Pengurapan Kayu Sanobar



Pengurapan Kayu Sanobar
Joshua Ivan Sudrajat S



Pengurapan Cypres (Kayu Sanobar) artinya kemuliaan, menangkap yang ilahi dan mulia. Kejadian 6:13-14 , membangun bahtera-bahtera dgn kayu gofir (sanobar), yakni membawa orang pada keselamatan dan kebenaran.


Pohon Sanobar / Tarbantin / Gofir (Yesaya 61 : 1)

Cypres (Sanobar) artinya mulia, menangkap yang illahi dan mulia. Kejadian 6 : 13 – 14, membangun bahtera dengan Kayu gofir = sanobar membawa orang pada keselamatan dan kebenaran. Pengurapan Roh Tuhan ada padanya dan diberi kuasa dan kasih untuk menuntaskan panggilan jiwa - jiwa ada dihidupnya, bahtera, menyampaikan kabar baik, menyembuhkan, melepaskan jiwa - jiwa yang tertawan, merawat yang remuk hati, memberitakan tahun rahmat Tuhan.

Kayu jenis Pinus/ Cemara (Cupressus sempervirens) mempunyai dedaunan berwarna hijau tua dan cabang-cabang yang tegak ke atas, agak mirip cabang-cabang poplar Lombardi. Rata-rata tingginya 9 sampai 15 m, tetapi kadang-kadang bisa mencapai 24 m. Pinus/ Cemara umumnya dibudidayakan di seluruh Palestina; beberapa spesimen ditemukan tumbuh liar di Gilead, Edom, dan lereng-lereng G. Lebanon. Kayunya memiliki warna kemerah-merahan yang marak, baunya wangi, dan berdaya tahan tinggi. Di Yesaya 41:19, Allah berjanji bahwa pohon-pohon yang biasanya tumbuh di tanah yang subur juga akan Ia buat tumbuh subur di daerah-daerah gurun, dan dalam sebuah nubuat tentang keadaan Zion yang ditinggikan dan makmur di masa depan, pohon cemara bersama pohon sanobar dan berangan akan digunakan untuk membuat indah tempat suci Allah (Yesaya 60:13).


Pohon Sanobar, merupakan terjemahan kata Ibrani בְּרוֹשׁ - BEROSH/ B'ROSH. Namun penerjemahannya bermacam-macam cara untuk menunjuk pohon yang berbeda-beda dari keluarga pinus/ cemara : pohon sanobar, Fir, Juniper, Cypress:.
* 1 Raja 9:11

LAI TB, Oleh karena Hiram, raja Tirus, telah membantu Salomo dengan kayu aras, kayu sanobar (BEROSH), dan emas, sebanyak yang dikehendakinya, maka pada waktu itu raja Salomo memberikan kepada Hiram dua puluh kota di negeri Galilea.
KJV, (Now Hiram the king of Tyre had furnished Solomon with cedar trees and fir trees, and with gold, according to all his desire,) that then king Solomon gave Hiram twenty cities in the land of Galilee.
NIV, King Solomon gave twenty towns in Galilee to Hiram king of Tyre, because Hiram had supplied him with all the cedar and juniper and gold he wanted.
International Standard Version, after which King Solomon gave Hiram 20 cities in the land of Galilee, because King Hiram of Tyre had provided Solomon with as much cedar, cypress timber, and gold that he wanted.
Hebrew,
חִירָם מֶלֶךְ־צֹר נִשָּׂא אֶת־שְׁלֹמֹה בַּעֲצֵי אֲרָזִים וּבַעֲצֵי בְרֹושִׁים וּבַזָּהָב לְכָל־חֶפְצֹו אָז יִתֵּן הַמֶּלֶךְ שְׁלֹמֹה לְחִירָם עֶשְׂרִים עִיר בְּאֶרֶץ הַגָּלִיל׃
Translit, KHIRAM MELEKH-TSOR NISA 'ET-SYELMO BA'ATSEY 'ARAZIM UVA'ATSEY VEROSYIM UVAZAHAV LEKHOL-KHEFTSO 'AZ YITEN HAMELEKH SYELOMO LEKHIRAM 'ES'RIM 'IR BE'ERETS HAGALIL

* Yehezkiel 27:5

LAI TB, Seluruh badanmu mereka buat dari kayu sanobar (BEROSH) Senir, mereka mengambil aras Libanon membuat bagimu tiang layar.
KJV, They have made all thy ship boards of fir trees of Senir: they have taken cedars from Lebanon to make masts for thee.
NIV, They made all your timbers of juniper from Senir; they took a cedar from Lebanon to make a mast for you.
New Living Translation, You were like a great ship built of the finest cypress from Senir. They took a cedar from Lebanon to make a mast for you.
Hebrew,
בְּרֹושִׁים מִשְּׂנִיר בָּנוּ לָךְ אֵת כָּל־לֻחֹתָיִם אֶרֶז מִלְּבָנֹון לָקָחוּ לַעֲשֹׂות תֹּרֶן עָלָיִךְ׃
Translit, BEROSYIM MIS'NIR BANU LAKH 'ET KOL-LUKHOTAYIM 'EREZ MIL'VANON LAQAKHU LA'ASYO'OT TOREN 'ALAYIKH



Scientific name: Cupressus sempervirens L.

