YOM KIPPUR 5781

 *PELAJARAN TENTANG KEIMAMAN*

*PERSIAPAN HARI RAYA YOM KIPPUR*

*ARK OF CHRIST BANDUNG*

*KAMIS 24 SEPTEMBER 2020*

*PS YOHAN FEBRIAN*



Shalom


Mari Kita Lakukan Dengan Sebuah Pengertian.


*_Yom Kippur atau The Day Of Atonement_*


_Kenapa Kita Harus Merayakan Yom Kippur ?_


Tuhan Bergerak dalam Masa dan Waktu. Ada Dua Macam Waktu :


.*Chronos artinya Chronos mengacu pada "kronologi" atau "urutan waktu"*


*Kairos adalah Waktu Tuhan*

Kata Kairos berbicara tentang periode tertentu. Kalau waktu itu sudah lewat, tidak akan kembali lagi (Roma 5:6). Oleh sebab itu waktu kairos berbicara tentang kesempatan dan momentum yang ada di waktu waktu tertentu.


Galatia 6: 10 berkata, “Karena itu, selama masih ada kesempatan bagi kita, marilah kita berbuat baik kepada semua orang, tetapi terutama kepada kawan-kawan kita seiman”.  Artinya, kalau kesempatan tidak digunakan, maka waktu (kairos) akan hilang.


Kalau kita tidak cermat kita akan kehilangan kesempatan. Sebab itu kita harus memperhatikan waktu pintu terbuka dan waktu pintu tertutup. Alkitab berkata, “Apabila Ia (Yesus) membuka, tidak ada yang dapat menutup; apabila Ia menutup, tidak ada yang dapat membuka (Wahyu 3:7)”.


Ada waktunya Tuhan membuka pintu masuk bagi kita dalam sebuah kesempatan. Bilamana kita tidak masuk, pintu akan tertutup. Pintu itu bisa saja sebuah kesempatan baik yang datang mungkin cuma sekali saja. Jadi perhatikan kairos yang Tuhan berikan. Jadilah peka, bijaksana, berani mengambil keputusan namun tidak terburu-buru. Atau Anda akan menyesalinya!


Ini adalah Momen atau Kairos untuk kita mengambil banyak hal.


YOM KIPPUR adalah Hari Raya Pendamaian.


YOM KIPPUR : The Day Atonement


K-ph-r :


To Cover

To Appease

To Cleanse

To Make Atonement

To Reconsile

To Forgive

To Merciful

To Purge 

To Pacify


Pendamaian : Untuk Menenangkan Amarah.

Pendamaian : Menudungi, Menutupi, untuk membuang semua yang jelek.


*IMAMAT HARUN*


Imamat 23:27-32 (TB)  "Akan tetapi pada tanggal sepuluh bulan yang ketujuh itu ada hari Pendamaian; kamu harus mengadakan pertemuan kudus dan harus merendahkan diri dengan berpuasa dan mempersembahkan korban api-apian kepada TUHAN. 

Pada hari itu janganlah kamu melakukan sesuatu pekerjaan; itulah hari Pendamaian untuk mengadakan pendamaian bagimu di hadapan TUHAN, Allahmu. 

Karena setiap orang yang pada hari itu tidak merendahkan diri dengan berpuasa, haruslah dilenyapkan dari antara orang-orang sebangsanya.

Setiap orang yang melakukan sesuatu pekerjaan pada hari itu, orang itu akan Kubinasakan dari tengah-tengah bangsanya.

Janganlah kamu melakukan sesuatu pekerjaan; itulah suatu ketetapan untuk selama-lamanya bagimu turun-temurun di segala tempat kediamanmu.

Itu harus menjadi suatu sabat, hari perhentian penuh bagimu, dan kamu harus merendahkan diri dengan berpuasa. Mulai pada malam tanggal sembilan bulan itu, dari matahari terbenam sampai matahari terbenam, kamu harus merayakan sabatmu." 


Pendamaian sebenarnya sudah ada sejak Adam dan Hawa Jatuh Dalam Dosa.


Kejadian 3:21 (TB)  Dan TUHAN Allah membuat pakaian dari kulit binatang untuk manusia dan untuk isterinya itu, lalu mengenakannya kepada mereka.


YOM KIPPUR adalah Hari Raya Terpenting Bagi Bangsa Israel.


Dilakukan Pada Hari Ke 10 di bulan Tishri. Diawali dengan meniup Serunai di hari Pertama.


Pada Hari Raya Yom Kippur seluruh bangsa Merendahkan diri dengan berpuasa dan tidak melakukan pekerjaan apapun.


Korban Penghapus Dosa dan Korban Bakaran berupa binatang (lembu, domba, kambing) yang darahnya dibawa masuk ke Ruang Maha Kudus.


