EMPAT PETUNJUK TENTANG BAGAIMANA MENJALANI TAHUN INI

 *Misteri Tahun Ibrani 5781: Empat Petunjuk Tentang Bagaimana Menjalani Tahun Ini*


Author : *Iwan Steven*



https://harituhan.wordpress.com/2020/09/24/misteri-tahun-ibrani-5781-empat-petunjuk-tentang-bagaimana-menjalani-tahun-ini/


Kita memandang kepada tahun yang baru, untuk pengharapan yang baru, untuk inspirasi yang baru, dan untuk mencari petunjuk tentang bagaimana melayani Tuhan di tahun ini.


Tahun ini adalah תשפ”א Tav Shin Pey Aleph, 5781 dalam kalender Ibrani, disingkat Tahun Pey Aleph (81).


Para rabbi menyebut Pey Aleph, (פא – 81), adalah akronim untuk פְּלָאֹות אַרְאֶנּוּ Pela’ot Ar’ennu, yang artinya: “Aku akan memperlihatkan kepadanya keajaiban-keajaiban.”


Ini seperti YHVH Elohim memberitahu kita: “Aku akan memperlihatkan keajaiban-keajaiban kepadamu. Aku akan membuat kamu melihat mujizat-mujizat, bahkan lebih besar daripada yang di Tanah Mesir.”


(Mic 7:15 [IMB]) “Seperti pada hari kamu keluar dari tanah Mesir, Aku akan memperlihatkan kepadanya keajaiban-keajaiban (אַרְאֶנּוּ נִפְלָאֹֽות ar’ennu nifla’ot).”


Ini akan menjadi tahun di mana YHVH akan memperlihatkan keajaiban-keajaiban. Bahkan, Tahun 5781 yang dalam bahasa Ibrani dituliskan תשפא bila dimasukkan ke dalam Google Translate, akan diterjemahkan: You will be amazed (Engkau akan takjub).


Namun sebaliknya, Pey Aleph פא, bila dibaca terbalik, akan dieja menjadi אף af, yang artinya “amarah”, kemarahan Ilahi. Ini nampaknya berbicara tentang kondisi di mana kita sekarang ini berada, kita merasakan “amarah” Ilahi sejak tahun lalu, yang membuat kita harus bersembunyi di dalam rumah kita masing-masing.


(Isa 26:20 [IMB]) Datanglah bangsaku, masuklah ke dalam kamar-kamarmu dan tutuplah pintu-pintu di belakangmu, bersembunyilah beberapa saat, sampai kemarahan itu berlalu.


Tema besar tahun 5781 digarisbawahi oleh fakta, bahwa Rosh Hashanah (Tahun Baru) jatuh bertepatan dengan hari Shabbat. Hari pertama Rosh Hashanah adalah Shabbat. Menurut hukum Yahudi, jika Rosh Hashanah jatuh pada hari Shabbat, tidak boleh meniup shofar (sangkakala).


Apa arti semuanya ini?


Shabbat disebut Shabbat kudus, hari yang dikuduskan. Kej. 2:3 Dan Elohim memberkati » hari ketujuh, dan Dia membuat »dia kudus, karena di dalam dia, Dia berhenti (שָׁבַת shavat) dari semua pekerjaan-Nya yang Elohim ciptakan untuk membuatnya.


Apa artinya dikuduskan?


Dikuduskan artinya dipisahkan dan ditinggikan. Shabbat dipisahkan dari semua hari lain dalam seminggu, hari ketujuh, hari di mana kita semua harus berhenti dari semua pekerjaan dan kesibukan kita sendiri. Itu adalah hari yang ditinggikan, hari yang didedikasikan bagi YHVH Elohim, untuk berdoa, untuk bersama keluarga, dan untuk belajar Torah (pengajaran Tuhan).


