Seminar Covenant 25 February 2016

Seminar Covenant 25 February 2016
JKI Injil Kerajaan
Covenant 2

Pdt Petrus Agung Purnomo


Janji Tuhan yang didapat Pdt Petrus Agung Purnomo :

Hari Pertama : Matius 24:14 (TB)  Dan Injil Kerajaan ini akan diberitakan di seluruh dunia menjadi kesaksian bagi semua bangsa, sesudah itu barulah tiba kesudahannya."

Hari Kedua : Mazmur 1:1-3 (TB)  Berbahagialah orang yang tidak berjalan menurut nasihat orang fasik, yang tidak berdiri di jalan orang berdosa, dan yang tidak duduk dalam kumpulan pencemooh,
tetapi yang kesukaannya ialah Taurat TUHAN, dan yang merenungkan Taurat itu siang dan malam.
Ia seperti pohon, yang ditanam di tepi aliran air, yang menghasilkan buahnya pada musimnya, dan yang tidak layu daunnya; apa saja yang diperbuatnya berhasil.

Jika kita mendapat ayat yang sama selama dua hari itu berarti Tuhan Mau kita mendalami ayat tersebut.

Jika kita mendapat dua ayat yang Berbeda selama dua hari seminar berarti Tuhan Mau berbicara kepada kita janjiNya itu saling melengkapi di hidup kita.

Lukas 8:43-48 (TB)  Adalah seorang perempuan yang sudah dua belas tahun menderita pendarahan dan yang tidak berhasil disembuhkan oleh siapa pun.
Ia maju mendekati Yesus dari belakang dan menjamah jumbai jubah-Nya, dan seketika itu juga berhentilah pendarahannya.
Lalu kata Yesus: "Siapa yang menjamah Aku?" Dan karena tidak ada yang mengakuinya, berkatalah Petrus: "Guru, orang banyak mengerumuni dan mendesak Engkau."
Tetapi Yesus berkata: "Ada seorang yang menjamah Aku, sebab Aku merasa ada kuasa keluar dari diri-Ku."
Ketika perempuan itu melihat, bahwa perbuatannya itu ketahuan, ia datang dengan gemetar, tersungkur di depan-Nya dan menceriterakan kepada orang banyak apa sebabnya ia menjamah Dia dan bahwa ia seketika itu juga menjadi sembuh.
Maka kata-Nya kepada perempuan itu: "Hai anak-Ku, imanmu telah menyelamatkan engkau, pergilah dengan selamat!"

Markus 6:55-56 (TB)  Maka berlari-larilah mereka ke seluruh daerah itu dan mulai mengusung orang-orang sakit di atas tilamnya kepada Yesus, di mana saja kabarnya Ia berada.
Ke mana pun Ia pergi, ke desa-desa, ke kota-kota, atau ke kampung-kampung, orang meletakkan orang-orang sakit di pasar dan memohon kepada-Nya, supaya mereka diperkenankan hanya menjamah jumbai jubah-Nya saja. Dan semua orang yang menjamah-Nya menjadi sembuh.

Perempuan yang menderita sakit pendarahan selama 12 Tahun, bilang kita membaca indikasinya Tuhan tidak pernah berencana untuk menyembuhkan perempuan yang sakit pendarahan.

Ketika perempuan itu menjamah ujungnya jumbai Jubah Tuhan Yesus, Tuhan Yesus sadar bahwa ada kuasa yang keluar dari tubuhnya.

Tuhan tidak merencanakan kesembuhan buat perempuan yang sakit pendarahan, ini inisiatif dari perempuan yang sakit pendarahan.
Perempuan ini berkata sudah 12 Tahun lamanya ia menderita, sudah banyak uang yang dikeluarkan hanya untuk kesembuhannya, dia berkata asal aku pegang ujung jumbai Jubah nya Tuhan.

Peristiwa kesembuhan orang-orang yang memegang ujungnya jumbai Jubah Tuhan Yesus tidak Hanya sekali terjadi.

Kesembuhannya terjadi karena Covenant.

Bilangan 15:37-39 (TB)  TUHAN berfirman kepada Musa:
"Berbicaralah kepada orang Israel dan katakanlah kepada mereka, bahwa mereka harus membuat jumbai-jumbai pada punca baju mereka, turun-temurun, dan dalam jumbai-jumbai punca itu haruslah dibubuh benang ungu kebiru-biruan.
Maka jumbai itu akan mengingatkan kamu, apabila kamu melihatnya, kepada segala perintah TUHAN, sehingga kamu melakukannya dan tidak lagi menuruti hatimu atau matamu sendiri, seperti biasa kamu perbuat dalam ketidaksetiaanmu terhadap TUHAN.

Pengertian ujung jumbai Jubah Tuhan adalah mengenai urusan dengan hati Dan Mata yang tidak setia kepada Tuhan.

