Ecclesia

Ecclesia

Pdt. Petrus Agung Purnomo

Tuhan yang kita sembah itu bukan Tuhan yang memaksakan kehendak/kemauanNya dalam hidup kita, Dia beri freewill untuk manusia.. Tuhan butuh kerjasama kita denganNya..
Siapa yang percaya bahwa kebenaran itu memerdekakan kita? Kamu akan mengetahui kebenaran dan kebenaran itu akan memerdekakan kamu. Kebenaran itu, kebenaran yang mana? Kebenaran yang engkau ketahui!

Keselamatan hanya ada di dalam Yesus, di luar itu tidak ada. Kenapa di luar itu masih banyak orang yang mati dan masuk neraka? Karena mereka belum mengenal kebenaran, oleh karena itu kita harus pergi keluar dan memberitakan kebenaran hingga mereka mengerti mengenai kebenaran itu. Selama kebenaran itu belum bisa kita mengerti, kebenaran itu tidak akan berakibat dalam hidup kita.

Kebenaran dari firman yang kita ketahui itu yang membuat kita percaya dan mengalami kebenaran itu.

Kita perlu mengerti mengenai kebenaran itu..

Tuhan berkata kepada kita itu sesuai dengan pengertian masing-masing, sehingga setiap orang bisa punya pendapat masing-masing. Karena itu kita butuh pengertian lebih lagi dan kenal Tuhan secara pribadi lebih lagi.

Gereja itu apa? Imajinasi kita biasanya mengenai bangunan, gedung gereja, kumpulan orang percaya, dll. Tuhan itu mengajar kita sesuai pengertian kita, sehingga apa yang Dia berikan dalam kehidupan kita itu sesuai dengan pengertian kita.

Matius 16:18 Dan Akupun berkata kepadamu: Engkau adalah Petrus e  dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan jemaat 1 -Ku f  dan alam maut tidak akan menguasainya 2 .

"Di atas batu karang ini Aku akan dirikan gerejaKu." Gereja itu dari bahasa Yunani artinya Ekklesia. Ekklesia itu apa? Ekklesia yang dipakai Yesus mengenai gereja ini tidak pernah dipakai sebelumnya, tidak pernah disebutkan sebelumnya. Ekklesia bukan dipakai untuk orang sipil, awalnya adalah sebuah istilah untuk militer. Ekklesia adalah istilah militer, artinya seorang prajurit yang dipanggil untuk bergabung menjadi sebuah pasukan. Ketika Yesus berkata hal itu, terjemahan yang paling tepat itu adalah "di atas batu karang ini Aku akan bangun tentaraKu".

Engkau itu adalah tentara Kristus! Tapi ketika Tuhan melihat kalian, kira-kira apa reaksi Tuhan
Kota ini tidak tergantung politikus, partai, walikota, gubernur, dll, tapi tergantung tentara Tuhan! Kota ini tanggung jawabmu!

Duduki secara rohani, tidak cukup hanya dengan doa.. Setan kerjanya hanya menyakiti hati Tuhan..

Kalau engkau hanya kumpul, berdoa, itu bagus.. Tapi Tuhan juga mau engkau menduduki sarang musuh. Kumpul itu untuk menyatukan kekuatan dengan tujuan yang jelas. Kalau sebuah kota dibiarkan, ujungnya yang memimpin akan tidak karuan juga.. Apakah engkau bisa mengontrol kota dengan otoritas yang Tuhan berikan? Kuasai atmosfer kotamu!
 
Ekklesia adalah seorang prajurit yang dipanggil untuk bergabung menjadi sebuah tentara.

Dalam perkembangan sejarah, kata Ekklesia diambil oleh orang Romawi, dan kata ini akhirnya diadopsi jadi istilah Roma, dan kata ini artinya sekelompok orang yang diangkat oleh Kaisar, dikirim ke daerah jajahan baru untuk mentransformasi daerah itu agar menjadi persis seperti Roma, baik dari aturan, hukum, budaya, dll, semuanya diatur menjadi sama seperti Roma.

Setelah engkau kuasai suatu daerah di alam roh, barulah engkau bisa menjadi agen transformasi/perubahan di daerah tersebut. Engkau boleh punya ide sebagus apapun, tapi kalau secara roh bukan teritorialmu, ya tidak akan berubah.

Komentar

Postingan Populer