Rosh Hashanah bukan sekedar Tahun Baru, bukan sekedar hari pertama dalam tahun baru. Rosh Hashanah dalam bahasa Ibrani memiliki arti: Kepala Tahun. Kepala memberi vitalitas dan arah bagi seluruh tubuh. Rosh Hashanah adalah kepala dari seluruh tahun, memberikan vitalitas dan arah untuk seluruh tahun.


Rosh Hashanah, yakni Kepala Tahun dari 5781, jatuh pada hari Shabbat, memberi makna bahwa Elohim memberi petunjuk: Ini akan menjadi tahun Shabbat, tahun istirahat, tahun yang dikuduskan, tahun yang ditinggikan, tahun yang dipisahkan dari semua tahun-tahun sebelumnya, tahun yang didedikasikan bagi YHVH, untuk tinggal bersama keluarga, untuk belajar Torah (pengajaran) YHVH.


Dalam artikel sebelumnya kita sudah membahas, bahwa Tahun Pey Aleph (81) adalah Tahun Mulut Elohim Mengajar. Kata “mengajar” di sini menggunakan kata Ibrani למד lamad, yang artinya: menggiring dengan tongkat (seperti gembala), mengajar, melatih, mendisiplinkan, membiasakan (kepada kebiasaan-kebiasaan yang baru), menginstruksikan.


Huruf-huruf Ibrani, lebih dari sekedar tanda-tanda, mewakili suatu sistem simbol dengan makna-makna tersembunyi yang mendalam. Dalam aksara piktograf Paleo Ibrani kuno, setiap huruf merupakan sebuah gambar yang memiliki arti sendiri.


Masing-masing huruf Ibrani mewakili suatu nilai numerik, yang tersusun di dalam 22 huruf dalam alefbet (alfabet) Ibrani.





Adakah petunjuk yang dapat kita ambil untuk tahun Ibrani 5781?


Berikut ini adalah petunjuk-petunjuk yang harus kita perhatikan untuk mengetahui apa yang harus kita lakukan dalam 12 bulan ke depan.


Jika kita mengambil masing-masing angka dari 5781, kita akan mendapatkan:


Angka 5 diwakili oleh huruf Ibrani ה (hey), dalam piktograf Ibrani kuno memiliki simbol: mata yang melihat, atau lihatlah!

Angka 7 diwakili oleh huruf Ibrani ז (zayin), dalam piktograf Ibrani kuno memiliki simbol: bajak atau pedang

Angka 8 diwakili oleh huruf Ibrani ח (chet), dalam piktograf Ibrani kuno memiliki simbol: pagar atau tembok

Angka 1 diwakili oleh huruf Ibrani א (aleph), dalam piktograf Ibrani kuno memiliki simbol: lembu jantan, atau pemimpin

hebrew-pictograph



Petunjuk apa yang dapat kita tangkap dari semuanya ini untuk kita lakukan selama 12 bulan ke depan? Berikut kita akan mengupasnya satu persatu.


Mata Yang Melihat (hey – 5)

hey



(Mat 26:41 [ILT2]) Berjaga-jagalah dan berdoalah supaya kamu tidak masuk ke dalam pencobaan; roh memang berkemauan kuat, tetapi daging lemah!”


Ini adalah tahun di mana kita harus menjaga mata tetap terbuka, tidak sekedar berdoa, tetapi juga berjaga-jaga. Jagalah diri Anda terhadap pencobaan-pencobaan dari musuh. Ayat ini terdapat dalam perikop Yesus berdoa di taman Getsemani (Getsemani dari kata Ibrani גת gat, artinya tempat pemerasan; שמנים shemanim, artinya minyak, minyak zaitun, minyak urapan). Hari-hari ketika tekanan itu semakin besar, kita harus semakin giat berjaga-jaga dan berdoa. Hiduplah oleh Roh, dan bukan oleh daging. Carilah perkara-perkara yang di atas, bukan yang di bumi. Kita harus melihat segala sesuatu dengan mata iman, mata spiritual, pewahyuan-pewahyuan yang diberikan Tuhan dalam jam-jam doa kita.


