Keputusan-Keputusan Tuhan

Keputusan-Keputusan Tuhan
Ev. Iin Tjipto Wenas


 
Roma 11:33
“......Sungguh tak terselidiki keputusan-keputusan-Nya dan sungguh tak terselami a  jalan-jalan-Nya!”

Hari ini kita akan belajar satu Kedalaman yang Tuhan sediakan buat hidup kita yaitu Keputusan-keputusan Tuhan. Suatu hari saya melayani seorang yang konseling, orang ini benar-benar marah sama Tuhan, dia tidak pernah mengerti keputusan Tuhan. Dia marah karena penderitaannya, dia marah karena merasa tidak mendapat kesempatan, dia marah karena merasa Tuhan tidak adil. Akhirnya saya mencoba memberikan pengertian walaupun akhirnya saya menyerah karena orang ini tidak mengenal Tuhan dan tidak memahami keputusanNya.

Jika saudara mengenal Tuhan maka saudara akan bertanya kepada Tuhan. Di dalam hidup saya, saya selalu bertanya, bahkan saya bertanya sampai hal-hal yang mungkin saudara tidak pernah tanya. Misalnya begini : “Kenapa saya lahir sebagai perempuan ?” Kenapa Tuhan tidak lahirkan saya sebagai laki-laki ? Lalu Tuhan memberikan penjelasan, “Kalau kamu dilahirkan sebagai laki-laki bayangin ya.” Tuhan bilang : “Kamu akan memerintah banyak orang, kamu akan selalu mau menjadi nomor satu, ujungnya kamu akan sangat mudah jatuh dalam kesombongan seperti Lucifer karena kamu tidak akan ada tudung, kamu akan menjadi Top Nomor Satu. Aku tahu, Aku mau jadikan kamu sangat-sangat besar tapi kamu tetap dalam tudung karena itu Aku buat kamu jadi perempuan. Itu juga yang akan membuat kamu saling berhubungan.”

Kalau mau bicara tentang semua misi Bahtera, semua yang menangkap Bahtera siapa ? Saya. Tetapi kenapa saya harus berada dibawah yang lain ? Supaya saya tidak jatuh dalam kesombongan. Supaya kita saling membutuhkan satu dengan yang lain. Tuhan berkata : “Nak, semua sudah Aku Rencanakan dan Desain.” Sehingga saya tidak pernah bisa marah, saya tahu setiap keputusan Tuhan. Mengapa Evi, adik ipar saya meninggal ? Tuhan jelaskan : “Ini lho nak hitungannya, seharusnya kamu melanjutkan perang tetapi kamu berhenti berperang tetapi Aku buat semuanya menjadi kebaikan.” Karena sebenarnya dia tidak tahan untuk menghadapi banyak hal, dan saat itu dia sedang berada di puncak kerohaniannya, kekuatannya.”

Saudara itu membuat saya mengerti begitu banyak keputusan Tuhan. Tapi banyak orang tidak pernah belajar, mengobrol sama Tuhan, sehingga kita tidak tahu Tuhan itu adil, sangat adil dan Dia tidak pernah salah. Kalau kita mempelajari ini maka kita akan mempunyai Kedalaman dan juga akan mengetahui Jalan-JalanNya. Kalau kita tidak pernah menangkap jalanNya kita tidak pernah bisa naik ke atas.

Contohnya banyak orang berpikir untuk menjadi kaya, dia akan desak sana sini, sikut sana-sini, lalu kemudian dia berpikir untuk jadi kaya dia berakting seperti orang kaya, hidup mewah, pakai barang-barang bermerek. Itu adalah salah besar itu adalah awal kejatuhan. Alkitab berkata : orang yang berlagak kaya itu akan habis. Ada orang ingin kaya, maaf kata matanya itu mata keranjang, suka jelalatan, ingin ini, ingin itu. Dan Tuhan bilang si pemboros itu tidak bisa kaya dan Alkitab juga mengatakannya. Sekalipun ada orang mungkin sebenarnya bawaan kaya, tapi karena malas, maunya memerintah dan minta tolong terus. Ini namanya sifat dosa, malas. Alkitab berkata : orang yang malas tidak akan kaya.

Amsal 12:27 Orang malas tidak akan menangkap buruannya, tetapi orang rajin akan memperoleh harta yang berharga.

Kalau dari kecil seorang anak kecil itu malasnya sudah sangat haleluya makan susah kaya. Orang kaya harus lihat jalannya Tuhan. Kalau saudara tidak menangkap jalan-jalanNya Tuhan, maka kita tidak mempunyai kedalaman, saudara tidak bisa menangkap apa yang menjadi kehendakNya.

Ada banyak orang berkata : Enak ya jadi anaknya Bu Iin. Oh salah saudara-saudara, Tuhan itu adil. Contohnya : Kalau di Mahanaim mungkin anak-anak Rumah Shalom tidak akan dituntut sebanyak anak saya. Tuhan itu adil. Jika engkau berfungsi maksimal di tempatmu, lihat saja Tuhan akan memberkati engkau sangat banyak.

