Belajar Menangkap Dari Roh Kudus

Belajar Menangkap Dari Roh Kudus
 

Ev. Iin Tjipto
 

Yusuf ditangkap Tuhan di usia yang sangat muda.
Ada kekuatan besar yang ada di dalam hidupmu, belajar tangkap dengan Rohmu apa yang Roh Kudus berikan dalam hidup ini !
Tangkap hal ini dengan Roh maka Tuhan akan ubahkan hidupmu..

Kejadian 39:1-7
1: Adapun Yusuf telah dibawa ke Mesir; dan Potifar, seorang Mesir, pegawai istana Firaun, kepala pengawal raja, membeli dia dari tangan orang Ismael yang telah membawa dia ke situ. 
2: Tetapi TUHAN menyertai Yusuf, sehingga ia menjadi seorang yang selalu berhasil dalam pekerjaannya; maka tinggallah ia di rumah tuannya, orang Mesir itu. 
3: Setelah dilihat oleh tuannya, bahwa Yusuf disertai TUHAN dan bahwa TUHAN membuat berhasil segala sesuatu yang dikerjakannya,
4: maka Yusuf mendapat kasih tuannya, dan ia boleh melayani dia; kepada Yusuf diberikannya kuasa atas rumahnya dan segala miliknya diserahkannya pada kekuasaan Yusuf. 
5: Sejak ia memberikan kuasa dalam rumahnya dan atas segala miliknya kepada Yusuf, TUHAN memberkati rumah orang Mesir itu karena Yusuf, sehingga berkat TUHAN ada atas segala miliknya, baik yang di rumah maupun yang di ladang. 
6: Segala miliknya diserahkannya pada kekuasaan Yusuf, dan dengan bantuan Yusuf ia tidak usah lagi mengatur apa-apapun selain dari makanannya sendiri. Adapun Yusuf itu manis sikapnya dan elok parasnya. 
7: Selang beberapa waktu isteri tuannya memandang Yusuf dengan berahi, lalu katanya: "Marilah tidur dengan aku."
 

Yusuf hanya seorang anak, setelah dia keluar dari lubang sumur, diseret seperti tidak ada harganya, dijual di pasar, dan akhirnya dibeli. Yang di dalammu bagaimana?
Tuhan tidak pernah bisa menyertai Yusuf kalau yang di dalamnya belum beres, dan membuat yang di dalam beres itu tidak mudah.
 

Yusuf ketika di dalam sumur, di pasar, dll, dia bisa saja yang di dalamnya kesal, ingin bunuh kakaknya, bisa ketakutan hingga tidak bisa ngapa-ngapain. Selain itu dia juga tidak mengerti bahasa Mesir, dia bisa sangat-sangat "goblok". Dia bisa terus berkhayal seandainya dia sedang berada di rumah bapaknya, makan makanan Israel, dll.

Banyak orang ingin berkat, lawatan, tapi yang di dalamnya belum beres.. Kehambaan yang sejati bukan dimulai dari luar, tapi dimulai dari dalam. Kehambaan tidak pernah bisa dengan tumpang tangan.. Kehambaan perlu peremukan dan dibuat, dicetak ulang. Kalau engkau tangkap dengan Roh, berkata "aku mau"..

Orang butuh dokter, tapi belum tentu cinta dokter.
Sama seperti ke Tuhan, engkau mungkin butuh Tuhan, tapi engkau belum tentu mencintai Tuhan..
Kalau engkau tidak belajar menyukai jalan Tuhan, dan jalan dengan passion, engkau tidak akan sampai garis akhir..
Kalau engkau jalan dengan Tuhan, kenal "diam"nya Tuhan, kenal arti lirikan mata Tuhan, arti senyum Tuhan, baru engkau bisa jadi seperti yang Tuhan rindukan..

Tangkap dari Rohmu! Punyakah engkau kerinduan itu? Sampai engkau kenal diamNya, senyumNya, lirikanNya.. Sampai engkau tidak mengejar ambisi dan maumu sendiri, tapi berjalan dengan jalannya Tuhan dan dilakukan dengan passion, tidak sekedar taat.. Belajar dengan passion!
Sekalipun bagianmu dalam pelayanan paling kecil, lakukan dengan segenap hati, itu pelayanan..

Ketika engkau melakukan yang tidak dilihat orang, itu yang Tuhan lihat, itu yang Tuhan nilai, karena ketika engkau pelayanan dan dilihat orang, itulah upahmu..

Ada yang ditentukan untuk menjadi besar, tapi engkua harus mengerti yang artinya hati hamba! Karena kalau engkau tidak mengerti, engkau bisa mengambil kemuliaan Tuhan..
Belajar jujur di hadapan Tuhan, jujur dengan diri sendiri..

Kenal siapa dirimu.. Sebenarnya tidak susah untuk Tuhan memenuhi hidupmu, tapi "sulit" buat Tuhan menghabisi dirimu..

Berapa banyak dari engkau yang mau dilatih Tuhan?
Jika reaksi Yusuf berdasarkan perasaannya, ketika dia bertemu saudaranya, dia pasti bisa marah.. Yusuf sangat dididik, dia jadi kuda keagungan yang bisa dipercaya oleh Tuhan..
Siaplah untuk engkau dilatih Tuhan mulai hari ini!

3: Setelah dilihat oleh tuannya, bahwa Yusuf disertai TUHAN dan bahwa TUHAN membuat berhasil segala sesuatu yang dikerjakannya,
4: maka Yusuf mendapat kasih tuannya, dan ia boleh melayani dia;...

Sangat berbeda kalau engkau bekerja, dan engkau bisa mendapat kasih dan sudah dianggap melayani tuanmu..
Banyak yang cuma bekerja untuk dirinya sendiri, tapi tidak bisa "meraba" hati tuannya..
Belajar kenali Tuhanmu hingga engkau mendapat kasih Tuhan dan melayani Tuhan..

Komentar

Postingan Populer