BELAJAR DARI YEROBEAM

BELAJAR DARI YEROBEAM




Sahabat Joshua Ivan Sudrajat sore hari ini mari kita belajar dari YEROBEAM


Siapakah Yerobeam?


Yerobeam adalah orang Israel dari suku Efraim, pegawai istana yang diberi kesempatan oleh TUHAN menjadi Raja Israel 10 suku. (1 Raja-Raja 11:31), tetapi dia membuat suatu ibadah menurut caranya sendiri.


Penyembahan yang seharusnya dilakukan di Yerusalem, karena dia takut orang-orang Israel beralih hatinya kepada Rehabeam raja Yehuda, sehingga dia akan kehilangan orang-orang Israel 10 suku yang TUHAN percayakan kepadanya, maka dia membuatkan penyembahan lain di Betel dan Dan.


Ketetapan dari TUHAN dibelokkan oleh Yerobeam. Mengapa? Karena dia takut kehilangan orang-orang Israel 10 suku yang ada padanya.

Inilah permasalahan Yerobeam.


KESEMUAN MENUTUPI YANG SEJATI


1 Raja-raja 14:1-2 (TB)  Pada waktu itu Abia, anak Yerobeam, jatuh sakit. 

Lalu Yerobeam berkata kepada isterinya: "Berkemaslah! Menyamarlah, supaya jangan diketahui orang, bahwa engkau isteri Yerobeam, dan pergilah ke Silo. Bukankah di sana tinggal nabi Ahia! Dialah yang telah mengatakan tentang aku, bahwa aku akan menjadi raja atas bangsa ini. 


Sahabat Joshua Ivan Sudrajat jika kita tidak bisa menjadi apa adanya maka kita sulit mengalami Pemulihan dipulihkan oleh Tuhan


Inilah permasalahan Yerobeam.

Mari kita lihat kembali 1 Raja-Raja 11:31

11:31 dan ia berkata kepada Yerobeam: “Ambillah bagimu sepuluh koyakan, sebab beginilah firman TUHAN, Allah Israel :  Sesungguhnya Aku akan mengoyakkan kerajaan itu dari tangan Salomo dan akan memberikan kepadamu sepuluh suku.

Yerobeam yang sebelumnya dipercayakan memimpin sepuluh suku Israel, apa yang terjadi kemudian?TUHAN membuang Yerobeam anggota keluarganya sampai habis.



HANYA PETASAN DAN TIDAK PERNAH MENJADI BINTANG


1 Raja 14:2b


Firman Allah digenapi di dalam hidup kita bukan berarti sudah selesai 


Sahabat Joshua Ivan hari-hari ini kita harus bisa berdiri dan menjadi Bintang

dan Hidup Benar 


Berapa banyak orang yang tidak memiliki Tanggung Jawab.



Kita tidak pernah perhatikan Perjanjian, Perjanjian ada dua pihak, ada bagian yang harus kita lakukan



Kita tidak punya kualifikasi dan kualitas.


MENGANGGAP GAMPANGAN DAN MURAHAN


1 Raja-raja 14:3 (TB)  Bawalah sepuluh roti, kue kismis, dan sebuli-buli air madu, dan pergilah kepadanya. Dia akan memberitahukan kepadamu, apa yang akan terjadi dengan anak ini."

Bayar Sangat Murah Mencoba Menipu Tuhan Merayu Tuhan Tapi Pengen Tahu Apa Yang Tuhan Katakan


TUHAN TIDAK BISA DIMANIPULASI


1 Raja-raja 14:5-6 (TB)  Tetapi TUHAN telah berfirman kepada Ahia: "Bahwasanya isteri Yerobeam datang untuk menanyakan kepadamu perihal anaknya, sebab anak itu sedang sakit. Begini-begini harus kaukatakan kepadanya." Ketika perempuan itu masuk, berbuatlah ia seolah-olah ia orang lain. 

Tetapi segera sesudah Ahia mendengar bunyi langkah perempuan itu, sementara melangkah masuk pintu, berkatalah ia: "Masuklah, hai isteri Yerobeam! Mengapakah engkau berbuat seolah-olah engkau orang lain? Aku disuruh menyampaikan pesan yang keras kepadamu. 


MATA BISA KABUR TAPI TELINGA DAN ROH TAJAM 

MENGENAL DARI SEMUA BUKAN CUMA APA YANG DILIHAT 

MENYAMPAIKAN DAN BEREAKSI SEPERTI YANG TUHAN MAU


MENYAKITI TUHAN DEMI TIDAK KALAH


1 Raja-raja 14:7-8 (TB)  Pergilah, katakan kepada Yerobeam: Beginilah firman TUHAN, Allah Israel: Aku telah meninggikan engkau dari tengah-tengah bangsa itu, dan mengangkat engkau menjadi raja atas umat-Ku Israel;

Aku telah mengoyakkan kerajaan dari keluarga Daud dan memberikannya kepadamu, tetapi engkau tidak seperti hamba-Ku Daud yang tetap mentaati segala perintah-Ku dan mengikuti Aku dengan segenap hatinya dan hanya melakukan apa yang benar di mata-Ku. 


