Kitab Kehidupan



Kitab Kehidupan
Ev. Drg. Yusak Tjipto Purnomo


20:12 Dan aku melihat orang-orang mati, besar dan kecil, a  berdiri di depan takhta itu. Lalu dibuka b  semua kitab. Dan dibuka juga sebuah kitab lain, yaitu kitab kehidupan. c  Dan orang-orang mati dihakimi d  menurut perbuatan e  mereka, berdasarkan apa yang ada tertulis di dalam kitab-kitab itu. 20:13 Maka laut menyerahkan orang-orang mati yang ada di dalamnya, dan maut dan kerajaan maut f  menyerahkan orang-orang mati g  yang ada di dalamnya, dan mereka dihakimi masing-masing menurut perbuatannya. h  20:14 Lalu maut i  dan kerajaan maut j  itu dilemparkanlah ke dalam lautan api 1 . k  Itulah kematian l  yang kedua: lautan api. 20:15 Dan setiap orang yang tidak ditemukan namanya tertulis di dalam kitab kehidupan 2  m  itu, ia dilemparkan ke dalam lautan api itu. (Wahyu 20:12-15)

Di Pengadilan Terakhir setiap orang dihakimi menurut agamanya masing-masing. Pada waktu itu semua kitab agama-agama dibuka, Kitab agama Islam, Hindu, Budha, Injil semua kitab-kitab dibuka. Setelah itu nantinya semua orang akan diadili menurut agamanya. Misalnya Kitab Injil dibuka, orang-orang yang percaya kitab Injil akan diadili. “Anda percaya Injil tidak ? Injil berkata apa ? Jika kamu mengasihi Aku, maka kamu akan melakukan FirmanKu. Kamu melakukannya atau tidak ?

Ada hamba-hamba Tuhan diadili, lalu kitab dibuka, kemudian dia ditanyai : “Kamu sudah melakukan Firman Tuhan ?” Sudah, aku mendidik orang dalam kebenaran, aku sudah mendapat karunia membangkitkan orang mati.” Lalu Tuhan berkata : “Yang kamu lakukan itu untuk dirimu sendiri dan bukan untuk Aku. Aku tidak kenal kamu !” Nantinya pengadilan akan seperti itu. Ini tidak berarti bahwa ada banyak Kitab Kehidupan sesuai dengan agama masing-masing. Yang disebut kitab kehidupan itu hanya milik Tuhan Yesus dan bukan kitabnya orang lain, itu tertulis dalam Wahyu 20 : 12  20:12 Dan aku melihat orang-orang mati, besar dan kecil, a  berdiri di depan takhta itu. Lalu dibuka b  semua kitab. Dan dibuka juga sebuah kitab lain, yaitu kitab kehidupan. c  Dan orang-orang mati dihakimi d  menurut perbuatan e  mereka, berdasarkan apa yang ada tertulis di dalam kitab-kitab itu.

Jadi semua kitab itu bukan Kitab Kehidupan. Kitab Kehidupan hanya ada satu dan itu milik Tuhan Yesus. Orang yang percaya Yesus dan menjadi pelaku Firman Tuhan akan tercatat di Kitab Kehidupan.

Ketika anda bertobat untuk pertama kalinya, nama anda sudah masuk dalam Kitab Kehidupan. Tetapi nama anda yang sudah masuk bisa juga dihapus. Ini bertentangan dengan kepercayaan sebagian orang kristen protestan yang mengatakan : Bahwa sekali mereka bertobat maka akan tetap selamat (sekali selamat tetap selamat selamanya). Kepercayaan ini salah. Di Alkitab berkata bahwa nama itu bisa dihapus. Contohnya waktu Musa membela bangsa Israel dihadapan Tuhan. Musa berkata :

32:32 Tetapi sekarang, kiranya Engkau mengampuni dosa u  mereka 1  itu--dan jika tidak, hapuskanlah v  kiranya namaku dari dalam kitab w  yang telah Kautulis." 32:33 Tetapi TUHAN berfirman kepada Musa: "Siapa yang berdosa kepada-Ku, nama orang itulah yang akan Kuhapuskan x  dari dalam kitab-Ku. (Keluaran 32:32-33)

Jadi sekali lagi saya tegaskan bahwa nama anda bisa dihapus dari kitab kehidupan. Setelah Kerajaan Seribu Tahun berakhir, kemudian terjadi perang Armagedon (Harmagedon). Setelah itu Kitab Kehidupan Terbuka dan Firdaus diubah menjadi Dunia baru. Nanti kita akan tinggal didunia baru bersama dengan Tuhan Yesus. Surga tetap Surga, tetapi tidak setiap orang masuk Surga, yang ada disana mungkin hanya beberapa orang saja yaitu mereka yang menjadi sahabat khusus Allah. Sedangkan alam maut akan dijadikan neraka, neraka yang kekal.

Jatiwangi, 17 Mei 2016
By His Grace

Joshua Ivan Sudrajat

Komentar

Postingan Populer