PENYERTAAN TUHAN

PENYERTAAN TUHAN 

KEMAH DAUD MINISTRIES

GKKD YOGYAKARTA

MINGGU 15 OKTOBER 2023

PS NANY SUSANTY SH







Shalom


Hari ini saya berbicara Tentang PENYERTAAN TUHAN


Pada saat saya berdoa saya mendapatkan Penyertaan Tuhan, Penyertaan Tuhan itu sangat penting dalam hidup kita melewati musim-musim Kehidupan kita


Dasar Hidup Kita adalah Perjanjian. 


JANJI TUHAN 


Yohanes 14:6 (TB)  Kata Yesus kepadanya: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorang pun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.


Suatu Waktu Saya Mendapatkan Pesan Tuhan Sekitar Jam Satu Pagi Tentang FINANCIAL FREEDOM


Padahal saya tidak pernah berpikir mengenai Finansial Freedom


Definisi Finansial Freedom: Financial freedom atau kebebasan finansial adalah keadaan ketika seorang individu telah mencapai kemapanan dalam kondisi keuangannya. Ketika individu tersebut sudah bisa mencapai kebebasan finansial, kekhawatiran dalam memenuhi kebutuhan hidupnya akan berkurang. Ia tidak akan kekurangan uang untuk membeli apa pun yang dibutuhkan, bahkan yang diinginkan.


Pada saat saya mendapatkan Pernyataan itu saya mikir. Finansial freedom itu Janji Tuhan


Saya masih mendengar berita Kenapa Tuhan memberikan Janji Finansial Freedom pada kenyataannya kita menghadapi berbeda dengan Janji Tuhan


Hidup kita karena Pengharapan Hidup Kita Karena Janji Tuhan


Bagaimana Cara untuk Merealisasikan Janji Tuhan Finansial Freedom ?


Kenyataan sering kali berbeda dengan Janji Tuhan


Contoh Yusuf


Yusuf mendapatkan Janji Tuhan 


Kejadian 37:7, 9 (TB)  Tampak kita sedang di ladang mengikat berkas-berkas gandum, lalu bangkitlah berkasku dan tegak berdiri; kemudian datanglah berkas-berkas kamu sekalian mengelilingi dan sujud menyembah kepada berkasku itu."

Lalu ia memimpikan pula mimpi yang lain, yang diceritakannya kepada saudara-saudaranya. Katanya: "Aku bermimpi pula: Tampak matahari, bulan dan sebelas bintang sujud menyembah kepadaku."


Kenyataannya Yusuf dimasukkan ke dalam Sumur di Jual sebagai budak.


Jalannya berbeda dengan Janji Tuhan


Sering kali ketika kita menghadapi kenyataan yang berbeda sehingga kita Tidak Percaya Terhadap Janji Tuhan


Contoh Daud Jadi Raja


1 Samuel 16:11-13 (TB)  Lalu Samuel berkata kepada Isai: "Inikah anakmu semuanya?" Jawabnya: "Masih tinggal yang bungsu, tetapi sedang menggembalakan kambing domba." Kata Samuel kepada Isai: "Suruhlah memanggil dia, sebab kita tidak akan duduk makan, sebelum ia datang ke mari." 

Kemudian disuruhnyalah menjemput dia. Ia kemerah-merahan, matanya indah dan parasnya elok. Lalu TUHAN berfirman: "Bangkitlah, urapilah dia, sebab inilah dia." 

Samuel mengambil tabung tanduk yang berisi minyak itu dan mengurapi Daud di tengah-tengah saudara-saudaranya. Sejak hari itu dan seterusnya berkuasalah Roh TUHAN atas Daud. Lalu berangkatlah Samuel menuju Rama. 


Kenyataannya Daud dikejar-kejar setelah ia diurapi jadi Raja.


Ketika kita menghadapi kenyataan dalam menjalani dan menunggu Janji Tuhan Hadapi dengan Santai Sadar Bahwa Penyertaan Tuhan


BELAJAR DARI YAKUB


Kejadian 25:21-24 (TB)  Berdoalah Ishak kepada TUHAN untuk isterinya, sebab isterinya itu mandul; TUHAN mengabulkan doanya, sehingga Ribka, isterinya itu, mengandung. 