DIANGKAT DIBERI WARISAN DITETAPKAN DESTINY SANGAT BESAR

TAPI MENGGUNAKAN SEMUA UNTUK KEPENTINGAN DIRI SENDIRI 


MINDER DENGAN REHABEAM


1 Raja-raja 14:9 (TB)  Sebab engkau telah melakukan perbuatan jahat lebih dari semua orang yang mendahului engkau dan telah membuat bagimu allah lain dan patung-patung tuangan, sehingga engkau menimbulkan sakit hati-Ku, bahkan engkau telah membelakangi Aku. 


Meninggalkan Hati Tuhan Demi Mendapatkan Hati Rakyat


Kita buka 1 Raja-Raja 14:10 yang berkata :


14:10 Maka Aku akan mendatangkan malapetaka kepada keluarga Yerobeam. Aku akan melenyapkan dari pada Yerobeam setiap orang laki-laki, baik yang tinggi maupun yang rendah kedudukannya di Israel.


Aku akan menyapu keluarga Yerobeam seperti orang menyapu tahi sampai habis.

Orang yang sebelumnya dipakai TUHAN dan dipercayakan menjadi raja atas 10 suku Israel, akhirnya dilenyapkan atau dibuang seperti menyapu kotoran manusia/binatang. Sungguh ironis!!!


Bila kita mau berkaca dari kasus Yerobeam ini, maka kita semua yang sudah dianugerahkan kasih karunia dari TUHAN,  juga akan sangat mengecewa-kan TUHAN bila kita punya sikap hati seperti yang dimiliki Yerobeam.


Jadi siapakah sebenarnya Yerobeam ini :

Yerobeam adalah orang Israel (tetapi bukan keturunan Daud), yang dipercayakan dan diangkat TUHAN menjadi raja Israel atas 10 suku.

Yerobeam adalah juga raja Israel yang telah mendapatkan kepercayaan dari TUHAN jadi raja Israel, tapi telah membelokkan penyembahan yang seharusnya tetap di Yerusalem, dia pindahkan ke Betel dan Dan, karena dia takut kehilangan orang-orang Israel 10 suku yang dipim-pinnya berpihak kepada Rehabeam, raja Yehuda.

Mari kita lihat 1 Raja-Raja 12:27-31 dibawah ini :


1 Raja-raja 12:27-31 (TB)  Jika bangsa itu pergi mempersembahkan korban sembelihan di rumah TUHAN di Yerusalem, maka tentulah hati bangsa ini akan berbalik kepada tuan mereka, yaitu Rehabeam, raja Yehuda, kemudian mereka akan membunuh aku dan akan kembali kepada Rehabeam, raja Yehuda."

Sesudah menimbang-nimbang, maka raja membuat dua anak lembu jantan dari emas dan ia berkata kepada mereka: "Sudah cukup lamanya kamu pergi ke Yerusalem. Hai Israel, lihatlah sekarang allah-allahmu, yang telah menuntun engkau keluar dari tanah Mesir."  

Lalu ia menaruh lembu yang satu di Betel dan yang lain ditempatkannya di Dan. 

Maka hal itu menyebabkan orang berdosa, sebab rakyat pergi ke Betel menyembah patung yang satu dan ke Dan menyembah patung yang lain.

Ia membuat juga kuil-kuil di atas bukit-bukit pengorbanan, dan mengangkat imam-imam dari kalangan rakyat yang bukan dari bani Lewi.


Ini perasaan hati Yerobeam :


Yerobeam takut kehilangan massa dan takut kehilangan nyawanya.

Yerobeam takut kehilangan orang Israel, karena dia sendiri bukan ke- turunan Daud, sehingga ia takut posisinya diambil Rehabeam raja Yehuda yang adalah keturunan Daud.


Mari kita lihat perbedaan antara Yerobeam dengan Daud


Daud diangkat dari “ketidak-diharapkan”, diangkat menjadi sesuatu yang luar biasa. Dia mengalami proses pembentukan sejak muda usia sampai Daud menjadi pribadi yang berkenan kepada TUHAN.


Sedangkan Yerobeam, diangkat karena dia “kelihatannya” tangkas dan layak dipercayai, namun tanpa pondasi yang kuat.


Kita lihat dalam 1 Samuel 16:10-12, beda Daud dengan Yerobeam.


16:10 Demikianlah Isai menyuruh ketujuh anaknya lewat di depan Samuel, tetapi Samuel berkata kepada Isai: “Semuanya ini tidak dipilih TUHAN.”

16:11 Lalu Samuel berkata kepada Isai: “Inikah anakmu semuanya?” Jawabnya: “Masih tinggal yang bungsu, tetapi sedang menggembalakan kambing domba.” Kata Samuel kepada Isai: “Suruhlah memanggil dia, sebab kita tidak akan duduk makan, sebelum ia datang ke mari.”


16:12 Kemudian disuruhnyalah menjemput dia. Ia kemerah-merahan, matanya indah dan parasnya elok. Lalu TUHAN berfirman :

“Bangkitlah, urapilah dia, sebab inilah dia.”


