AoC 20 February 2012

Catatan Khotbah Ibadah AoC Bandung - 20 Febuari 2012

Ev. Daniel Tjipto - PD AoC Bandung

Semua yang terjadi dalam hidup ini tidak ada yang diluar seizin Tuhan..
Apakah kita berani berkata itu tidak hanya yang baik saja, tapi SEMUA yang kita alami?
Mungkin tidak sama dengan pikiran atau kehendak kita, tapi itu semua yang terbaik..

Lukas 4:1
1: Yesus, yang penuh dengan Roh Kudus, kembali dari sungai Yordan, lalu dibawa oleh Roh Kudus ke padang gurun.

Roh Kudus tidak membawa Yesus ke tempat yang nyaman atau yang diidam-idamkan manusia, justru Ia dibawa ke padang gurun yang semua halnya terbatas (air, makanan, dll)..
Seringkali manusia tidak mau masuk di dalam pembentukan (proses).. Tapi Yesus memulai segala-galanya dengan proses..
Umur 12 Yesus sudah bisa berdialog dengan ahli-ahli taurat, tapi umur 30 baru Ia keluar menunaikan semuanya.. Kira-kira 18 tahun ia menunggu sampai tepat, baru Ia keluar saat 30 tahun..

Di "padang gurun" itulah sebenarnya kita akan melihat mujizat-mujizat dan kemuliaan demi kemuliaan akan terjadi.. Banyak yang mau melihat mujizat tapi tidak melewati "padang gurun"..

ayat 2
2: Di situ Ia tinggal empat puluh hari lamanya dan dicobai Iblis. Selama di situ Ia tidak makan apa-apa dan sesudah waktu itu Ia lapar.

Apakah itu bukan mujizat kalau 40 hari tidak makan baru lapar?

Di tempat di mana proses Tuhan ada di hidup kita, di situlah kesempatan untuk melihat mujizat dan mengenal siapa Tuhan kita sesungguhnya serta meningkatkan iman kita..

Seseorang yang dewasa bisa mengerti untuk memilih, apakah mau masuk dalam proses atau tidak.. Memang tidak enak, tapi banyak hal yang luar biasa..
Kalau orang itu mengerti, justru di masa-masa proses itulah orang akan berbuah dan menghasilkan buah yang manis dan memberkati..

Bagaimana caranya agar menghasilkan buah yang manis ketika proses?
*jangan makan sesuatu yang di "luar"
makanan dan vitamin yang terbaik adalah firman.. Orang yang bener-bener banyak baca firman tidak mudah sakit hati dan lebih baik dibanding dengan orang yang hanya punya fondasi firman..

Hari-hari ini Tuhan rindu untuk kita menambah dalam hal membaca firman karena serangannya makin kuat.. Jangan bangga kalau dipilih dan dipakai Tuhan (contoh: Saul), ketika ia diurapi, ia diberi banyak hal dari Tuhan, tapi akhir hidupnya neraka.. Kenapa? Karena Saul tidak punya kehidupan pribadi bergaul dengan Tuhan dan ia juga iri kepada Daud.. Daud punya kehidupan pribadi bersama Tuhan ketika menggembala domba.. Tantangan di dalam hidup Daud dan Saul sebenarnya sama, tapi apa yang berbeda? Bukan perkara pintar atau tidak, lulusan mana, tapi apakah mau punya hubungan yang dekat bersama Tuhan?

Tuhan saja menunggu 18 tahun, ketika setelah dibaptis dibawa ke padang gurun, mematikan daging 40 hari di padang gurun.. Kok bisa Tuhan tahan 40 hari? Karena ketika masuk ke alam supranatural yang dimensinya berbeda dengan dunia, dimana mujizat banyak, yang tidak mungkin jadi mungkin, tergantung mau atau tidak..

Ini waktunya anak-anak Tuhan yang memiliki keintiman akan dibedakan dengan orang-orang lain.. Kalau kita disebut orang-orang aneh, justru itu yang harus memancarkan kemuliaan Tuhan.. Kuncinya adalah ada rhema, engkau tangkap, dan engkau lakukan, barulah mujizat akan terjadi..

Hari-hari ini Tuhan sedang memberi kesempatan.. Biar imannya tidak loyo, tetap terpacu (tidak bosan), tidak capek..

NEVER GIVE UP!

Pada saat Yesus dicobai, Dia jawabnya tenang sekali karena Dia penuh dengan hadirat Tuhan..
Kalau hidup di alam supranatural, emosi pun masih bisa terkendali.. Kalau emosi tidak bisa terkendali, pasti ada dosa atau sesuatu yang tersembunyi..
Kalau ada "ganjalan-ganjalan" dalam hidup, segera selesaikan.. Tahun ini tahun mimpi jadi nyata, firman jadi daging, berarti Kanaan sudah di depan kita.. Jadi jangan sampai hati kita pahit (contoh seperti Musa yang hatinya pahit sehingga ia teledor di kata-katanya)

Yoel 3:14-21
14: Banyak orang, banyak orang di lembah penentuan! Ya, sudah dekat hari TUHAN di lembah penentuan!
15: Matahari dan bulan menjadi gelap, dan bintang-bintang menghilangkan cahayanya.
16: TUHAN mengaum dari Sion, dari Yerusalem Ia memperdengarkan suara-Nya, dan langit dan bumi bergoncang. Tetapi TUHAN adalah tempat perlindungan bagi umat-Nya, dan benteng bagi orang Israel.
17: "Maka kamu akan mengetahui bahwa Aku, TUHAN, adalah Allahmu, yang diam di Sion, gunung-Ku yang kudus. Dan Yerusalem akan menjadi kudus, dan orang-orang luar tidak akan melintasinya lagi.
18: Pada waktu itu akan terjadi, bahwa gunung-gunung akan meniriskan anggur baru, bukit-bukit akan mengalirkan susu, dan segala sungai Yehuda akan mengalirkan air; mata air akan terbit dari rumah TUHAN dan akan membasahi lembah Sitim.
19: Mesir akan menjadi sunyi sepi, dan Edom akan menjadi padang gurun tandus, oleh sebab kekerasan terhadap keturunan Yehuda, oleh karena mereka telah menumpahkan darah orang yang tak bersalah di tanahnya.
20: Tetapi Yehuda tetap didiami untuk selama-lamanya dan Yerusalem turun-temurun.
21: Aku akan membalas darah mereka yang belum Kubalas; TUHAN tetap diam di Sion."

Guncangan yang mengerikan justru yang sepertinya tidak dianggap, misalnya sakit hati, panah-panah berapi si jahat, marah, jengkel, iri hati, sepertinya tidak dianggap, dll..

Confess Yoel 3:18
Anggur >> gelora cinta, kemanisan, pemulihan hubungan di keluarga seperti ketika perkawinan di Kana

Komentar

Postingan Populer