SUKKOT 5784 HADASSAH GLORIA PURNOMO

SUKKOT 5784

EV HADASSAH GLORIA PURNOMO



Shalom 

Saya Dipanggil Tuhan sejak umur 17 tahun. Pergi ke gereja tidak menggaransi kenal dengan Tuhan. Bersyukur punya orang tua yang bawa ke gereja tiap minggu. Saat Umur 9 tahun mengalami perjumpaan dengan Tuhan dan jatuh cinta dengan Tuhan. Segala macam pelayanan dicoba oleh saya saya melayani Tuhan mulai dari Usher, singer, penari , tukang parkir , guru sekolah Minggu .


Sudah 7 tahun papa dipanggil Tuhan , itulah awal pelayanan saya. Yang dulu sering kabur dari pelayanan . Apakah menyesal ? Tidak , melihat penyertaan Tuhan di dalam hidup saya .


Dampingi generasi muda yang ada untuk setia dalam panggilan Tuhan .

Dunia akan semakin jahat. Saat ini Anak SD tahu free sex dan LGBT ada dimana-mana dan banyak yang menormalkan akan dosa .


Bangkitkan generasi yang bawa lawatan dan memenangkan teman temannya untuk membawa jiwa .


Keluaran 40:34-38 (TB)  Lalu awan itu menutupi Kemah Pertemuan, dan kemuliaan TUHAN memenuhi Kemah Suci, 

sehingga Musa tidak dapat memasuki Kemah Pertemuan, sebab awan itu hinggap di atas kemah itu, dan kemuliaan TUHAN memenuhi Kemah Suci. 

Apabila awan itu naik dari atas Kemah Suci, berangkatlah orang Israel dari setiap tempat mereka berkemah. 

Tetapi jika awan itu tidak naik, maka mereka pun tidak berangkat sampai hari awan itu naik. 

Sebab awan TUHAN itu ada di atas Kemah Suci pada siang hari, dan pada malam hari ada api di dalamnya, di depan mata seluruh umat Israel pada setiap tempat mereka berkemah.


Kel 40 :34-38 

Sukkot 

Ada peperangan di Israel baru-baru ini. peperangan harus berhenti dan ada Shalom Tuhan di Israel  ada Shalom Tuhan ada di dunia ini .


Sukkot , Tuhan mengeluarkan bangsa Israel dari Mesir .

Orang Yahudi percaya ada pondok daun dimana ada kemuliaan Tuhan menaungi dan menudungi mereka .


Awan kemuliaan menutupi akan bangsa Israel ,akan kemah .

Selama satu depan akan melihat penyertaan Tuhan nyata dalam hidup kita seperti tiang awan . Waktu melewati laut muncul . Musa dan bangsa israel melewati laut . Sering kita lewat film. Ada yang Miss jika versi film .


Keluaran 14:15-25 (TB)  Berfirmanlah TUHAN kepada Musa: "Mengapakah engkau berseru-seru demikian kepada-Ku? Katakanlah kepada orang Israel, supaya mereka berangkat.

Dan engkau, angkatlah tongkatmu dan ulurkanlah tanganmu ke atas laut dan belahlah airnya, sehingga orang Israel akan berjalan dari tengah-tengah laut di tempat kering.

Tetapi sungguh Aku akan mengeraskan hati orang Mesir, sehingga mereka menyusul orang Israel, dan terhadap Firaun dan seluruh pasukannya, keretanya dan orangnya yang berkuda, Aku akan menyatakan kemuliaan-Ku.

Maka orang Mesir akan mengetahui, bahwa Akulah TUHAN, apabila Aku memperlihatkan kemuliaan-Ku terhadap Firaun, keretanya dan orangnya yang berkuda." 

Kemudian bergeraklah Malaikat Allah, yang tadinya berjalan di depan tentara Israel, lalu berjalan di belakang mereka; dan tiang awan itu bergerak dari depan mereka, lalu berdiri di belakang mereka.

Demikianlah tiang itu berdiri di antara tentara orang Mesir dan tentara orang Israel; dan oleh karena awan itu menimbulkan kegelapan, maka malam itu lewat, sehingga yang satu tidak dapat mendekati yang lain, semalam-malaman itu. 

Lalu Musa mengulurkan tangannya ke atas laut, dan semalam-malaman itu TUHAN menguakkan air laut dengan perantaraan angin timur yang keras, membuat laut itu menjadi tanah kering; maka terbelahlah air itu.

Demikianlah orang Israel berjalan dari tengah-tengah laut di tempat kering; sedang di kiri dan di kanan mereka air itu sebagai tembok bagi mereka. 

Orang Mesir mengejar dan menyusul mereka — segala kuda Firaun, keretanya dan orangnya yang berkuda — sampai ke tengah-tengah laut.

Dan pada waktu jaga pagi, TUHAN yang di dalam tiang api dan awan itu memandang kepada tentara orang Mesir, lalu dikacaukan-Nya tentara orang Mesir itu.

Ia membuat roda keretanya berjalan miring dan maju dengan berat, sehingga orang Mesir berkata: "Marilah kita lari meninggalkan orang Israel, sebab TUHANlah yang berperang untuk mereka melawan Mesir." 


