Kualitas Hidup Yusuf

Kualitas Hidup Yusuf



Pdt. Petrus Agung Purnomo

Belajar dari Yusuf, ini pertanyaannya, kualitas orang seperti Yusuf itu darimana asalnya?
Kejadian 37:1-3
1: Adapun Yakub, ia diam di negeri penumpangan ayahnya, yakni di tanah Kanaan.
2: Inilah riwayat keturunan Yakub. Yusuf, tatkala berumur tujuh belas tahun--jadi masih muda--biasa menggembalakan kambing domba, bersama-sama dengan saudara-saudaranya, anak-anak Bilha dan Zilpa, kedua isteri ayahnya. Dan Yusuf menyampaikan kepada ayahnya kabar tentang kejahatan saudara-saudaranya.
3: Israel lebih mengasihi Yusuf dari semua anaknya yang lain, sebab Yusuf itulah anaknya yang lahir pada masa tuanya; dan ia menyuruh membuat jubah yang maha indah bagi dia.

Budaya pada zaman itu, ada yang namanya anak dari istri, raja dari selir, anak dari budak..
Abraham punya anak, Ismail, anak dari budak, Ishak anak dari istri..

Anak budak berbeda dengan anak istri, walau mungkin Tuhan lihatnya berbeda, tapi manusia punya cara pandang yang seperti itu.

Ketika memulai cerita tentang Yusuf, arti yang sebenarnya itu Yusuf bekerja DI BAWAH SAUDARA-SAUDARA tirinya, bekerja untuk anak-anak budaknya, yaitu anak-anak Bilha dan Zilpa.. Mereka sadar mereka lahir dari rahim budak, dan anak kelas nomor "tiga", yang kelas "satu" itu anak Rahel, kelas "dua" yaitu anak Lea. Namun Yusuf harus bekerja di posisi nomor tiga..

Orang besar punya 2 unsur, dilahirkan, dan dijadikan. Ada yang dilahirkan hebat. Yusuf sebenarnya dilahirkan luar biasa.

Ada yang dilahirkan biasa, tapi ada cara kedua, yaitu dibentuk untuk jadi luar biasa.
Cerita pertama yang dimunculkan di alkitab yaitu bagaimana Yusuf sebagai anak Rahel harus bekerja di bawah anak-anak budaknya Yakub, dan ini bukan hal yang mudah. Yusuf mengerti cara menempatkan dirinya, dia mengerti artinya turun ke bawah, tapi tidak jadi injakan keadaan..

Ini harus jadi standarmu, engkau mungkin boleh ditempatkan di paling bawah, tapi engkau tidak boleh terpengaruh, tidak seperti yang di bawah, tidak melakukan kejahatan seperti yang di bawah.

Ada hal yang dilahirkan, ada yang dibentuk/diciptakan..

Yusuf ini born, and made.. Dia ini anak pada masa tuanya Yakub, dan istilah ini sebenarnya punya arti yaitu seorang anak yang bijaksana. Dia punya nature yang baik, bijaksana, dan dia juga dapat jubah warna-warni, dan ini sebenarnya jubah penguasa..
Yakub menaruh impiannya pada Yusuf, dan Yusuf dididik "di bawah"..

Siapapun engkau, engkau harus siasati hidupmu agar bisa jadi yang terbaik sehingga apa yang Tuhan tetapkan atas hidupmu itu jadi. Musuhmu itu dagingmu, perasaanmu, takutmu, mindermu, tidak percaya dirimu..

Dari pihak Tuhan, Dia ingin buat yang besar dalam hidupmu, Dia ingin hidupmu diberkati dan berubah..
 
Belajar kenali siapa dirimu! Engkau mungkin sedang berada dalam didikan Tuhan hingga posisimu sepertinya di bawah, namun maukah engkau tetap berada di bawah hingga proses itu selesai? Seperti Yusuf, dia diajar untuk menggembalakan kambing domba di bawah anak-anak budak..

Yang di dalammu itu siapa, budak, atau orang merdeka?

Bisakah engkau melihat siapa dirimu?

Tuhan mau bekerja sama dengan hidupmu..

Biarkan Tuhan bekerja dalam hidupmu, dan siasati semua kecenderunganmu..

Komentar

Postingan Populer