Jika kita bicara soal statistik, tidak ada anak konglomerat jadi konglomerat baru, hampir tidak ada. Kenyataannya statistik hanya berkata satu persen. Konglomerat baru selalu diciptakan bukan oleh anak konglomerat tapi diciptakan oleh anak orang miskin, kenapa ? Karena itulah jalan Tuhan. Kalau engkau anak orang miskin, engkau bayar harganya dengan rajin, kau bayar dengan jujur, ada berkat-berkat spesial dan ada kemudahan-kemudahan spesial yang lain. Pelajari Alkitab, tidak ada tokoh Alkitab yang di level Raja yang dikenan Tuhan yang tidak melewati sebuah proses kehambaan. Itu sebabnya mengapa Rehabeam langsung habis, karena sebagai anak Salomo, ia memiliki tuntutan minimal seperti ayahnya. Begitu ia tidak punya hikmat seperti ayahnya, maka di hari pertama ia memerintah, ia mendapat masalah dan jatuh. Kerajaan Israel menjadi terpecah dua bagian, Kerajaan Yehuda dan Kerajaan Israel. Kenapa Hal ini terjadi ? Karena Rehabeam adalah anak Salomo, ia memiliki standar yang tinggi, begitu ia tidak seperti ayahnya maka ia habis. Selami jalan Tuhan, kalau saudara bisa menyelami jalan Tuhan, saudara akan menangkap yang dari Tuhan maka hidupmu akan berbeda.

Efesus 3 : 18 Aku berdoa, supaya kamu bersama-sama dengan segala orang kudus j  dapat memahami, betapa lebarnya dan panjangnya dan tingginya dan dalamnya k  kasih Kristus,

Sebenarnya ini berbicara tentang Unity, bersama-sama dan kekuatan Unity ini sangat Ajaib. Alkitab berkata : Kalau ada dua orang sepakat meminta sesuatu pasti akan diberikan. Lalu Tuhan berkata : “mereka satu bangsa dengan satu bahasa apapun pasti terjadi.” Jika kita bersama-sama orang kudus dan bersama-sama Unity, kita mengerti tentang artinya Kasih Kristus maka akan menjadi suatu ledakan yang ajaib. Saya berdoa agar kita sungguh-sungguh menangkap, karena hari-hari ini dimana saya menangkap Tuhan sepertinya mau mencurahkan AirNya yang dahsyat tetapi kita belum siap. Ayo kita lebih dalam lagi sampai kita mengerti hatiNya Tuhan. Kalau kita mengerti Kasih Tuhan, kita akan melihat orang-orang, jiwa-jiwa maka kita akan berdoa sedemikian rupa sampai jiwa-jiwa diselamatkan.

Kedalaman membuat kita berkata : Tidak cukup, aku akan kasih semua dari kekayaanku pun tidak cukup. Aku menari sampai sekuat tenagapun tidak cukup karena dalamnya CintaNya.” Saya berdoa agar setiap kita menangkapnya dan berseru : “Tuhan bawa aku dalam kedalaman kekayaan, hikmat, pengetahuan, kasihMu, jalan-jalanMu. Bawa aku dalam kedalaman supaya aku sungguh-sungguh bisa menampung air terjunMu, hatiMu, kekayaanMu, buat aku berada dalam kedalaman.” Saya berdoa seperti itu bertahun-tahun yang lalu dan pada waktu saya sungguh-sungguh menginginkannya, saya masih ingat saya sedang jalan, tiba-tiba Roh Kudus berada disisi saya. Dia mulai bercerita tentang rumput. Tuhan bilang : “Nak, kamu tahu soal keputusanKu ? Aku ciptakan rumput ada tujuannya. Aku ciptakan kutu ada tujuannya. Tuhan berkata : Apalagi Aku ciptakan engkau.”

Saya pernah melihat di saluran TV kabel, jika bercermin wajah kita mungkin kelihatan mulus dan bersih tetapi kalau dilihat dengan mikroskop ada jutaan bakteri diwajah kita. Bakterinya baru kelihatan harus diperbesar sebanyak 1000 kali baru kelihatan bakterinya. Setiap hari diwajah kita ada jutaan sel-sel kulit kita mati, jika tidak ada bakteri maka sel kulit mati itu akan menumpuk dan menebal. Bakteri yang harus diperbesar 1000 kali saja ada destinynya, apalagi kamu. Apakah kamu berpikir kamu lahir secara kebetulan ? Mari kita miliki kedalaman, mengerti dalamnya, kalau kita mengerti ini maka caramu melihat akan berbeda.

Dimanapun engkau berada dan ditempatkan dimana saat ini, tidak ada suatu yang kebetulan, itu semua memiliki destiny yang sangat jelas. Amin

Jatiwangi, 17 April 2016
By His Grace

Joshua Ivan Sudrajat      

Komentar

Postingan Populer