Deklarasi Firman Itu Penting

Deklarasi Firman Itu Penting

Pastor Steven Agustinus


"Sebab Kerajaan Allah bukanlah soal makanan dan minuman, tetapi soal kebenaran, damai sejahtera dan sukacita oleh Roh Kudus." (Rom 14:17)

Utk seseorg memastikan dirinya sdh terhisap dlm dimensi kerajaanNya, ia hanya perlu men-chek beberapa aspek berikut:

1. Pastikan kita sdg trs hidup dlm kebenaran.

Pd saat kita mengalami kelahiran baru, darah Kristus sdh membersihkan hati nurani kita dr berbagai perbuatan yg sia-sia (Ibr 9:14) Artinya, hati nurani kita jd dpt dipakai sbg pemandu/ pemberi tahu apakah aktifitas yg kita lakukan sdg memperkenan hati Tuhan atau masih ada didlm kategori perbuatan yg sia-sia... Hati nurani adl merupakan salah satu bagian dr kehidupan kita yg seketika dpt bekerja sama dg Roh Kudus segera setelah kita mengalami kelahiran baru. Dg trs mengikuti tuntunan suara hati nurani, otomatis kita jadi memiliki kehidupan yg sepenuhnya berakar dlm kebenaranNya.

"Kamu akan Kuberikan hati yang baru, dan roh yang baru di dalam batinmu dan Aku akan menjauhkan dari tubuhmu hati yang keras dan Kuberikan kepadamu hati yang taat. Roh-Ku akan Kuberikan diam di dalam batinmu dan Aku akan membuat kamu hidup menurut segala ketetapan-Ku dan tetap berpegang pada peraturan-peraturan-Ku dan melakukannya." (Yeh 36:26-27)

Dg kita trs hidup dlm kebenaran - mengikuti tuntunan hati nurani kita yg sdh di tahirkan oleh korban Kristus di kayu salib - otomatis kita akan menikmati penjagaan & perlindungan Darah Kristus ats hidup kita. Berbagai usaha Iblis utk menghancurkan kita tdk akan pernah berhasil. Kita yg sdh ditetapkan oleh Bapa utk menjadi pembawa realita KerajaanNya akan berfungsi scr maksimal dan tdk bisa dibendung oleh apapun/ siapapun.

2. Pastikan damai sejahtera dan sukacita oleh Roh Kudus trs melingkupi batin kita.

Dunia di sekitar kita adl dunia yg sdh terlanjur tercemar. Berbagai aktifitas roh-roh dunia - roh kemarahan, kekecewaan, ketakutan, intimidasi, serakah kemiskinan, konflik batin dll - banyak berkeliaran disekitar kita, siap utk mencemari dan merusak kehidupan kita. Bagi kita sbg org percaya, hal ini adl merupakan suatu peperangan tersendiri; bkn utk merebut sesuatu tp justru utk mempertahankan damai sejahtera & sukacita yg sdh kita terima dr Dia. Gambaran yg saya terima dr Tuhan adalah, kita sama spt satu-satunya org yg memiliki terang disaat sekeliling kita sdg ada dlm gelap; kita sama spt seseorg yg memiliki roti disaat semua org sdg kelaparan; kita adl satu-satunya org yg masih trs memiliki pengharapan saat semua org sdh putus asa; dan Iblis akan berusaha dg sgl macam cara utk membuat kita sbg org yg memiliki damai sejahtera tdk akan pernah membagi apa yg kita miliki dg org-org lain. Bahkan iblis akan berusaha utk membuat kita kehilangan damai & sukacita yg ada dlm hidup kita...

Disinilah pentingnya utk kita tdk pernah bereaksi dg apapun yg terjadi disekitar kita tp trs memunculkan respon yg akurat sesuai dg keberadaan/ jati diri kita yg baru di dlm Kristus.

Selama kita menjagai damai sejahtera & sukacita yg dr Roh Kudus, kita akan mendapati bgm kehidupan kita difungsikan oleh Tuhan utk menjadi senjata-senjata kebenaran. Hidup kita di pakai Tuhan utk menghancurkan setiap aktifitas kegelapan yg ada di sekitar hidup kita. Org banyak yg berinteraksi dg kita akan menikmati realita Tuhanyg trs nyata dlm hidup kita.

3. Pastikan kita tdk pernah menjadi pasif & dg konsisten trs melakukan deklarasi firman.

Tuhan sdh memberikan kuasa/ otoritas di mulut kita utk menghancurkan segala aktifitas Iblis (Maz 8:3); dg memperkatakan firman yg Bapa berikan, kita sdg membangun ulang dunia kita (Yes 51:16); deklarasi firman yg kita lakukan tidak hanya akan mempengaruhi hidup kita tp juga semua org yg ada dlm pengaruh/ lingkupan dr firman tsb (Yeh ps 36-37)

Dlm usaha ikut menghadirkan kerajaanNya seringkali kita menganggap remeh deklarasi firman padahal justru itu adl essensi paling fondasional utk ikut menghadirkan kerajaanNya.

Melalui deklarasi firman, kita memastikan firmanNya melingkupi hidup kita, menata kehidupan sehari-hari kita, membawa kita terhubung dg dimensi supernatural/ keIlahian Tuhan, kita melakukan terobosan dlm alam roh - membukakan pintu/ membangun jembatan penghubung antara dimensi yg Ilahi dg alam lahiriah ini sehingga yg Ilahi (yg rohani/ tdk nyata bg org lahiriah) akan dpt tercipta, menjadi riil di alam lahiriah ini.
Inilah saatnya utk setiap org percaýa mulai merangsek masuk ke dlm kehidupan sehari-hari mrk dan memanifestasikan kuasa Kerajaan di bumi ini....‪#‎AkuCintaTuhan‬ (Ps. Steven Agustinus)

Komentar

Postingan Populer