GADA DAN TONGKAT

GADA DAN TONGKAT





Shalom
Sahabat Joshua Ivan Sudrajat Sore ini Roh Kudus Mengajarkan Kepada saya tentang GADA DAN TONGKAT

Mazmur 23:4 (TB)  Sekalipun aku berjalan dalam lembah kekelaman, aku tidak takut bahaya, sebab Engkau besertaku; gada-Mu dan tongkat-Mu, itulah yang menghibur aku.

KJV, Yea, though I walk through the valley of the shadow of death, I will fear no evil: for thou art with me; thy rod and thy staff they comfort me.

Sahabat Joshua Ivan Sudrajat "Tongkat", Ibrani: שֵׁבֶט - SHEVET, diterjemahkan "gada" adalah jenis tongkat dimana dengan alat ini sang gembala memberikan pukulan lembut untuk menggiring domba saat mereka memasuki tempat-tempat yang dituju atau ke kandangnya. Sedangkan מַשְׁעֵנָה - MIS'ENAH adalah sebuah tongkat yang dipakai gembala ketika membawa kawanan domba-dombanya berjalan menuju padang rumput, tempat-tempat penggembalaan.

Tongkat, (Ibrani, שֵׁבֶט - SHEVET atau SHEBET, מַטֶּה - MATEH, מַשְׁעֵנָה - MISYENAH; Yunani ραβδος - RHABDOS).

Tongkat secara harfiah adalah sepotong batang yg dibawa atau digunakan oleh seseorang yg bepergian, gembala dan orang-orang tua (Kejadian 32:10; Mazmur 23:4; Zakharia 8:4). Tongkat digunakan juga oleh tukang sihir dan peramal (Keluaran 7:12; Hosea 4:12). Secara metaforis tongkat melambangkan kekuasaan, baik manusiawi (ump Kejadian 49:10; Hakim 5:14) maupun ilahi (ump tongkat Harun yg bersemi, Bilangan 17).

FUNGSI GADA ATAU TONGKAT

Gada/ tongkat besi, secara khusus diberi keterangan "besi" sebagai lambang kekuatan Allah :

Wahyu 19:15
LAI TB, Dan dari mulut-Nya keluarlah sebilah pedang tajam yang akan memukul segala bangsa. Dan Ia akan menggembalakan mereka dengan gada (RHABDOS) besi (SIDÊROUS) dan Ia akan memeras anggur dalam kilangan anggur, yaitu kegeraman murka Allah, Yang Mahakuasa.
KJV, And out of his mouth goeth a sharp sword, that with it he should smite the nations: and he shall rule them with a rod of iron: and he treadeth the winepress of the fierceness and wrath of Almighty God.

Yesaya 14:5
LAI TB, TUHAN telah mematahkan tongkat (MATEH) orang-orang fasik, gada (SHEVET) orang-orang yang memerintah,
KJV, The LORD hath broken the staff of the wicked, and the sceptre of the rulers.

"Gada" dan "tongkat" dalam Mazmur 23:4 adalah lambang kemurahan Allah:

* Mazmur 23:4
LAI TB, Sekalipun aku berjalan dalam lembah kekelaman, aku tidak takut bahaya, sebab Engkau besertaku; gada (SHEVET) -Mu dan tongkat (MISYENAH)-Mu, itulah yang menghibur aku.
KJV, Yea, though I walk through the valley of the shadow of death, I will fear no evil: for thou art with me; thy rod and thy staff they comfort me.

"Gada" (tongkat besi) adalah senjata pertahanan atau disiplin, Gada melambangkan kekuatan, kuasa, dan wibawa Allah (Ayub 9:34). Tongkat (tongkat dari kayu/ ranting pohon yang ramping panjang yang salah satu ujungnya melengkung yang biasa dibawa para gembala), tongkat ini dipakai untuk mendekatkan domba-domba dengan gembalanya, menuntunnya pada jalan yang benar atau menyelamatkannya dari kesulitan. Gada dalam ayat ini menunjukkan suatu jaminan bahwa Allah menjamin umatnya dalam kasih dengan kekuatanNya yang menghalau bahaya dan Tongkat adalah lambang dari bimbingan Allah dalam kehidupan kita (bandingkan Mazmur 71:21; 86:17).

SENJATA: GADA PERANG, TONGKAT SENJATA:

"Gada perang" (Ibrani: מֵפִיץ - MEFITS) tampaknya adalah gada atau tongkat yang berat, kadang-kadang dilengkapi potongan-potongan logam:

* Amsal 25:18
LAI TB, Orang yang bersaksi dusta terhadap sesamanya adalah seperti gada (MEFITS), atau pedang, atau panah yang tajam.
KJV, A man that beareth false witness against his neighbour is a maul (MEFITS), and a sword, and a sharp arrow.

Gada atau tongkat adalah alat pemukul, alat penghukuman umum, di mana orang yang dihukum biasanya dipasung (Ayub. 13:27) dan kadang-kadang dibelenggu (Kisah 16:24, 26), yang sangat menyakitkan.

"Tongkat Pemukul/ Tongkat senjata" (Ibrani: יָד - YAD, harfiah: tangan) adalah tongkat kayu, mungkin juga dilengkapi dengan ujung logam yang digunakan sebagai senjata

* Yehezkiel 39:9
LAI TB, Dan yang diam di kota-kota Israel akan keluar dan menyalakan api serta membakar semua perlengkapan senjata Gog, yaitu perisai kecil dan besar, busur dan panah, tongkat pemukul (YAD) dan tombak, dan mereka membakarnya selama tujuh tahun.
KJV, And they that dwell in the cities of Israel shall go forth, and shall set on fire and burn the weapons, both the shields and the bucklers, the bows and the arrows, and the handstaves (YAD), and the spears, and they shall burn them with fire seven years:

Tuhan Memberikan Kepada Kita Tongkat Untuk Sepanjang Tahun ini: Pasukan Terdahsyat Tuhan Yesus ada yang mendapatkan Tongkat Musa, Tongkat Elia, Tongkat Harun, Tongkat Yakub, Tongkat Elisa, Tongkat Joshua dan masih banyak lagi

Mari Kita Pergunakan Tongkat Yang Tuhan Berikan di dalam hidup kita

Tuhan Yesus memberkati

Jatiwangi 25 Januari 2023
Only By His Grace
Joshua Ivan Sudrajat

Komentar

Postingan Populer