Bajak/Pedang (zayin – 7)

zayin



(Luke 9:62 [ILT2]) Namun, Yesus berkata kepadanya, “Seorang yang telah menaruh tangannya atas bajak dan menoleh ke belakang, ia tidak layak untuk kerajaan Elohim.”


(Luke 17:32 [ILT2]) Ingatlah istri Lot!


Ini adalah tahun di mana kita harus memutuskan untuk tidak menoleh ke belakang, tidak meninggalkan pelayanan, tidak meninggalkan persekutuan dengan Tuhan, tidak menjadi marah atau kecewa dengan perubahan situasi. Ini adalah waktu di mana kita harus memutuskan bahwa tangan kita harus tetap di atas bajak dan terus membajak ladang tuaian itu, untuk menantikan apa yang telah Tuhan sediakan untuk musim mendatang. Anda harus terhubung dengan pekerjaan Kerajaan Elohim, Anda harus mengambil tindakan dan menjadi bagian dari tuaian yang akan datang.


Karena huruf ז (zayin) juga memiliki makna: pedang/senjata, ini artinya kita harus mengenakan seluruh perlengkapan senjata Elohim. Ini sangat penting untuk Anda pahami: seluruh perlengkapan senjata Elohim.


(Eph 6:13-17 [IMB]) Sebab itu, gunakanlah seluruh perlengkapan senjata Elohim, supaya kamu mampu melawannya pada hari yang jahat itu; dan kamu tetap berdiri setelah selesai mengerjakan segala sesuatunya. Berdirilah teguh, kencangkanlah ikat pinggang kebenaran, dan kenakanlah baju zirah keadilan, biarlah kakimu beralaskan kerelaan untuk memberitakan Injil damai sejahtera, dan di atas segalanya, gunakanlah perisai iman, sehingga kamu mampu memadamkan semua panah api si jahat. Terimalah ketopong keselamatan dan pedang Roh yaitu firman Elohim.


Jaga baik-baik hati Anda, pikiran Anda, jaga kebenaran Anda, jaga langkah-langkah Anda, dan gunakan selalu pedang roh. Jaga baik-baik apa yang keluar dari mulut Anda, karena itu menentukan kemenangan atau kekalahan Anda.


Pedang juga berbicara tentang penghakiman Elohim. Dan di manakah penghakiman itu pertama-tama dimulai? Dari Bait Elohim! Dimulai dengan orang-orang percaya.


(1Pet 4:17 [IMB]) Sebab inilah saatnya penghakiman dimulai, pertama-tama dari Bait Elohim. Jika penghakiman dimulai dari kita, bagaimanakah akhirnya dengan mereka yang tidak percaya kepada Injil Elohim?


Dan ini juga terkait dengan poin berikutnya.


Pagar (chet – 8)

chet



Pagar berbicara tentang pemisahan. Tahun ini akan ada pemisahan antara lalang dan gandum, pemisahan antara kambing dan domba, pemisahan antara ikan yang buruk dan ikan yang baik, pemisahan antara gandum dan sekam, pemisahan antara orang-orang yang melayani Elohim dan orang yang tidak melayani Dia.


(Mal 3:18 [ILT2]) Lalu kamu akan melihat lagi perbedaan antara yang benar dan yang jahat, antara orang yang melayani Elohim dan orang yang tidak melayani Dia.


Perhatikan baik-baik: Ini adalah waktu untuk menempatkan pagar pembatas, untuk menjaga diri Anda, dan memisahkan diri Anda dari orang-orang yang tidak memberikan pengaruh yang baik, orang-orang yang selalu berbicara negatif dalam hidup Anda, orang-orang yang selalu memfitnah dan bergosip tentang orang lain. Kita harus menempatkan diri pada tempat yang benar di hadapan Tuhan, melakukan apa yang benar. Anda harus memiliki Roh yang berbeda dari roh-roh dunia ini.