Mezbah dibangun ada Korban diletakkan dan Pendamaian Terjadi. Ini disebut juga Sabat nya Sabat.


*TATA CARA PENDAMAIAN*


Dilakukan oleh Imam Besar Setahun Sekali. Imam Kepala adalah seorang mantan Imam Besar.


Zakharia adalah salah satu Imam besar.


Tutup Pendamaian Bahasa Inggris *The Mercy's Seat atau Tahta Kasih Karunia*


Ada Dua KORBAN :


*KORBAN BAKARAN - DIPELATARAN*

*KORBAN UKUPAN - DIDEPAN TIRAI RUANG MAHA KUDUS*


Ada Dua Ekor Kambing : Yang Seekor disembelih dan yang lain dilepaskan, Sebelum dilepaskan oleh Imam ditumpangi tangan dan diucapkan semua dosa dan Kesalahan bangsa Israel. Kambing itu diikat dengan kain merah kemudian dilepaskan di Padang Gurun.


Tuhan Yesus adalah Imam Besar, Didalam Tubuh Maria ada Darah Suku Lewi, Yusuf ada darah Suku Yehuda. Tuhan Yesus disebut *The Royal Priesthood*


Ibrani 6:19 (TB)  Pengharapan itu adalah sauh yang kuat dan aman bagi jiwa kita, yang telah dilabuhkan sampai ke belakang tabir, 


Ibrani 9:11 (TB)  Tetapi Kristus telah datang sebagai Imam Besar untuk hal-hal yang baik yang akan datang: Ia telah melintasi kemah yang lebih besar dan yang lebih sempurna, yang bukan dibuat oleh tangan manusia, — artinya yang tidak termasuk ciptaan ini, — 


Ibrani 9:24-28 (TB)  Sebab Kristus bukan masuk ke dalam tempat kudus buatan tangan manusia yang hanya merupakan gambaran saja dari yang sebenarnya, tetapi ke dalam sorga sendiri untuk menghadap hadirat Allah guna kepentingan kita.

Dan Ia bukan masuk untuk berulang-ulang mempersembahkan diri-Nya sendiri, sebagaimana Imam Besar setiap tahun masuk ke dalam tempat kudus dengan darah yang bukan darahnya sendiri.

Sebab jika demikian Ia harus berulang-ulang menderita sejak dunia ini dijadikan. Tetapi sekarang Ia hanya satu kali saja menyatakan diri-Nya, pada zaman akhir untuk menghapuskan dosa oleh korban-Nya.

Dan sama seperti manusia ditetapkan untuk mati hanya satu kali saja, dan sesudah itu dihakimi, 

demikian pula Kristus hanya satu kali saja mengorbankan diri-Nya untuk menanggung dosa banyak orang. Sesudah itu Ia akan menyatakan diri-Nya sekali lagi tanpa menanggung dosa untuk menganugerahkan keselamatan kepada mereka, yang menantikan Dia.  


Tuhan Yesus mendamaikan kita dengan Tubuh dan DarahNya Sendiri.


Di Hari Yom Kippur ini kita harus benar-benar mengerti dan kita minta semua Karya Keselamatan Tuhan Yesus terjadi di dalam hidup kita.


Yesus adalah Anak Allah dan Korban Pendamaian yang Sempurna.


*TINDAKAN YANG DILAKUKAN*


*_Berkumpul Bersama di Bait Suci : Mendekatkan diri pada Tuhan, memuji dan menyembah._*

*Bertobat : Berbalik Dari Jalan-jalan yang jahat*

*_Berpuasa : Merendahkan diri, melakukan apa yang benar_*

*Mempersembahkan korban : Memperbaharui Komitmen dan Dedikasi*

*_Beristirahat : Masuk Ke dalam Hukum Kasih Karunia_*


Di Momen Yom Kippur ini adalah Kairos Tuhan untuk kita kembali ke Bible, Back To Basic : Relationship With God, Pujian Penyembahan.


*Point Penting : Jangan Sampai Kita Kehilangan Tuhan*


Jangan sampai kita kehilangan Tuhan ditengah-tengah pelayanan kita.


Saat ini Tuhan Yesus sedang berada di Ladang, jangan sampai kita kehilangan Tuhan.


Jangan sampai kita kehilangan Dasar Konstruksi yang benar.


Ini Waktunya Pertobatan.


Yesaya 58:1-11 (TB)  Serukanlah kuat-kuat, janganlah tahan-tahan! Nyaringkanlah suaramu bagaikan sangkakala, beritahukanlah kepada umat-Ku pelanggaran mereka dan kepada kaum keturunan Yakub dosa mereka! 

