THOUGH YET THENDER HEART

RETREAT TACTIC 2024

KAMIS 4 JANUARI 2024

SESSION 4

THOUGH YET THENDER HEART

EV IRENE TEDJO




TANGGUH TAPI LEMAH LEMBUT


ELISA ITU PENDOA PENOPANG PENDUKUNG PEMBAWA SENJATA PEWARIS


Panggilan Elisa tidak dibatasi oleh usia Elia berbicara tentang Pemimpin


Apa Itu Tangguh Tapi Lemah Lembut ?


RESILIENSI kemampuan Individu untuk kembali ke posisi semula


Resiliensi adalah kemampuan untuk bangkit dan pulih ketika segala sesuatunya tidak berjalan sesuai harapan, apakah ketidakberhasilan tersebut dihasilkan dari perencanaan yang tidak efisien atau situasi di luar kendali kita.


Arti Tangguh sendiri memiliki dua dimensi secara keseluruhan, yang pertama adalah Tangguh sebagai kata yang utuh merupakan kata yang mewakili kekuatan, kenadalan, kuat dalam pendirian atau berintegritas, dan tabah atau tahan


Ciri-ciri orang yang memiliki Resilensi adalah Ulet


KUNCI MENJADI MANUSIA TANGGUH


Tanya Tuhan dan Mengandalkan Kekuatan Tuhan.


Dasar Kekuatan Menjadi Tangguh : Berjalan Bersama Tuhan


Harus Mengalami Ujian Demi Ujian


Ke depan Elisa Jangan Komplain dan Ngomel 


Matius 11:28-30 (TB)  Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu.

Pikullah kuk yang Kupasang dan belajarlah pada-Ku, karena Aku lemah lembut dan rendah hati dan jiwamu akan mendapat ketenangan.

Sebab kuk yang Kupasang itu enak dan beban-Ku pun ringan."


Elisa harus Rendah hati


Dasar Menjadi Tangguh Mempunyai CintaNya Tuhan.


Kalau kita mempunyai CintaNya Tuhan ketika kita melewati proses dan ujian kita menjadi kuat.


Kalau kita tawar hati maka kita akan lemah tidak kuat ketika menghadapi ujian proses 


Seorang Elisa harus Bergaul Karib Dengan Tuhan


Yohanes 1:1 (TB)  Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah. 


Seorang Elisa Harus INTIM DENGAN TUHAN


AIR TERJUN KASIH

AIR TERJUN KENABIAN

AIR TERJUN SUKACITA


LEMAH LEMBUT THENDERHEART


Yehezkiel 36:26 (TB)  Kamu akan Kuberikan hati yang baru, dan roh yang baru di dalam batinmu dan Aku akan menjauhkan dari tubuhmu hati yang keras dan Kuberikan kepadamu hati yang taat. 


Finally, all of you should be of one mind. Sympathize with each other. Love each other as brothers and sisters. Be tenderhearted, and keep a humble attitude. 1 Peter 3:8 NLT


Roma 8:28 (TB)  Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah.


Elisa Apakah Hatimu Lemah Lembut atau sudah beku ?


Matius 24:12 (TB)  Dan karena makin bertambahnya kedurhakaan, maka kasih kebanyakan orang akan menjadi dingin.


Hati Yang Lemah Lembut Penuh Penguasaan Diri.


Matius 5:5 (TB)  Berbahagialah orang yang lemah lembut, karena mereka akan memiliki bumi.


Orang yang lemah lembut kita memiliki  Bumi dan menjadi Kuat


Contohnya Musa


Bilangan 12:3 (TB)  Adapun Musa ialah seorang yang sangat lembut hatinya, lebih dari setiap manusia yang di atas muka bumi. 


Orang yang Lemah Lembut Berani Membela Kebenaran


Contoh Orang yang berani Ester


Ester 5:4-6 (TB)  Jawab Ester: "Jikalau baik pada pemandangan raja, datanglah kiranya raja dengan Haman pada hari ini ke perjamuan yang diadakan oleh hamba bagi raja."

Maka titah raja: "Suruhlah Haman datang dengan segera, supaya kami memenuhi permintaan Ester." Lalu raja datang dengan Haman ke perjamuan yang diadakan oleh Ester.

Sementara minum anggur bertanyalah raja kepada Ester: "Apakah permintaanmu? Niscaya akan dikabulkan. Dan apakah keinginanmu? Sampai setengah kerajaan sekalipun akan dipenuhi."


Ester 5:3 (TB)  Tanya raja kepadanya: "Apa maksudmu, hai ratu Ester, dan apa keinginanmu? Sampai setengah kerajaan sekalipun akan diberikan kepadamu."


Misi Ester Melakukan Menghadap Raja adalah untuk menyelamatkan Bangsanya


ABRAHAM


Kejadian 12:1-2 (TB)  Berfirmanlah TUHAN kepada Abram: "Pergilah dari negerimu dan dari sanak saudaramu dan dari rumah bapamu ini ke negeri yang akan Kutunjukkan kepadamu; 

Aku akan membuat engkau menjadi bangsa yang besar, dan memberkati engkau serta membuat namamu masyhur; dan engkau akan menjadi berkat.