Lembu Jantan (aleph – 1)

aleph



Lembu jantan adalah binatang yang kuat yang mewakili kekuatan, dan kemampuan memikul beban, juga merupakan salah satu dari empat makhluk hidup yang ada di takhta Elohim yang menyembah Dia siang dan malam.


Lembu jantan mewakili kesediaan untuk memikul beban.


(Matt 24:13 [ILT2]) Dan siapa yang bertahan (ὑπομένω hupomeno) sampai kesudahannya, dia akan diselamatkan.


Kata ὑπομένω hupomeno, artinya: ada di bawah beban, memikul beban.


Penting bagi kita untuk tetap berdiri ketika tekanan itu datang. Empat ayat sebelum Mat 24:13 berbicara tentang macam-macam tekanan kepada orang-orang percaya pada hari-hari terakhir, sebelum Injil Kerajaan diberitakan ke seluruh dunia menjadi kesaksian bagi segala bangsa.


Lembu jantan juga berbicara mengenai kepemimpinan. Akan ada pemisahan antara anak-anak Kerajaan dengan anak-anak dunia ini, dan otoritas akan diberikan kepada anak-anak Kerajaan untuk mengambil kepemimpinan, menuju kepada penuaian.


Dalam dimensi spiritual, secara global sedang terjadi pergantian kantong kulit itu dari kantong kulit yang tua kepada kantong kulit yang baru, karena anggur yang baru itu akan diisikan ke dalam kantong kulit yang baru. Harus terjadi pergantian kantong kulit menjadi yang baru, karena jika tidak, ketika Tuhan memberikan anggur yang baru, kantong kulit yang tua itu akan hancur, dan anggur baru itu pun akan terbuang sia-sia.


Anggur yang baru akan Tuhan curahkan, dan Dia tidak akan membiarkan itu terbuang sia-sia.


Empat poin di atas, bila digabungkan akan dapat terbaca sebuah pesan untuk 5781: Jadilah kuat dan berawas-awaslah, pisahkanlah dirimu dan lakukanlah pekerjaan Kerajaan Elohim!


Waktu Penggenapan Janji Tuhan

Rosh Hashanah 5781 dirayakan selama dua hari, yakni petang hari tanggal 18 September sampai petang hari tanggal 20 September. Secara tradisional, dalam tradisi Yahudi dilakukan pembacaan bagian tertentu dari Torah dan Haftarah.


Bacaan Torah untuk hari pertama terambil dari Kejadian 21:1-34, yakni YHVH melakukan kepada Sarah seperti yang dijanjikan-Nya, dan Sarah melahirkan anak yang dijanjikan, Ishak, pada waktu yang telah ditetapkan. Bagian Haftarah terambil dari 1 Samuel 1:1-2:10, yang berbicara tentang YHVH memberikan anak kepada Hana, yakni Samuel.


Ada yang menarik dari tahun Ibrani Pey Aleph (פא – 81) ini:


8 + 1 = 9 dan 9 x 9 = 81


Angka 9 adalah angka Kerajaan tentang menghasilkan buah. Dari mana angka ini berasal? Kita mengenal ada 9 buah Roh Kudus dalam Galatia 5:22. Perhatikan juga bahwa 5 + 2 + 2 = 9, dan Galatia adalah kitab ke-9 dalam Perjanjian Baru.


Angka 9 mewakili buah Roh Kudus: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, iman, kelemahlembutan, pengendalian diri. Dibutuhkan waktu 9 bulan bagi seorang wanita untuk melahirkan bayinya. Ini memberi makna bahwa ini adalah tahun di mana seorang bayi akan dilahirkan. Ayat ke-81 dari Torah juga berbicara mengenai kelahiran seorang anak:


Kej. 4:1 Dan manusia itu mengenal » Havvah, istrinya, dan dia mengandung, dan dia melahirkan » Qayin, dan dia berkata, “Aku memperoleh seorang laki-laki dengan » YHVH.”