Memang setiap hari mereka mencari Aku dan suka untuk mengenal segala jalan-Ku. Seperti bangsa yang melakukan yang benar dan yang tidak meninggalkan hukum Allahnya mereka menanyakan Aku tentang hukum-hukum yang benar, mereka suka mendekat menghadap Allah, tanyanya: 

"Mengapa kami berpuasa dan Engkau tidak memperhatikannya juga? Mengapa kami merendahkan diri dan Engkau tidak mengindahkannya juga?" Sesungguhnya, pada hari puasamu engkau masih tetap mengurus urusanmu, dan kamu mendesak-desak semua buruhmu. 

Sesungguhnya, kamu berpuasa sambil berbantah dan berkelahi serta memukul dengan tinju dengan tidak semena-mena. Dengan caramu berpuasa seperti sekarang ini suaramu tidak akan didengar di tempat tinggi. 

Sungguh-sungguh inikah berpuasa yang Kukehendaki, dan mengadakan hari merendahkan diri, jika engkau menundukkan kepala seperti gelagah dan membentangkan kain karung dan abu sebagai lapik tidur? Sungguh-sungguh itukah yang kausebutkan berpuasa, mengadakan hari yang berkenan pada TUHAN? 

Bukan! Berpuasa yang Kukehendaki, ialah supaya engkau membuka belenggu-belenggu kelaliman, dan melepaskan tali-tali kuk, supaya engkau memerdekakan orang yang teraniaya dan mematahkan setiap kuk, 

supaya engkau memecah-mecah rotimu bagi orang yang lapar dan membawa ke rumahmu orang miskin yang tak punya rumah, dan apabila engkau melihat orang telanjang, supaya engkau memberi dia pakaian dan tidak menyembunyikan diri terhadap saudaramu sendiri! 

Pada waktu itulah terangmu akan merekah seperti fajar dan lukamu akan pulih dengan segera; kebenaran menjadi barisan depanmu dan kemuliaan TUHAN barisan belakangmu. 

Pada waktu itulah engkau akan memanggil dan TUHAN akan menjawab, engkau akan berteriak minta tolong dan Ia akan berkata: Ini Aku! Apabila engkau tidak lagi mengenakan kuk kepada sesamamu dan tidak lagi menunjuk-nunjuk orang dengan jari dan memfitnah, 

apabila engkau menyerahkan kepada orang lapar apa yang kauinginkan sendiri dan memuaskan hati orang yang tertindas maka terangmu akan terbit dalam gelap dan kegelapanmu akan seperti rembang tengah hari. 

TUHAN akan menuntun engkau senantiasa dan akan memuaskan hatimu di tanah yang kering, dan akan membaharui kekuatanmu; engkau akan seperti taman yang diairi dengan baik dan seperti mata air yang tidak pernah mengecewakan. 


Korban Syukur adalah *Pengucapan syukur dinaikkan, ada sesuatu yang dikorbankan*


*THE ESSENTIALS OF YOM KIPPUR*


The Heart Of God : No Harrier between us and God - The Tabernacle Of David.


Mikha 6:8 : Justice, Mercy, Walk Humbly With God : John 15


Love : Api Mezbah, Api Cinta Tuhan


Kejujuran dan Kesederhanaan


Bukan Perbuatan Kita Tapi Tuhan yang lakukan - Yeremia 31:34


*HATI YANG BARU*


Yehezkiel 36:25-27 (TB)  Aku akan mencurahkan kepadamu air jernih, yang akan mentahirkan kamu; dari segala kenajisanmu dan dari semua berhala-berhalamu Aku akan mentahirkan kamu.

Kamu akan Kuberikan hati yang baru, dan roh yang baru di dalam batinmu dan Aku akan menjauhkan dari tubuhmu hati yang keras dan Kuberikan kepadamu hati yang taat. 

Roh-Ku akan Kuberikan diam di dalam batinmu dan Aku akan membuat kamu hidup menurut segala ketetapan-Ku dan tetap berpegang pada peraturan-peraturan-Ku dan melakukannya.


*TINGGAL DI DALAM TUHAN*


Yohanes 15:4 (TB)  Tinggallah di dalam Aku dan Aku di dalam kamu. Sama seperti ranting tidak dapat berbuah dari dirinya sendiri, kalau ia tidak tinggal pada pokok anggur, demikian juga kamu tidak berbuah, jikalau kamu tidak tinggal di dalam Aku.


*LENAN PUTIH*


Wahyu 19:8 (TB)  Dan kepadanya dikaruniakan supaya memakai kain lenan halus yang berkilau-kilauan dan yang putih bersih!" [Lenan halus itu adalah perbuatan-perbuatan yang benar dari orang-orang kudus.] 


Pada Saat Yom Kippur kita harus Menyembah dalam Roh dan Kebenaran.


Gali Sumur Keintiman dan Kedalaman dengan Tuhan..


*Key Yom Kippur : Kerendahan Hati*


Amin


Ditulis oleh Joshua Ivan Sudrajat



Komentar

Postingan Populer