupan yang tetap di hadapan TUHAN di antara kamu turun-temurun. 

Harun menyalakan Ukupan penuh dengan Ketaatan. Kita harus belajar mengerti tentang Ukupan dan Pendamaian sesuai dengan Kebenaran Firman Tuhan.

*TALLIT*

Ada Dua Bagian :

*GARMENT ATAU KAIN*
*JUMBAI JUBAH Dari Kata Bahasa Aslinya Strong's H6734 - tsiytsith*

*GARMENT ATAU KAIN*

Dalam Bahasa Aslinya Juga Berarti Sayap atau Kemah Kecil.

Closeth seperti ruangan yang dikhususkan untuk berdoa. Ruangan ini tidak bisa dimasuki oleh sembarang orang lain. Di ruangan ini hanya engkau yang bisa bertemu dengan Tuhan.

Tuhan Yesus merindukan kita ketemu dengan Tuhan dan masuk ke dalam Keintiman Nya.

Tuhan merindukan kita ketemu dengan Kebenaran yang memerdekakan hidup kita.

Didalam Kemah Kecil ada Identitas. Tallit berbicara tentang Kemah Keintiman.

Ada Perjanjian Tallit atas Indonesia. Tuhan Yesus mau membawa Indonesia masuk ke dalam Kemah Keintiman Nya.

Didalam Tradisi Pernikahan Orang Ibrani diatas Kemah dibentangkan Tallit, orang yang menikah masuk ke Chuppah. Mereka masuk ke dalam Mahligai CintaNya.

Tallit berbicara Ada Perjanjian Tuhan dan Penyertaan Tuhan di  Indonesia.

38 Speak unto the children of Israel, and bid them that they make them fringes in the borders of their garments throughout their generations, and that they put upon the fringe of the borders a ribband of blue:  Numbers 15:38 KJV

The Borders artinya Kanaph atau Sayap. Ada Sayap Perlindungan Tuhan untuk Indonesia. *Ada JAMINAN PEMELIHARAAN TUHAN UNTUK INDONESIA*

Contohnya : Ruth

Rut 3:9 (TB)  Bertanyalah ia: "Siapakah engkau ini?" Jawabnya: "Aku Rut, hambamu: kembangkanlah kiranya sayapmu melindungi hambamu ini, sebab engkaulah seorang kaum yang wajib menebus kami."

Ada Perjanjian Masuk Ke dalam Sayap Keintiman dan Perlindungan Tuhan

Keluaran 19:4 (TB)  Kamu sendiri telah melihat apa yang Kulakukan kepada orang Mesir, dan bagaimana Aku telah mendukung kamu di atas sayap rajawali dan membawa kamu kepada-Ku.

*Kekuatan Kita Tidak Seberapa*

Wahyu 3:8 (TB)  Aku tahu segala pekerjaanmu: lihatlah, Aku telah membuka pintu bagimu, yang tidak dapat ditutup oleh seorang pun. Aku tahu bahwa kekuatanmu tidak seberapa, namun engkau menuruti firman-Ku dan engkau tidak menyangkal nama-Ku.

Jangan Sampai Kita Anggap Rendah yang Tuhan berikan kepada kita.

Mari Kita Buka Bilangan 15:38-40 (TB)  "Berbicaralah kepada orang Israel dan katakanlah kepada mereka, bahwa mereka harus membuat jumbai-jumbai pada punca baju mereka, turun-temurun, dan dalam jumbai-jumbai punca itu haruslah dibubuh benang ungu kebiru-biruan.  
Maka jumbai itu akan mengingatkan kamu, apabila kamu melihatnya, kepada segala perintah TUHAN, sehingga kamu melakukannya dan tidak lagi menuruti hatimu atau matamu sendiri, seperti biasa kamu perbuat dalam ketidaksetiaanmu terhadap TUHAN. 
Maksudnya supaya kamu mengingat dan melakukan segala perintah-Ku dan menjadi kudus bagi Allahmu. 

(Baru sampai Waktu 1:50:00)

Ditulis oleh Joshua Ivan Sudrajat

Komentar

Postingan Populer