Akan ada banyak orang yang mendapatkan “anak” dari Tuhan pada tahun ini. Hal-hal yang tersembunyi yang selama bertahun-tahun Anda harapkan, yang Anda berjerih payah di dalamnya, Tuhan akan menggenapi janji-Nya seperti kepada Sarah dan Hana dengan memberikan anak.


Tahun 5781 dimulai dengan banyak kesulitan, yang telah dimulai sejak tahun 5780 akibat pandemi Covid-19. Tema besar untuk tahun lalu (5780 – Pey) adalah Tahun Deklarasi Firman Tuhan dengan Mulut. Namun ironisnya adalah justru sejak tahun lalu mulut semua orang harus dibungkam dengan masker. Tapi Firman Elohim tidak berubah, dan apa yang Dia katakan tetaplah kebenaran. Apa yang Dia janjikan, akan Dia genapi.


Satu hal lagi yang perlu Anda perhatikan untuk tahun depan dalam kalender Gregorian, tahun 2021, yang masih tercakup dalam tahun Ibrani 5781.


21 adalah bilangan kegenapan: 7 + 7 + 7 = 21.


5781 juga adalah bilangan kegenapan: 5 + 7 + 8 + 1 = 21.


Konvergensi bilangan 777 ini memberi petunjuk sesuatu yang besar akan terjadi, manifestasi dari kehadiran Ilahi.


Jadilah Kehendak-Mu

Bacaan Torah untuk hari kedua Rosh Hashanah terambil dari Kejadian 22:1-24, tentang Aqedah Yitzhak, kisah tentang bagaimana Abraham diuji oleh Elohim untuk mengikat Ishak, putranya yang dia kasihi, dan mempersembahkannya sebagai kurban di atas Gunung Moriah. Bahkan, kemunculan pertama kata “kasih” (אָהַב ahav) dalam Kitab Suci ada di perikop ini (Kej. 22:2), merujuk kepada kasih bapa kepada putra tunggalnya yang dipersembahkan sebagai kurban di Moriah (tempat penyaliban Yeshua).


Di sisi yang lain, kisah ini juga berbicara tentang kerelaan hati Ishak untuk mati sebagai kurban di atas mezbah karena ketaatan kepada kehendak Elohim. Ishak menyerahkan segenap hidupnya, menanggalkan egonya di hadapan Tuhan.


Bukan kebetulan belaka, bahwa huruf Ibrani א aleph dalam tahun Pey Aleph (פא – 81), memberi pewahyuan tentang salib.


aleph



Huruf א aleph dibentuk dari 2 Yod (י), artinya lengan, yang satu terulur ke atas kepada Elohim, dan yang satu terulur ke bawah kepada manusia; dihubungkan oleh Vav (ו) miring yang artinya pasak atau paku yang memiliki nilai numerik 6 (mewakili bilangan manusia), gambaran salib dan pengurbanan Yesus, yang dalam keberadaan-Nya sebagai manusia telah mati demi kita, untuk memperdamaikan manusia dengan Elohim.


Tema salib akan muncul sepanjang tahun ini, memanggil para pengikut Yesus untuk tidak lagi hidup demi kepentingan dirinya sendiri, namun sama seperti Yesus dan Ishak, melepaskan ego pribadi, dan hidup untuk melakukan kehendak Bapa yang di surga. Seperti perkataan Yesus di taman Getsemani, “Ya Bapa, bukan kehendak-Ku, tetapi kehendak-Mu yang jadi.” Karena itu, sangkal dirimu, pikul salibmu, ikuti Yesus.


(Matt 10:38 [ILT2]) Dan siapa yang tidak memikul salibnya dan mengikut di belakang-Ku, ia tidaklah layak bagi-Ku.


Dalam perikop Kejadian 22:1-24 ini kita juga mendapati salah satu nama Elohim, יְהוָה יִרְאֶה Adonai Yir’eh muncul dalam bacaan ini (Kej. 22:14), memberikan janji bahwa Tuhan telah menyediakan bagi kita keselamatan di sepanjang tahun ini.

Komentar

Postingan Populer