Abraham adalah Orang yang Percaya pada Tuhan


Panggilan Elisa berjalan Dengan KETEPATAN.


Seorang Elisa Jangan Cepat-cepat Menyalahkan Orang Lain.


Kisah Para Rasul 2:37 (TB)  Ketika mereka mendengar hal itu hati mereka sangat terharu, lalu mereka bertanya kepada Petrus dan rasul-rasul yang lain: "Apakah yang harus kami perbuat, saudara-saudara?"


Mudah Tersentuh 


Matius 5:7 (TB)  Berbahagialah orang yang murah hatinya, karena mereka akan beroleh kemurahan.


Baik Hati dan Suka Mengampuni

Matius 6:14 (TB)  Karena jikalau kamu mengampuni kesalahan orang, Bapamu yang di sorga akan mengampuni kamu juga.


Filipi 4:5 (TB)  Hendaklah kebaikan hatimu diketahui semua orang. Tuhan sudah dekat! 


Hati Tergerak oleh Belas  Kasihan 

Matius 14:14 (TB)  Ketika Yesus mendarat, Ia melihat orang banyak yang besar jumlahnya, maka tergeraklah hati-Nya oleh belas kasihan kepada mereka dan Ia menyembuhkan mereka yang sakit.


MEMILIKI TUTUR KATA YANG LEMAH LEMBUT


Amsal 15:1 (TB)  Jawaban yang lemah lembut meredakan kegeraman, tetapi perkataan yang pedas membangkitkan marah. 



EV NANCY TEDJO 




DAUD DAN RUTH


Rut 1:16 (TB)  Tetapi kata Rut: "Janganlah desak aku meninggalkan engkau dan pulang dengan tidak mengikuti engkau; sebab ke mana engkau pergi, ke situ jugalah aku pergi, dan di mana engkau bermalam, di situ jugalah aku bermalam: bangsamulah bangsaku dan Allahmulah Allahku; 


Pilihan Ada ditanganmu


LEMAH LEMBUT


Efesus 4:2 mengingatkan kita, “Hendaklah kamu selalu rendah hati, lemah lembut, dan sabar.”


Apa Arti Kelemahanlembutan ? Itu berarti ia dengan rendah hati menundukkan dirinya pada kehendak Allah.


Kata "lemah lembut" dalam bahasa Yunani disebut praus yang artinya kekuatan terkendali


Lemah lembut berarti bersedia menerima keterbatasan dan kesulitan yang ada tanpa melampiaskan kejengkelan kita terhadap orang lain. Itu berarti menunjukkan rasa syukur atas perlakuan sesederhana apa pun yang kita terima dan menoleransi mereka yang tidak memperlakukan kita dengan baik.


TIDAK MENCARI KESALAHAN KETIKA TUHAN TEGA 


Daud walaupun dikejar musuh ia tidak menyalahkan Tuhan.


Jangan Ada Rasa Kecewa dengan Tuhan dan Tuhan tidak adil.


Kita Naikkan Ucapan Syukur


2 Samuel 12:1-16 (TB)  TUHAN mengutus Natan kepada Daud. Ia datang kepada Daud dan berkata kepadanya: "Ada dua orang dalam suatu kota: yang seorang kaya, yang lain miskin.

Si kaya mempunyai sangat banyak kambing domba dan lembu sapi; 

si miskin tidak mempunyai apa-apa, selain dari seekor anak domba betina yang kecil, yang dibeli dan dipeliharanya. Anak domba itu menjadi besar padanya bersama-sama dengan anak-anaknya, makan dari suapnya dan minum dari pialanya dan tidur di pangkuannya, seperti seorang anak perempuan baginya. 

Pada suatu waktu orang kaya itu mendapat tamu; dan ia merasa sayang mengambil seekor dari kambing dombanya atau lembunya untuk memasaknya bagi pengembara yang datang kepadanya itu. Jadi ia mengambil anak domba betina kepunyaan si miskin itu, dan memasaknya bagi orang yang datang kepadanya itu." 

Lalu Daud menjadi sangat marah karena orang itu dan ia berkata kepada Natan: "Demi TUHAN yang hidup: orang yang melakukan itu harus dihukum mati. 

Dan anak domba betina itu harus dibayar gantinya empat kali lipat, karena ia telah melakukan hal itu dan oleh karena ia tidak kenal belas kasihan."

Kemudian berkatalah Natan kepada Daud: "Engkaulah orang itu! Beginilah firman TUHAN, Allah Israel: Akulah yang mengurapi engkau menjadi raja atas Israel dan Akulah yang melepaskan engkau dari tangan Saul.

Telah Kuberikan isi rumah tuanmu kepadamu, dan isteri-isteri tuanmu ke dalam pangkuanmu. Aku telah memberikan kepadamu kaum Israel dan Yehuda; dan seandainya itu belum cukup, tentu Kutambah lagi ini dan itu kepadamu.

