Bergaul Dengan Tuhan Yesus Menaikkan Nilai-Nilai Kehidupan



Bergaul Dengan Tuhan Yesus Menaikkan Nilai-Nilai Kehidupan
Pdt. Petrus Agung Purnomo


Bahan Renungan :
Musa menasihati bangsa itu memelihara hukum Allah
4:1 "Maka sekarang, hai orang Israel, dengarlah ketetapan n  dan peraturan yang kuajarkan o  kepadamu untuk dilakukan, supaya kamu hidup 1  p  dan memasuki serta menduduki negeri yang diberikan kepadamu oleh TUHAN, Allah nenek moyangmu. 4:2 Janganlah kamu menambahi q  apa yang kuperintahkan kepadamu dan janganlah kamu menguranginya 2 , r  dengan demikian kamu berpegang s  pada perintah t  TUHAN, Allahmu, yang kusampaikan kepadamu. 4:3 Matamu sendiri telah melihat apa yang diperbuat TUHAN mengenai Baal-Peor, u  sebab TUHAN, Allahmu, telah memunahkan dari tengah-tengahmu semua orang yang mengikuti Baal-Peor, 4:4 sedangkan kamu sekalian yang berpaut pada TUHAN, Allahmu, masih hidup pada hari ini. 4:5 Ingatlah, aku telah mengajarkan v  ketetapan dan peraturan w  kepadamu, seperti yang diperintahkan x  kepadaku oleh TUHAN, Allahku, supaya kamu melakukan yang demikian di dalam negeri, yang akan kamu masuki y  untuk mendudukinya. 4:6 Lakukanlah z  itu dengan setia 3 , sebab itulah yang akan menjadi kebijaksanaanmu a  dan akal budimu di mata bangsa-bangsa 4  yang pada waktu mendengar segala ketetapan ini akan berkata: Memang bangsa yang besar ini adalah umat b  yang bijaksana dan berakal budi. 4:7 Sebab bangsa besar c  manakah yang mempunyai allah yang demikian dekat d  kepadanya seperti TUHAN, Allah kita, setiap kali kita memanggil kepada-Nya? 4:8 Dan bangsa besar manakah yang mempunyai ketetapan dan peraturan e  demikian adil seperti seluruh hukum ini, yang kubentangkan kepadamu pada hari ini? (Ulangan 4:1-8)

Beberapa hari ini saya merenungkan mengenai kekristenan memperkenalkan suatu nilai-nilai yang baru. Kalau kita bergaul dengan seseorang maka tanpa sadar akan terjadi pertukaran nilai-nilai yang ada didalam hidup orang tersebut dengan orang yang ia kenal. Seperti saya mengenal dan bergaul dengan Pak Ardian Ardana, maka nilai-nilai yang ada didalam diri saya akan mempengaruhi nilai-nilai yang ada didalam Pak Ardian demikian juga sebaliknya.

Kalau kita bergaul dengan Tuhan maka ada nilai-nilai yang Tuhan berikan didalam hidup kita. Kita akan dipengaruhi oleh nilai-nilai yang Tuhan Yesus berikan dalam hidup kita sedangkan kita tidak bisa mempengaruhi Tuhan Yesus.

Jika kita hidup bergaul dengan Tuhan maka nilai-nilai kehidupan kita akan berbeda dengan nilai-nilai yang ada didunia ini. Contoh : Jika ada pasangan yang ingin menikah di gereja, maka mereka harus mengikuti kelas selama enam bulan. Kelas itu ditujukan untuk memperkenalkan nilai-nilai kehidupan keluarga didalam Tuhan Yesus.

Didalam kepercayaan Chinese bahwa anak perempuan tidak membawa hoki, di negara China jika mempunyai bayi perempuan maka akan digugurkan karena orang tua disana hanya menginginkan anak laki-laki, karena disana ada kebijaksanaan pemerintah yaitu hanya mempunyai anak satu saja. Jika mempunyai anak perempuan, orang tua akan rugi setelah dibesarkan dan menghabiskan uang banyak dan kalau sudah menikah akan meninggalkan orang tuanya.

Nilai kehidupan kita yang lama mempunyai nilai yang rendah dibandingkan nilai-nilai yang ada didalam Yesus Kristus. Mengenal Tuhan Yesus Kristus sadar atau tidak sadar Allah memberikan kepada kita nilai-nilai yang baru.

Kisah 17:10-13
Paulus dan Silas di Berea
17:10 Tetapi pada malam itu juga segera saudara-saudara di situ menyuruh Paulus dan Silas q  berangkat ke Berea. r  Setibanya di situ pergilah mereka ke rumah ibadat s  orang Yahudi. 17:11 Orang-orang Yahudi di kota itu lebih baik hatinya dari pada orang-orang Yahudi di Tesalonika, t  karena mereka menerima firman itu dengan segala kerelaan hati dan setiap hari mereka menyelidiki Kitab Suci 1  u  untuk mengetahui, apakah semuanya itu benar demikian. v  17:12 Banyak di antara mereka yang menjadi percaya; juga tidak sedikit di antara perempuan-perempuan terkemuka dan laki-laki Yunani. w  17:13 Tetapi ketika orang-orang Yahudi dari Tesalonika tahu, bahwa juga di Berea x  telah diberitakan firman Allah oleh Paulus, datang jugalah mereka ke sana menghasut dan menggelisahkan hati orang banyak.

