PENDIDIKAN TUHAN

Pendidikan Tuhan
Sabtu, 11 Juni 2016




Bahan Renungan :
31:40 Aku dimakan panas hari waktu siang dan kedinginan waktu malam, dan mataku f  jauh dari pada tertidur. 31:41 Selama dua puluh tahun g  ini aku di rumahmu; aku telah bekerja padamu empat belas tahun lamanya untuk mendapat kedua anakmu h  dan enam tahun untuk mendapat ternakmu, i  dan engkau telah sepuluh kali j  mengubah upahku. k (Kejadian 31:40-41)

Renungan :
Kenapa Tuhan Ijinkan Laban mengubah sepuluh kali upah Yakub ? Karena dengan itu Yakub menjadi lebih fleksibel, dengan itu Yakub menguasai semuanya, dengan itu Yakub menjadi terlatih dan reaksinya tidak marah dan kepahitan, tetapi ia berkata : “Ya” dan melihat itu sebagai kesempatan.

Sewaktu saya sekolah di Belanda seringkali Tuhan biarkan, Tuhan minta saya untuk menabur semua uang saya sehingga saya tidak mempunyai uang lagi. Dan Tuhan mulai berkata untuk saya mulai masak dan berjualan. Saya mulai memasak sampai menjadi koki (chef) di restaurant Indonesia. Ada hari-hari saya berdiri menjadi koki selama 14 jam memasak dalam ruangan tidak ber AC. Tetapi ada hari-hari lain saya tidak dapat pekerjaan di Restaurant dan saya harus bekerja sebagai tukang cuci piring dan menyikat wc (cleaning service).

Ada satu waktu Tuhan memberikan saya pelayanan dibidang Sound System, dimana saya harus bongkar pasang speaker dan peralatan lain yang cukup besar sendirian. Sampai rasanya ingin berteriak, “Ijinkan saya menjadi pemimpin pujian ataupun berkotbah.” Tetapi apa yang Tuhan katakan, “Nak, kamu tidak mengerti artinya sound system, kamu tidak mengerti artinya pelayanan yang sesungguhnya. Kamu tidak mengerti artinya Unity.” Dalam ibadah sangat dibutuhkan sound system. Ada bagian-bagian yang tidak pernah dilihat atau bahkan dianggap remeh oleh orang lain, tetapi memegang peranan yang sangat besar dalam berjalannya sebuah pelayanan.

Banyak hal yang saat kita mengalami, kita tidak mengerti valuenya. Tetapi jangan pernah mengeluh, lakukan yang terbaik buat Tuhan, apapun pelayanan atau pekerjaan saudara. Seringkali justru orang-orang yang dianggap remeh atau tidak pernah dianggap oleh orang lain itu yang dipakai oleh Tuhan secara luar biasa. Contohnya Daud mengalami pembentukan di padang penggembalaan, Yusuf mengalami fitnahan istri potifar dan dipenjara, Yakub mengalami perubahan upah sebanyak sepuluh kali dan ditipu oleh Laban, Musa dibentuk Tuhan di Midian selama empat puluh tahun dan masih banyak contoh tokoh Alkitab yang mengalami pendidikan Tuhan.

Semakin banyak Tuhan mengijinkan penderitaan kepada saudara. Saudara disuruh kerja, apapun yang menekan hidupmu, tidak mendapat gaji dan semua fasilitas. Ingatlah semua Tuhan ijinkan terjadi karena Tuhan mau menjadikan saudara besar didalam hidup saudara. Tuhan mau percayakan hal-hal yang sangat besar dang sangat banyak didalam hidup saudara. Walaupun memang ada saatnya kita akan dididik, dibentuk dan diremukkan oleh Tuhan untuk dibuat menjadi sangat ahli dalam berbagai bidang. (MITW)

Doa :
Tuhan Yesus berikan hati yang tidak mengelu saat saya bekerja. Tuhan Yesus buat saya mengerti ketika didikanMu datang didalam hidup saya. Tuhan Roh Kudus mampukan saya menghadapi tekanan hidup yang menekan, himpitan ekonomi, kekecewaan yang datang menerpa, buat saya mengerti bahwa Allah Turut bekerja dalam segala hal untuk mendatangkan kebaikan bagi orang-orang yang mengasihi Tuhan. Tuhan Yesus kami mau mengalami keajaibanMu hari ini biar iman saya tidak mati, saya mau menikmati penghiburanMu supaya iman saya dikuatkan. Terima Kasih Tuhan Yesus buat berkat yang saya terima hari ini. Amin.

Dari Renungan Bahtera Imamat Rajani – Ark Of Christ Bandung

Komentar

Postingan Populer