Penyesat

• Penyesat •

By : Ev. Iin Tjipto Wenas

Copas : Hana Cherry Eliezer


Sesat... kata yg kelihatannya lebih sering dipakai anak2 Tuhan daripada mereka yg tidak menyembah Yesus :) Cepat meluncur dari bibir sebelum dipelajari lebih dahulu. Hanya karena ada hal-hal yg TIDAK SEJALAN dengan caranya, dengan pemikirannya, dengan kebiasaannya, karena ANEH, karena TIDAK MASUK AKAL, karena TIDAK LAZIM maka dikategorikan sesat.

Yesus pun dibilang sesat karena cara-caraNya yang tidak biasa, tidak masuk akal, tidak lazim.... Ia meludah dan mengaduk tanah untuk mencelikkan yg buta, Ia membela pelacur yg jelas-jelas kedapatan berjinah, Ia bergaul dengan banyak pendosa, Ia makan semeja bersama mereka yg dibilang sampah, Ia tidak puasa saat seluruh rakyat Israel puasa, Ia hanya menyembuhkan satu orang di kolam Siloam padahal ada banyak yg menanti mujizat.
Sebenarnya apa sih sesat itu? Kalau ada 'sesat', berarti ada 'penyesat', roh yg menyebabkan kesesatan terjadi.

Yesaya 3:12
Adapun umat-Ku, penguasa mereka ialah anak-anak, dan perempuan-perempuan memerintah atasnya. Hai umat-Ku, pemimpin-pemimpinmu adalah PENYESAT, dan jalan yang kamu tempuh mereka kacaukan!


Isaiah 3:12 (NKJV)
As for My people, children are their oppressors, And women rule over them. O My people! Those who lead you CAUSE YOU TO ERR, and destroy the way of your paths."

Roh penyesat ini yang 'cause you to err', yg menyebabkan manusia....

1. Tersesat di pikiran & hati/apa yg dipercayai
2. Tersesat secara moral
3. Menjadi bersalah
4. Menjadi tidak benar
5. Menjadi berdosa
6. Menjadi keluar dari jalur yg seharusnya, keluar dari tujuan, keluar dari destiny
7. Menjadi terombang-ambing di pikiran & hati
8. Menyebabkan engkau berputar2, tdk pernah sampai kpd tujuan.
9. Tertipu
10. Terbujuk, diberi fakta2 hingga engkau percaya pd suara itu
11. Menyebabkan engkau terhuyung2, sempoyongan spt org mabuk
12. Keluyuran, mengembara -> bergerak tanpa tujuan
13. To be OUT of the way -> keluar dari jalan/jalur
14. Hidupnya tdk lagi dipimpin oleh Roh Allah


2 Raja-raja 21:9
Tetapi mereka tidak mau mendengarkan, dan Manasye MENYESATKAN mereka, sehingga mereka melakukan yang jahat lebih dari pada bangsa-bangsa yang telah dipunahkan TUHAN dari hadapan orang Israel. 


2 Kings 21:9 (NKJV)
But they paid no attention, and Manasseh SEDUCEd them to do more evil than the nations whom the Lord had destroyed before the children of Israel.

'Seduce' disini bukan membujuk, tapi 'to mark off' => to separate someone by putting something around him.=> memisahkan seseorg dg menempatkan tembok pemisah disekitarnya. 

Selain itu, penyesat itu....

~ Memutarbalikkan Firman
~ Memutarbalikkan Kebenaran
~ Menyebabkan org percaya dg yg dia lihat, dari sudut pandangnya
~ Menyebabkan org lebih percaya kepada suara hatinya, suara yg bukan dari Tuhan, tidak percaya suara Tuhan & suara pemimpin


Jadi, hati2 menggunakan kata yg satu ini... Pelajari, supaya lebih cerdas dan bijak serta waspada terhadap roh penyesat itu sendiri :) Mari pelajari tanda2nya, gejalanya, karena musuh yg satu ini makin giat bekerja untuk menyeret anak2 Tuhan & orang2 pilihanNya.

Komentar

Postingan Populer