Ujung jumbai Jubah Tuhan dibuat agar orang yang melihatnya adalah kita adalah orang-orang yang tidak setia Dan tidak menurut kehendakNya. Hati dan Mata kita tidak setia.

Ujung jumbai Jubah Tuhan Yesus diartikan agar kita ingat Dan minta ampun sama Tuhan untuk ketidaksetiaan kita.

Covenant with God bila dilakukan dengan pengertian maka akan mengaktifkan kuasa Tuhan, mungkin Pada hari itu Tuhan tidak merencanakan akan memberikan mujijat dihidup mu.

Jika Tuhan sentuh hidup kita maka sesuatu akan terjadi dalam hidup kita.

Kita harus menerima perjanjian Tuhan dengan pengertian, jika kita tidak setia, minta ampun sama Tuhan maka akan ada kuasa yang keluar dari Tuhan Dan akan mengubah hidup kita.

2 Tawarikh 13:1-18 (TB)  Dalam tahun kedelapan belas zaman raja Yerobeam menjadi rajalah Abia atas Yehuda.
Tiga tahun lamanya ia memerintah di Yerusalem. Nama ibunya ialah Mikhaya, anak Uriel dari Gibea. Dan ada perang antara Abia dan Yerobeam.
Abia memulai perang dengan pasukan pahlawan-pahlawan perang, yang jumlahnya empat ratus ribu orang pilihan, sedangkan Yerobeam mengatur barisan perangnya melawan dia dengan delapan ratus ribu orang pilihan, pahlawan-pahlawan yang gagah perkasa.
Lalu Abia berdiri di atas gunung Zemaraim, yang termasuk pegunungan Efraim, dan berkata: "Dengarlah kepadaku, Yerobeam dan seluruh Israel!
Tidakkah kamu tahu, bahwa TUHAN Allah Israel telah memberikan kuasa kerajaan atas Israel kepada Daud dan anak-anaknya untuk selama-lamanya dengan suatu perjanjian garam?
Tetapi Yerobeam bin Nebat, hamba Salomo bin Daud, telah bangkit memberontak melawan tuannya.
Petualang-petualang, orang-orang dursila, berhimpun padanya; mereka terlalu kuat bagi Rehabeam bin Salomo, yang masih muda dan belum teguh hati, dan yang tidak dapat mempertahankan diri terhadap mereka.
Tentu kamu menyangka, bahwa kamu dapat mempertahankan diri terhadap kerajaan TUHAN, yang dipegang keturunan Daud, karena jumlah kamu besar dan karena pada kamu ada anak lembu emas yang dibuat Yerobeam untuk kamu menjadi allah.
Bukankah kamu telah menyingkirkan imam-imam TUHAN, anak-anak Harun itu, dan orang-orang Lewi, lalu mengangkat imam-imam menurut kebiasaan bangsa-bangsa negeri-negeri lain, sehingga setiap orang yang datang untuk ditahbiskan dengan seekor lembu jantan muda dan tujuh ekor domba jantan, dijadikan imam untuk sesuatu yang bukan Allah.
Tetapi kami ini, TUHANlah Allah kami, dan kami tidak meninggalkan-Nya. Dan anak-anak Harunlah yang melayani TUHAN sebagai imam, sedang orang Lewi menunaikan tugasnya,
yakni setiap pagi dan setiap petang mereka membakar bagi TUHAN korban bakaran dan ukupan dari wangi-wangian, menyusun roti sajian di atas meja yang tahir, dan mengatur kandil emas dengan pelita-pelitanya untuk dinyalakan setiap petang, karena kamilah yang memelihara kewajiban kami terhadap TUHAN, Allah kami, tetapi kamulah yang meninggalkan-Nya.
Lihatlah, pada pihak kami Allah yang memimpin, sedang imam-imam-Nya siap meniup tanda serangan terhadap kamu dengan nafiri isyarat-isyarat. Hai orang Israel, jangan kamu berperang melawan TUHAN, Allah nenek moyangmu, karena kamu tidak akan beruntung!"
Tetapi Yerobeam mengirim suatu pasukan penghadang yang harus membuat gerakan keliling supaya sampai di belakang mereka, sehingga induk pasukannya berada di depan Yehuda dan pasukan-pasukan penghadang di belakang mereka.
Ketika Yehuda menoleh ke belakang, lihatlah, mereka harus menghadapi pertempuran dari depan dan dari belakang. Mereka berteriak kepada TUHAN, sedang para imam meniup nafiri,
dan orang-orang Yehuda memekikkan pekik perang. Pada saat orang-orang Yehuda itu memekikkan pekik perang, Allah memukul kalah Yerobeam dan segenap orang Israel oleh Abia dan Yehuda.
Orang Israel lari dari depan Yehuda, tetapi Allah menyerahkan mereka ke dalam tangan Yehuda.
Abia dengan laskarnya mendatangkan kekalahan yang besar kepada mereka. Dari orang Israel mati terbunuh lima ratus ribu orang pilihan.
Demikianlah orang Israel ditundukkan pada waktu itu, sedang orang Yehuda menjadi kokoh, karena mereka mengandalkan diri kepada TUHAN, Allah nenek moyang mereka.