Tetapi anak-anaknya bertolak-tolakan di dalam rahimnya dan ia berkata: "Jika demikian halnya, mengapa aku hidup?" Dan ia pergi meminta petunjuk kepada TUHAN. 

Firman TUHAN kepadanya: "Dua bangsa ada dalam kandunganmu, dan dua suku bangsa akan berpencar dari dalam rahimmu; suku bangsa yang satu akan lebih kuat dari yang lain, dan anak yang tua akan menjadi hamba kepada anak yang muda."  

Setelah genap harinya untuk bersalin, memang anak kembar yang di dalam kandungannya. 


Yakub sejak dalam Kandungan sudah ditetapkan oleh Tuhan


JANJI TUHAN UNTUK YAKUB


Kejadian 27:28 (TB)  Allah akan memberikan kepadamu embun yang dari langit dan tanah-tanah gemuk di bumi dan gandum serta anggur berlimpah-limpah. 


Memberikan Embun dari Langit

Tanah-tanah Gemuk dibumi

Gandum dan Anggur Berlimpah-limpah.


Kejadian 27:29 (TB)  Bangsa-bangsa akan takluk kepadamu, dan suku-suku bangsa akan sujud kepadamu; jadilah tuan atas saudara-saudaramu, dan anak-anak ibumu akan sujud kepadamu. Siapa yang mengutuk engkau, terkutuklah ia, dan siapa yang memberkati engkau, diberkatilah ia." 


Yakub menghadapi Fakta


Kejadian 27:41-43 (TB)  Esau menaruh dendam kepada Yakub karena berkat yang telah diberikan oleh ayahnya kepadanya, lalu ia berkata kepada dirinya sendiri: "Hari-hari berkabung karena kematian ayahku itu tidak akan lama lagi; pada waktu itulah Yakub, adikku, akan kubunuh." 

Ketika diberitahukan perkataan Esau, anak sulungnya itu kepada Ribka, maka disuruhnyalah memanggil Yakub, anak bungsunya, lalu berkata kepadanya: "Esau, kakakmu, bermaksud membalas dendam membunuh engkau.

Jadi sekarang, anakku, dengarkanlah perkataanku, bersiaplah engkau dan larilah kepada Laban, saudaraku, ke Haran,


Pada Waktu itu Pak Yusak Tjipto selesai dari Ikatan Dinas di Irian Jaya lalu ditawarkan oleh Dinas Ke Kota Jakarta Singapura lalu Pak Yusak Tjipto berdoa dan ia memilih Bandung sesuai dengan Tuhan firman kan 


Lalu Pak Yusak Tjipto menghadapi hal-hal yang tidak mudah Jika Bukan Penyertaan Tuhan, di Bandung mengalami hidup minim 


Bu Yusak dalam menghadapi hidup dia bisa menyikapi dan bisa menyajikan masakan yang dari bahan sederhana bisa jadi makanan yang menarik yang disukai oleh anak-anak


Ujungnya Anak-anak Diberkati Tuhan dan Cucu-cucu Diberkati Tuhan Itu Bukti Penyertaan Tuhan dalam hidup Pak YUSAK TJIPTO


Yuk Jalani dan Jangan Takut


HIDUP KARENA JANJI TUHAN


Kejadian 25:23 (TB)  Firman TUHAN kepadanya: "Dua bangsa ada dalam kandunganmu, dan dua suku bangsa akan berpencar dari dalam rahimmu; suku bangsa yang satu akan lebih kuat dari yang lain, dan anak yang tua akan menjadi hamba kepada anak yang muda."  


Yesaya 26:3-4 (TB)  Yang hatinya teguh Kaujagai dengan damai sejahtera, sebab kepada-Mulah ia percaya. 

Percayalah kepada TUHAN selama-lamanya, sebab TUHAN ALLAH adalah gunung batu yang kekal. 