Mengapa engkau menghina TUHAN dengan melakukan apa yang jahat di mata-Nya? Uria, orang Het itu, kaubiarkan ditewaskan dengan pedang; isterinya kauambil menjadi isterimu, dan dia sendiri telah kaubiarkan dibunuh oleh pedang bani Amon.

Oleh sebab itu, pedang tidak akan menyingkir dari keturunanmu sampai selamanya, karena engkau telah menghina Aku dan mengambil isteri Uria, orang Het itu, untuk menjadi isterimu.

Beginilah firman TUHAN: Bahwasanya malapetaka akan Kutimpakan ke atasmu yang datang dari kaum keluargamu sendiri. Aku akan mengambil isteri-isterimu di depan matamu dan memberikannya kepada orang lain; orang itu akan tidur dengan isteri-isterimu di siang hari.  

Sebab engkau telah melakukannya secara tersembunyi, tetapi Aku akan melakukan hal itu di depan seluruh Israel secara terang-terangan."

Lalu berkatalah Daud kepada Natan: "Aku sudah berdosa kepada TUHAN." Dan Natan berkata kepada Daud: "TUHAN telah menjauhkan dosamu itu: engkau tidak akan mati. 

Walaupun demikian, karena engkau dengan perbuatan ini telah sangat menista TUHAN, pastilah anak yang lahir bagimu itu akan mati." 

Kemudian pergilah Natan ke rumahnya. Dan TUHAN menulahi anak yang dilahirkan bekas isteri Uria bagi Daud, sehingga sakit. 

Lalu Daud memohon kepada Allah oleh karena anak itu, ia berpuasa dengan tekun dan apabila ia masuk ke dalam, semalam-malaman itu ia berbaring di tanah.


2 Samuel 15:14 (TB)  Kemudian berbicaralah Daud kepada semua pegawainya yang ada bersama-sama dengan dia di Yerusalem: "Bersiaplah, marilah kita melarikan diri, sebab jangan-jangan kita tidak akan luput dari pada Absalom. Pergilah dengan segera, supaya ia jangan dapat lekas menyusul kita, dan mendatangkan celaka atas kita dan memukul kota ini dengan mata pedang!"


Daud Terbuka dihadapan Tuhan dan mau terima teguran.


DIANGKAT TINGGI DAN TETAP BERTOBAT


Daud Ditegur oleh Nabi Natan dan Ia Bertobat


TIDAK MERASA PERLU MEMBELA DIRI


2 Samuel 16:16-20 (TB)  Ketika Husai, orang Arki, sahabat Daud itu, sampai kepada Absalom, berkatalah Husai kepada Absalom: "Hiduplah raja! Hiduplah raja!"

Berkatalah Absalom kepada Husai: "Inikah kesetiaanmu kepada sahabatmu? Mengapa engkau tidak pergi menyertai sahabatmu itu?"

Lalu berkatalah Husai kepada Absalom: "Tidak, tetapi dia yang dipilih oleh TUHAN dan oleh rakyat ini dan oleh setiap orang Israel, dialah yang memiliki aku dan bersama-sama dengan dialah aku akan tinggal.

Lagipula, kepada siapakah aku memperhambakan diri? Bukankah kepada anaknya? Sebagaimana aku memperhambakan diri kepada ayahmu, demikianlah aku memperhambakan diri kepadamu."

Kemudian berkatalah Absalom kepada Ahitofel: "Berilah nasihat; apakah yang harus kita perbuat?" 


Tuhan berkata kepada  Para Elisa Mulai hari ini Berkata Mulai hari ini tidak ada pembelaan diri walaupun orang membicarakan dan menghakimi.


MENEGUHKAN HATI DISAAT TERSULIT


Rut 1:16-17 (TB)  Tetapi kata Rut: "Janganlah desak aku meninggalkan engkau dan pulang dengan tidak mengikuti engkau; sebab ke mana engkau pergi, ke situ jugalah aku pergi, dan di mana engkau bermalam, di situ jugalah aku bermalam: bangsamulah bangsaku dan Allahmulah Allahku; 

di mana engkau mati, aku pun mati di sana, dan di sanalah aku dikuburkan. Beginilah kiranya TUHAN menghukum aku, bahkan lebih lagi dari pada itu, jikalau sesuatu apa pun memisahkan aku dari engkau, selain dari pada maut!"


Jika kita jalan sama Tuhan saat tersulit maka Tuhan merekayasa hidup kita


Syarat Tuhan Merekaya Tetapkan Hati dan Putuskan Untuk Jalan Sama Tuhan.


MEMILIH YANG TUHAN PILIH SEKALIPUN


Rut 3:5 (TB)  Lalu kata Rut kepadanya: "Segala yang engkau katakan itu akan kulakukan." 


Sekalipun Bukan Pilihanmu

Sekalipun Bukan Seleraku 


Ditulis oleh Joshua Ivan Sudrajat 


Komentar

Postingan Populer