Isai punya anak 8 orang laki-laki, dengan rincian 7 orang gagah dan kekar, ditambah satu anak bungsu penggembala kambimg domba, bertubuh kecil dan kulitnya kemerah-merahan, mata dan parasnya elok, bernama Daud.


Sahabat Joshua Ivan Sudrajat saya percaya tidak akan ada diantara kita yang masih punya pola pikir seperti Yerobeam atau punya ambisi seperti Yerobeam :


Karena kita sudah tahu bahwa Yerobeam jatuh karena ambisinya yang tidak sehat.

Karena kita sudah tahu bahwa Yerobeam jatuh karena mementingkan kedudukannya daripada TUHAN, sehingga dia berpikir “daripada kehilangan dukungan orang-orang didekatnya, baiklah saya buatkan bagi orang-orang Israel itu penyembahan yang serupa dengan yang di Bait Suci Yerusalem”.


Karena kita sudah tahu Yerobeam telah belokkan penyembahan dari Yerusalem ke Betel dan ke Dan, tapi ini semua menurut pemikiran Yerobeam, bukan atas kehendak TUHAN dan itulah yang membuat orang Israel berdosa kepada TUHAN.


Karena kita sudah tahu Yerobeam menduduki suatu jabatan yang tinggi tanpa pondasi yang kokoh, sehingga kedudukannya itu mem-buat nafsu kedagingannya bertambah besar dan bertambah tinggi.


Waspadalah, kalau kita tidak mau diproses dan dibentuk TUHAN, maka begitu kita dapat kedudukan tinggi dan punya segala-galanya, maka kitapun akan mulai semakin jarang baca firman TUHAN. Karena kecenderungan manusia zaman sekarang adalah hanya mau berkat dari TUHAN saja tetapi  lupa bersyukur.


Bagaimana dengan Yerobeam?Apakah TUHAN telah salah mendudukkan dia jadi raja Israel 10 suku? Jelas bukan salah TUHAN.


Kesalahan Yerobeam sangat jelas :

Karena dia tidak pernah mau mengenal isi hati TUHAN.

Karena dia mengikuti keinginan-keinginan atau ambisi yang “tidak bisa dia matikan”.

Karena dia punya dorongan keinginan yang sangat kuat untuk “tidak mau menyalibkan ambisinya”.

Disinilah letak semua masalah Yerobeam.

Saudara harus selalu ingat bahwa saudara harus secara teratur baca firman TUHAN, sehingga ketika saudara sudah layak untuk menerima berkat atau kedudukan, maka itu semua adalah jalan yang diinginkan TUHAN untuk saudara tempuh.


Bagaimana dengan Yerobeam yang telah meniru ibadah orang Israel di Yerusalem?


Mari kita lihat di 1 Raja-Raja 12:27-31

12:27 Jika bangsa itu pergi mempersembahkan korban sembelihan di rumah TUHAN di Yerusalem, maka tentulah hati bangsa ini akan berbalik kepada tuan mereka, yaitu Rehabeam, raja Yehuda, kemudian mereka akan membunuh aku dan akan kembali kepada Rehabeam, raja Yehuda.”12:28 Sesudah menimbang-nimbang, maka raja membuat dua anak lembu jantan dari emas dan ia berkata kepada mereka: Sudah cukup lamanya kamu pergi ke Yerusalem. Hai Israel, lihatlah sekarang allah-allahmu, yang telah menuntun engkau keluar dari tanah Mesir.”12:29 Lalu ia menaruh lembu yang satu di Betel dan yang lain ditempatkannya di Dan.12:30 Maka hal itu menyebabkan orang berdosa, sebab rakyat pergi ke Betel menyembah patung yang satu dan ke Dan menyembah patung yang lain.12:31 Ia membuat juga kuil-kuil di atas bukit-bukit pengorbanan, dan mengangkat imam-imam dari kalangan rakyat yang bukan dari bani Lewi.


Apa yang dilakukan Yerobeam?

Ia membuat kuil-kuil, meniru bait suci Yerusalem.

Ia mengangkat imam-imam, tapi bukan dari suku Lewi.

Ia menempatkan patung lembu jantan emas di Betel dan di Dan, ini mirip dengan 2 malaikat Tuhan (Kerub) diatas Tabut Perjanjian.


Bagaimana dengan Yerobeam?

Yerobeam yang menggantikan suatu kebenaran dengan sesuatu yang salah, supaya tidak kehilangan massa yang dia miliki?  


Saya tidak mau kita semua jadi Yerobeam-Yerobeam masa kini.

Kita semua harus jadi Daud-Daud masa kini.


Jadi generasi-generasi Daud yang total buat TUHAN.


Yang siap mati buat TUHAN.

Yang menyerahkan segala-galanya buat TUHAN.


Sahabat Joshua Ivan Sudrajat Mari Kita Jadi Daud-Daud jangan jadi Rehabeam.


Tuhan Yesus memberkati


Only By HIS GRACE

Jatiwangi 17 February 2024

Joshua Ivan Sudrajat 

Komentar

Postingan Populer