Kel 14:15-25 

Tuhan sengaja membuat hati orang Mesir dan Fir'aun menjadi keras ..sering kita berpikir dengan penyertaan Tuhan akan mulus tapi kenyataan sering buat mules .

Keliatan hal mengerikan kok Tuhan jahat , tega . Sengaja mengeraskan hati orang Mesir dan Fir'aun . Semua itu bagian dari master plan Tuhan untuk bangsa Israel . 

Segala sesuatu yang kelihatan buruk mendatangkan kebaikan . Sekalipun kelihatan tega dan jahat tapi itu adalah bagian rencana Ilahi dalam hidup kita . Tuhan tidak pernah jahat . God is love . Tuhan adalah kasih.


Jika kita berhenti jadi Tuhan akan berhenti mengasihi kita dan sebenarnya Tuhan tidak pernah berhenti mengasihi kita.


Waktu papa saya kembali ke Surga tidak mengerti. Setelah berlalu, ada bagian rencana Tuhan dalam hidupnya . Tidak bisa melayani seperti sekarang . Tidak ngerti beriman ,punya hubungan dengan Tuhan . Tidak ngerti dunia sejahat ini , tidak ngerti politik gereja . Tidak ngerti dipercayai dan dipercaya. Jika terus di bawah ketek papa nya .

Mau Ndak mau berurusan dengan Tuhan .


Tidak punya uang berlutut kepada Tuhan . Mendewasakan punya iman , Tuhan adalah jehova Jireh . Papa yang buka jalan tapi sekarang tahu Tuhan yang buka jalan saat tidak ada jalan .


Ruth hidupnya adalah bagian dari rekayasa Tuhan .

Ditinggal di RS hampir sebulan . Neneknya tidak bisa terima anak ini . Kondisi kesehatan tidak baik ,jantung neneknya Ruth hanya 17 persen berfungsi, 4 bulan kemudian meninggal.


Akhirnya Ruth menjadi bagian dari keluarga Sasha . Dari kecil diajak pelayanan . Nari buat Tuhan . Nyembah Tuhan .

Dimasukkan hadirat Tuhan , hidupnya dibawa Tuhan luar biasa ajaib . Berkat khusus .


Pelayanan ke pulau Palau harus terbang ke Taiwan dulu . Taiwan ke Palau mahal sekali . Tiket Ruth lunas duluan daripada sasha. Untuk  Keperluan dan Kebutuhan Ruth Sasha Tidak keluar uang untuk beli susu dan Pampers . 


Matius 1:5 (TB)  Salmon memperanakkan Boas dari Rahab, Boas memperanakkan Obed dari Rut, Obed memperanakkan Isai, 


Ruth perempuan Moab yang tidak boleh masuk silsilah Yesus tapi hari itu dicangkokkan dalam silsilah Yesus. Nikah dengan keturunan Yesus, Boas . Apa yang terjadi di masa lalumu Tuhan sediakan masa depan yang indah .


Kelihatan menderita , sial tapi Tuhan punya master plan dalam hidupmu sama seperti Ayub yang tidak mengerti ujung hidupnya . Yusuf juga . Kita tidak tahu apa yang terjadi di masa depan . Ke Utara ke timur barat dan selatan tidak temukan Tuhan tapi Dia Tuhan yang tahu jalan hidupku .


Memilih percaya kepada Tuhan sekali lagi .

Mari memilih berpegang teguh kepada janjiNya . Fokus kepada Tuhan .


Hati bangsa Mesir dan Fir'aun menjadi keras supaya bisa dilibas . Mari percaya kepada penyertaan yang sempurna .


Yatim janda berseru ke Tuhan , Bapa di surga .semua boleh berseru sebagai anak .

Yang kita pikir berhikmat bagi dunia itu bodoh bagi Tuhan .


Semua blessing ,kesempatan yang jadi jatah kita tidak akan kemana .

Tuhan kita Tuhan yang kreatif bisa memberkati dengan cara yang tidak dipikirkan .


Ucapan syukur yang meluap dari hatimu .

5 roti dan 2 ikan , Yesus menerima dan mengucap syukur dan memecah mecahkannya .


Yang sisa 12 bakul adalah roti . Yang tidak cukup menjadi cukup bahkan berlebih setelah memberkati banyak orang .


Tempat shelter , Harvest untuk orang mandi , tidur ,makan ,dapat pakaian gratis ,les gratis sudah  800 anak . Nolong anak putus sekolah dan tidak punya dokumen KK akte lahir .


Sama seperti Aku menyertai hambaKu Musa , Aku akan menyertai engkau .

Ada ibu ibu yang datang yang ngerti PKBM , muka galak ,takut , besok senyum dikasih tahu semua dalam waktu 6 bulan ijin keluar . Tidak dipersulit . Yang 8 tahun belum keluar .


Ada suara 2 x untuk menolong sampai selesai .

KuasaNya tidak bisa disembunyikan .

Penyertaan Tuhan harus menunggu ,mules tapi mendapatkan kebaikan pada ujungnya.


Ditulis oleh Eliani Wijaya

Komentar

Postingan Populer