JANGAN CEPAT HILANG DAMAI SEJAHTERA


Dalam Menghadapi Hal Yang Tidak Enak Jangan sampai Damai Sejahtera hilang 


Menjaga Damai Sejahtera itu tidak mudah


Tahun 2005 mau Pesta Rohani acara mulai Jam 8.00 orang-orang sudah berdatangan sejak jam 12.00, Saya mendapatkan telepon dari Gratia bahwa sudah sangat penuh sekali saya kehilangan Damai Sejahtera Saya naik ke atas, saya Doa di Altar tapi tidak bisa konsentrasi karena kehilangan Damai Sejahtera Saya tidak bisa Berpikir saya turun ke bawah tidak memakai sepatu saya mulai emosi, cari kunci cadangan, pintu baru dibuka pintu kaca pecah dan kena kaki saya jari kaki putus Puji Tuhan jari bisa di jahit dan Mukjizat terjadi


JAGA DAMAI SEJAHTERA Hati kita mudah hilang Damai Sejahtera


Mata melihat yang Tuhan mau Telinga Mendengar yang Tuhan mau kita dengar


Kita Pegang Gunung Batu Yang Kokoh Belajar Untuk Memegang Teguh


Mazmur 105:8-10 (TB)  Ia ingat untuk selama-lamanya akan perjanjian-Nya, firman yang diperintahkan-Nya kepada seribu angkatan, 

yang diikat-Nya dengan Abraham, dan akan sumpah-Nya kepada Ishak; 

diadakan-Nya hal itu menjadi ketetapan bagi Yakub, menjadi perjanjian kekal bagi Israel, 


JANJI TUHAN UNTUK SELAMA-LAMANYA TERMASUK JANJI FINANSIAL FREEDOM


PERJANJIAN TUHAN DIIKAT DENGAN ABRAHAM 


Perjanjian Tuhan diulangi kepada Ishak diikat Sumpah Menjadi Ketetapan Bagi Ydkub menjadi Perjanjian Kekal Bagi Israel


Hidup Kekristenan Karena Perjanjian 


Mazmur 105:11 (TB)  firman-Nya: "Kepadamu akan Kuberikan tanah Kanaan, sebagai milik pusaka yang ditentukan bagimu." 


Kita adalah Keturunan Rohani dari Abraham


Pegang Semua Perjanjian Tuhan


TONGKAT


Yakub Pergi Hanya Membawa Tongkat


Tongkat Lambang Otoritas Belajar Mendeklarasikan Dengan Iman


Kejadian 32:10 (TB)  sekali-kali aku tidak layak untuk menerima segala kasih dan kesetiaan yang Engkau tunjukkan kepada hamba-Mu ini, sebab aku membawa hanya tongkatku ini waktu aku menyeberangi sungai Yordan ini, tetapi sekarang telah menjadi dua pasukan. 


PENYERTAAN TUHAN Sangat Sempurna atas hidup Yakub 


SAMPAI DI HARAN


Haran adalah Tempat Pemrosesan Untuk Janji Tuhan 


Kejadian 28:10-11 (TB)  Maka Yakub berangkat dari Bersyeba dan pergi ke Haran. 

Ia sampai di suatu tempat, dan bermalam di situ, karena matahari telah terbenam. Ia mengambil sebuah batu yang terletak di tempat itu dan dipakainya sebagai alas kepala, lalu membaringkan dirinya di tempat itu. 


Yakub mengalami pengikisan berkali-kali


Kejadian 31:7 (TB)  Tetapi ayahmu telah berlaku curang kepadaku dan telah sepuluh kali mengubah upahku, tetapi Allah tidak membiarkan dia berbuat jahat kepadaku.


Yakub dicurangi Laban berkali-kali namun Penyertaan Tuhan atas hidup Yakub


YAKUB TETAP ADA DALAM PENYERTAAN TUHAN 


Kita Harus Menang Dalam Proses Tuhan walaupun tidak mudah 


Saat kita mengalami Proses Tuhan itu tidak enak.


Saat ini jika mengalami Proses Tuhan jalani saja sampai Waktunya Pembalikan Keadaan

Terjadi di dalam hidup kita


Finansial freedom itu hal mudah bagi Tuhan Tuhan tunggu sampai kita siap jadi BENDAHARA-BENDAHARA TUHAN kita diberkati untuk menjadi Berkat


PNIEL


Kejadian 32:30 (TB)  Yakub menamai tempat itu Pniel, sebab katanya: "Aku telah melihat Allah berhadapan muka, tetapi nyawaku tertolong!"


Tempat Yakub Melihat Tuhan

Tempat Tuhan Ubahkan Yakub dari penipu menjadi Pahlawan 


Ditulis oleh Joshua Ivan Sudrajat

Komentar

Postingan Populer