Didalam Firman Tuhan di Kisah Para Rasul 17 : 11-12 mengatakan bahwa orang-orang yang mengenal Allah memiliki derajat yang tinggi (Derajat Kebangsawanan) dibandingkan orang-orang yang tidak mengenal Allah. Mereka yang menerima Firman Tuhan, Alkitab mengajarkan kita rela menerima Firman Tuhan tanpa sadar mereka dikenalkan nilai-nilai yang baru derajat kehidupannya dinaikkan.
Amsal 14:34 Kebenaran meninggikan derajat bangsa, p  tetapi dosa adalah noda bangsa.

Jika kita mempunyai tujuan hidup maka kita mempunyai nilai lebih dan kita mempunyai kekuatan untuk bertempur. Mempunyai Tujuan Hidup derajat hidup kita akan naik. Kekristenan mengenalkan kita nilai-nilai kehidupan yang baru.

Ulangan 28 : 13 TUHAN akan mengangkat engkau menjadi kepala dan bukan menjadi ekor, engkau akan tetap naik dan bukan turun, e  apabila engkau mendengarkan perintah TUHAN, Allahmu, yang kusampaikan pada hari ini kaulakukan f  dengan setia,

Tuhan menjanjikan kita menjadi kepala bukan menjadi ekor. Kehidupan kita tidak selamanya menderita tetapi Tuhan menginginkan kita mengalami hidup berkelimpahan.

Yakobus 1:5 Tetapi apabila di antara kamu ada yang kekurangan hikmat 1 , hendaklah ia memintakannya kepada Allah, j  --yang memberikan kepada semua orang dengan murah hati dan dengan tidak membangkit-bangkit--,maka hal itu akan diberikan kepadanya. k

Tuhan mengatakan jika kita kekurangan hikmat, kita boleh meminta hikmat kepada Tuhan. Hikmat didalam bahasa aslinya adalah Sophia yang artinya :
1.   Keterampilan Yang Praktis.
2.   Pengetahuan Yang Ilmiah.
3.   Naluri Bisnis.
Untuk memenuhi kebutuhan kita didunia ini kita membutuhkan hikmat. 2 Tawarikh 9:1-8 Kunjungan ratu negeri Syeba
9:1 Ketika ratu negeri Syeba e  mendengar kabar tentang Salomo, maka dengan pasukan pengiring yang sangat besar dan dengan unta-unta yang membawa rempah-rempah, banyak emas dan batu permata yang mahal-mahal datanglah ia ke Yerusalem hendak menguji Salomo dengan teka-teki. Setelah ia sampai kepada Salomo, dipercakapkannyalah segala yang ada dalam hatinya dengan dia. 9:2 Dan Salomo menjawab segala pertanyaan ratu itu; bagi Salomo tidak ada yang tersembunyi, yang tidak dapat dijawabnya untuk ratu itu. 9:3 Ketika ratu negeri Syeba melihat hikmat Salomo f  dan rumah yang telah didirikannya, 9:4 makanan di mejanya, cara duduk pegawai-pegawainya, cara pelayan-pelayannya melayani dan berpakaian, juru-juru minumannya dan pakaian mereka, dan korban bakaran yang biasa dipersembahkannya di rumah TUHAN, maka tercenganglah ratu itu. 9:5 Dan ia berkata kepada raja: "Benar juga kabar yang kudengar di negeriku tentang engkau dan tentang hikmatmu, 9:6 tetapi aku tidak percaya perkataan-perkataan mereka sampai aku datang g  dan melihatnya dengan mataku sendiri; sungguh, setengah dari hikmatmu yang besar itu belum diberitahukan kepadaku; engkau melebihi kabar yang kudengar. 9:7 Berbahagialah orang-orangmu, dan berbahagialah para pegawaimu ini yang selalu melayani engkau dan menyaksikan hikmatmu! 9:8 Terpujilah TUHAN, Allahmu, yang telah berkenan kepadamu sedemikian, hingga Ia mendudukkan engkau di atas takhta-Nya h  sebagai raja untuk TUHAN, Allahmu! Karena Allahmu mengasihi orang Israel, maka Ia menetapkan mereka untuk selama-lamanya, dan menjadikan engkau raja i  atas mereka untuk melakukan keadilan dan kebenaran."

Ratu Syeba mengunjungi Raja Salomo karena ia kagum melihat hikmat Salomo. Amsal 24:3 Dengan hikmat rumah didirikan, a  dengan kepandaian itu ditegakkan, Salomo mempunyai kualitas intelektual yang tinggi.
Penduduk India di Kerala mempunyai jumlah orang yang beragama Kristen 25 persen. Jumlah penduduk kristen di India ini adalah yang tertinggi dan diseluruh India angka penduduk yang buta huruf sebanyak 30 persen sedangkan di Kerala penduduk yang melek huruf ada 90 persen. Hikmat Tuhan meninggikan derajat hidup kita.

Ratu Syeba terkagum-kagum dengan cara melayani para pegawai Raja Salomo, cara duduk, cara menyediakan makanan dan minumannya. Karena mereka memiliki kualitas intelektual yang berbeda.

Ratu Syeba ingin mengetahui korban yang dipersembahkan oleh Raja Salomo. 1 Tawarikh 29:10 Lalu Daud memuji TUHAN di depan mata segenap jemaah itu. Berkatalah Daud: "Terpujilah Engkau, ya TUHAN, Allahnya bapa kami Israel, dari selama-lamanya sampai selama-lamanya.

Raja Daud mengajarkan bahwa soal hati harus dijaga. Kecenderungan hatimu dengan Tuhan itu penting. Hati yang penuh melimpah dan mau memberi disaat kekurangan. Pergumulan keuangan adalah masalah teknis, Tuhan melihat hati. Memberi korban dengan hati yang diubahkan Tuhan.

Persembahan Habel diterima karena hidupnya berkenan dihadapan Tuhan dibandingkan dengan persembahan Kain.

Komentar

Postingan Populer