Tuhan atau Musa

SUMMARY OF SUNDAY SERVICE
JKI-IK Holy Stadium, Semarang
17 Jan 2016,
By Ps Petrus Agung


TUHAN atau MUSA

Bilangan 32:1-5 (TB)  Adapun bani Ruben dan bani Gad ternaknya banyak, bahkan sangat banyak sekali. Ketika mereka melihat tanah Yaezer dan tanah Gilead, tampaklah tempat itu tempat yang baik untuk peternakan.
Lalu datanglah bani Gad dan bani Ruben dan berkata kepada Musa, imam Eleazar dan para pemimpin umat itu:
"Atarot, Dibon, Yaezer, Nimra, Hesybon, Eleale, Sebam, Nebo dan Beon,
negeri yang telah dikalahkan oleh TUHAN untuk umat Israel, itulah suatu negeri yang baik untuk peternakan dan hamba-hambamu ini memang ada ternaknya."
Lagi kata mereka: "Jika kami mendapat kasihmu, biarlah negeri ini diberikan kepada hamba-hambamu ini sebagai milik; janganlah kami harus pindah ke seberang sungai Yordan."

Bil 32:1-5
Tanah perjanjian adalah yg diseberang sungai Yordan, tetapi sebelum menyeberang tanah disitu juga sudah subur krn disisi sungai yordan.

Tanah itu sudah dikuasai, & suku ruben, gad & manasye ingin tinggal krn ternaknya banyak, &  krn tanah disana hrs perang

Yosua 1:15 (TB)  sampai TUHAN mengaruniakan keamanan kepada saudara-saudaramu seperti kepada kamu juga, dan mereka juga menduduki negeri yang akan diberikan kepada mereka oleh TUHAN, Allahmu. Kemudian bolehlah kamu pulang kembali ke negerimu sendiri dan menduduki negeri yang diberikan Musa, hamba TUHAN itu, kepadamu di seberang sungai Yordan, di sebelah matahari terbit."

Yos 1:15
Tanah diseberang yordan diberikan oleh TUHAN, tetapi tanah sebelum menyeberang diberikan oleh MUSA

Dimana kesalahannya ?

Kalau kita memilih untuk kepentingan kita, keluarga kita, & anak2 kita sebenarnya tidak salah, dimana bedanya?

Kalau pemberian Tuhan, namanya Tanah perjanjian, yaitu dgn sumpah, & ada penetapan, tapi kalau pemberian Musa, kalau ada masalah musa sudah mati, tapi Tuhan tidak pernah mati

Ada org bergumul dgn kehidupannya di dunia untuk apa yg kita butuhkan di dunia, itu tidak salah, itu sebabnya Musa tetap berikan tanah itu krn tidak salah / dosa apa yg mereka PILIH.

Anda bisa pilih, type hidup seperti apa yg anda ingin. Kalau kita mengabdikan diri untuk kepentingan diri sendiri, memang Tuhan tetap berkati juga, tetapi itu perjalanan yg pendek, & akan akhirnya mentok.

Kalau kita mengabdikan diri kita pada rencana Tuhan, Tuhan sedang membangun bangsa yg besar. Dia punya rencana besar & kita ditaruh di tengah2 rencanaNya untuk membangun bangsa yg besar. Bangun pabrik makanan untuk memberi makan banyak org. Inilah the power to get wealth.

Di amerika disurvey semua org yg dapat lotre besar dlm 2 thn kemudian hidupnya lebih miskin dari sebelumnya.

Ulangan 8:17-18 (TB)  Maka janganlah kaukatakan dalam hatimu: Kekuasaanku dan kekuatan tangankulah yang membuat aku memperoleh kekayaan ini.
Tetapi haruslah engkau ingat kepada TUHAN, Allahmu, sebab Dialah yang memberikan kepadamu kekuatan untuk memperoleh kekayaan, dengan maksud meneguhkan perjanjian yang diikrarkan-Nya dengan sumpah kepada nenek moyangmu, seperti sekarang ini.

Ul 8: 17-18
Tanah pemberian musa tidak ada covenant, tetapi pemberian Tuhan, ada the power to get wealth, kalau kita hidup untuk kepentingan kita maka semua KETERBATASAN / KEKURANGAN kita akan menghentikan kita, tetapi kalau kita hidup untuk rencana Allah maka Tuhan akan memberikan KEMAMPUAN ILLAHI untuk mewujudkan rencanaNya.

Kita tidak bisa memanipulasi Tuhan dgn berkata nanti aku akan berikan kepada Tuhan kalau sudah dapat, tapi kalau kita ingin yg besar jgn lihat yg musa tawarkan, tetapi ambil yg Tuhan janjikan

Lukas 16:3 (TB)  Kata bendahara itu di dalam hatinya: Apakah yang harus aku perbuat? Tuanku memecat aku dari jabatanku sebagai bendahara. Mencangkul aku tidak dapat, mengemis aku malu.

Luk 16:3
Dlm hidup kita sehari2 ada 2 pilihan, yaitu mencangkul atau mengemis. Untuk sukses Anda hrs kerja keras atau mengharap belas kasihan org lain. Tetapi di dlm Tuhan ada Favor Tuhan, itu bedanya.

Yohanes 1:16 (TB)  Karena dari kepenuhan-Nya kita semua telah menerima kasih karunia demi kasih karunia;

Yoh 1:16
Kasih Karunia itu datang di dlm Yesus Kristus.

Kalau Great awakening Tuhan proteksi & buat mukjizat spt itu apakah Tuhan tidak bisa proteksi hidup kita kalau kita ada dlm rencana yg Tuhan tetapkan.

Matius 6:28-30 (TB)  Dan mengapa kamu kuatir akan pakaian? Perhatikanlah bunga bakung di ladang, yang tumbuh tanpa bekerja dan tanpa memintal,
namun Aku berkata kepadamu: Salomo dalam segala kemegahannya pun tidak berpakaian seindah salah satu dari bunga itu.
Jadi jika demikian Allah mendandani rumput di ladang, yang hari ini ada dan besok dibuang ke dalam api, tidakkah Ia akan terlebih lagi mendandani kamu, hai orang yang kurang percaya?

Mat 6:28-30
Milikilah tujuan hidup yg mulia yaitu anda terhisap dlm rencana Tuhan yg sempurna.

Komentar

Postingan Populer