Orang Israel Ditundukkan Dan orang Yehuda menjadi koko karena mengandalkan Tuhan.

Bagaimana Cara Mengandalkan diri kepada Tuhan ?

Perjanjian Garam adalah perjanjian persahabatan sehidup semati. Perjanjian Garam mempunyai nilai persahabatan yang lebih dari persahabatan biasa.

Abia meneriakkan covenant ketika Ia menghadapi Yerobeam, Abia memenangkan Perang walaupun tentara nya lebih sedikit dari tentara Yerobeam.

Jika kita mendapat covenant Tuhan, pegang covenant itu Dan hidup kita akan Berbeda.

Kalau kita mengerti artinya perjanjian Tuhan kita tidak akan takut Dan hidup kita akan Berbeda.
Banyak orang Kristen yang menempelkan hidupnya sama Tuhan tetapi tidak mengerti artinya perjanjian Tuhan.

Pengertian Covenant Tuhan akan mengaktifkan kuasa Tuhan Dalam hidup kita Dan hidup kita akan diberkati.

Kejadian 36:1-8 (TB)  Inilah keturunan Esau, yaitu Edom.
Esau mengambil perempuan-perempuan Kanaan menjadi isterinya, yakni Ada, anak Elon orang Het, dan Oholibama, anak Ana anak Zibeon orang Hewi,
dan Basmat, anak Ismael, adik Nebayot.
Ada melahirkan Elifas bagi Esau, dan Basmat melahirkan Rehuel,
dan Oholibama melahirkan Yeush, Yaelam dan Korah. Itulah anak-anak Esau, yang lahir baginya di tanah Kanaan.
Esau membawa isteri-isterinya, anak-anaknya lelaki dan perempuan dan semua orang yang ada di rumahnya, ternaknya, segala hewannya dan segala harta bendanya yang telah diperolehnya di tanah Kanaan, lalu pergilah ia ke negeri lain dan ia meninggalkan Yakub, adiknya itu.
Sebab harta milik mereka terlalu banyak, sehingga mereka tidak dapat tinggal bersama-sama, dan negeri penumpangan mereka tidak dapat memuat mereka karena banyaknya ternak mereka itu.
Maka menetaplah Esau di pegunungan Seir; Esau itulah Edom.

Kejadian 37:1 (TB)  Adapun Yakub, ia diam di negeri penumpangan ayahnya, yakni di tanah Kanaan.

Esau dari semula adalah seorang yang practise, Ia berkata buat apa hidup di Kanaan. Padahal dia mendapat kekayaan di Kanaan.

Esau memutuskan untuk meninggalkan Kanaan, Ia suka yang Pada yang praktis.

Yakub lebih suka tinggal di Kanaan, Ia menunggu janji Tuhan digenapi dalam hidup kita.

Roma 9:1, 13 (TB)  Aku mengatakan kebenaran dalam Kristus, aku tidak berdusta. Suara hatiku turut bersaksi dalam Roh Kudus,
seperti ada tertulis: "Aku mengasihi Yakub, tetapi membenci Esau."

Seringkali kita melihat yang diberikan Tuhan kepada kita tidak berguna.

Seberapa kita menghargai perjanjian Tuhan maka Tuhan akan memberikan kepada kita berkat Tuhan.

Cara Mengaktifkan Covenant :

1. Lukas 24:44-45
Kita harus mengerti Firman Tuhan supaya Tuhan membuka pikiran kita.
Kita harus meminta Tuhan membuka pikiran kita supaya kita menerima banyak janji Tuhan.

2. Yohanes 8:30-36
Kita harus memiliki pengertian maka kita akan mengaktifkan semua potensi yang kita miliki.

3. Mazmur 119:130
Bila Firman Tuhan tersingkap maka akan memberikan Terang kepada orang bodoh.

Pengertian itu menyelamatkan kita dari kekonyolan. Kita harus memiliki pengertian supaya kita tidak bodoh.

4. Lukas 24:13-16
Jika kita membaca Alkitab minta Tuhan membuka pikiran kita. Kita harus menemukan Rhema buat hidup kita.

Roma 10:17 Iman timbul dari pendengaran akan Firman Tuhan. Firman Tuhan disini berbicara mengenai Rhema. Rhema bagian dari Logos yang dihidup kan oleh Roh Kudus, itu memunculkan iman, iman itu mengaktifkan perjanjian Tuhan didalam hidup kita.

Komentar

Postingan Populer