Common name: Mediterranean cypress, Italian cypress, Funeral Cypress

Hebrew name: ברוש מצוי

Arabic name: ورس Sarw

Plant Family: Cupressaceae, ברושיים


Reff: http://www.flowersinisrael.com/Cupressu ... s_page.htm


Ada juga yang memperkirakan kata BEROSH ini barangkali hanya mengacu kepada pinus Alepo atau Sipkon, yang hampir sebesar pohon aras yang tumbuh di pegunungan Libanon. Pinus Alepo /Alepo Pine (Pinus halepensis, atau mungkin Pinus pinea) biasa terdapat di Palestina (Hosea 14:9); pohon ini melambangkan keningratan (Yesaya 41:19-20). Pinus Alepo memiliki kulit kayu yang licin, tumbuh sampai 8 m, dan mengeluarkan buah kerucut yang panjangnya 13 sampai 15 cm.
Image
Pinus halepensis

Scientific name: Pinus halepensis Miller

Common name : Aleppo Pine, Jerusalem pine

Hebrew name: אורן ירושלים

Arabic name: صنوبر الحلبي, Sanawbar el hhalab

Family: Pinaceae, אורניים


Pohon BEROSH ini dapat ditemukan, diantaranya 2 Samuel 6:5; 1 Raja-raja 6:15; 1 Raja-raja 6:34; 9:11 , dll. Pohon ini tinggi (Yesaya 55:13) tumbuh di Lebanon (Yesaya 37:24).
Kayunya dipakai untuk pintu rumah, dan langit-langit (2 Tawarikh 3:5) membuat alat musik (2 Samuel 6:5), lantai rumah (I Raja 6:15), geladak kapal (Yehezkiel 27:5), bahan lantai dan tombak-poros (Nahum 2:3) dan rumah (Kidung 1:17). Kayunya juga dipakai untuk bait Salomo (1 Raja 5:8, 10). Burung ranggung membuat sarangnya dalam pohon ini (Mazmur 104:17).
* Yesaya 41:19

LAI TB, Aku akan menanam pohon aras di padang gurun, pohon penaga, pohon murad dan pohon minyak; Aku akan menumbuhkan pohon sanobar (BEROSH) di padang belantara dan pohon berangan serta pohon cemara di sampingnya,
KJV, I will plant in the wilderness the cedar, the shittah tree, and the myrtle, and the oil tree; I will set in the desert the fir tree, and the pine, and the box tree together:
New Living Translation, I will plant trees in the barren desert--cedar, acacia, myrtle, olive, cypress, fir, and pine.
Hebrew,
אֶתֵּן בַּמִּדְבָּר אֶרֶז שִׁטָּה וַהֲדַס וְעֵץ שָׁמֶן אָשִׂים בָּעֲרָבָה בְּרֹושׁ תִּדְהָר וּתְאַשּׁוּר יַחְדָּו׃
Translit, 'ETEN BAMID'BAR 'EREZ SYITAH VAHADAS VE'ETS SYAMEN 'ASIM BA'ARAVAH BEROSY TID'HAR UTE'ASYUR YAKHDAV


* Yesaya 60:13

LAI TB, Kemuliaan Libanon, yaitu pohon sanobar (BEROSH), pohon berangan dan pohon cemara, akan dibawa bersama-sama kepadamu, untuk mempersemarak tempat bait kudus-Ku, sebab Aku hendak memuliakan tempat kaki-Ku berjejak.
KJV, The glory of Lebanon shall come unto thee, the fir tree, the pine tree, and the box together, to beautify the place of my sanctuary; and I will make the place of my feet glorious.
NIV, “The glory of Lebanon will come to you, the juniper, the fir and the cypress together, to adorn my sanctuary; and I will glorify the place for my feet.
New Living Translation, "The glory of Lebanon will be yours--the forests of cypress, fir, and pine--to beautify my sanctuary. My Temple will be glorious!
Hebrew
כְּבֹוד הַלְּבָנֹון אֵלַיִךְ יָבֹוא בְּרֹושׁ תִּדְהָר וּתְאַשּׁוּר יַחְדָּו לְפָאֵר מְקֹום מִקְדָּשִׁי וּמְקֹום רַגְלַי אֲכַבֵּד׃
Translit, KEVOD HALEVANON 'ELAIKH YAVO' BEROSY TIDHAR UTE'ASYUR YAKHDAV LEFA'ER MEQON MIQDASYI UMEQOM RAGLEY 'AKABED


Alkitab bahasa Inggris menerjemahkan kata Ibrani berosh dengan bermacam-macam cara untuk menunjuk pohon yang berbeda-beda dari keluarga pinus - terutama pohon sanobar. Kata ini barangkali hanya mengacu kepada pinus Alepo atau Sipkon, yang hampir sebesar pohon aras yang tumbuh di pegunungan Libanon. Pinus Alepo biasa terdapat di Palestina (Hos. 14:9); pohon ini melambangkan keningratan (Yes. 41:19-20).
Pinus Alepo memiliki kulit kayu yang licin, tumbuh sampai 8 m, dan mengeluarkan buah kerucut yang panjangnya 13 sampai 15 cm. Kayunya dipakai untuk membuat alat musik (II Sam. 6:5), lantai rumah (I Raj. 6:15), geladak kapal (Yeh. 27:5), dan rumah (Kid. 1:17). Kayunya juga dipakai untuk bait Salomo (I Raj. 5:8, 10). Burung ranggung membuat sarangnya dalam pohon ini (Mzm. 104:17).

Komentar

Postingan Populer