Keintiman

Keintiman

 


“TUHAN bergaul karib dengan orang yang takut akan Dia, dan perjanjian-Nya diberitahukan-Nya kepada mereka” (Mazmur 25:14)

Arti dari kata intim adalah rapat, karib, dan akrab. Kita bisa dikatakan intim dengan seseorang karena adanya beberapa indikatornya, amtara lain: sering meluangkan waktu bersama, sering bercakap-cakap dan bersenda gurau, adanya sikap saling terbuka dan tidak ada kerahasiaan, senang dan susah dirasakan bersama.

Kalau kita mempunyai seorang sahabat yang begitu intim/akrab seperti definisi di atas maka semuanya terasa indah dan menyenangkan. Bersahabat hingga intim tentulah membutuhkan waktu dengan berkomunikasi terus menerus. Banyak orang ingin diberkati, ingin diberikan hikmat dan ingin intim/dekat dengan Tuhan namun tidak pernah mau memberikan waktu yang khusus untuk bersekutu dengan Tuhan.

Apakah kita sudah memiliki komitmen bersaat teduh dengan Roh Kudus setiap hari? Seringkali kita hanya menempatkan Tuhan sebagai “tombo butuh” saat kepepet. Ketika sakit berat, barulah kita mendekati Tuhan. Saat kita mendapat masalah, barulah kita berpuasa, berdoa, dan merenungkan firman Tuhan. Saat penyakit disembuhkan dan masalah terselesaikan, kita malah melupakan Tuhan.

Ada beberapa orang mungkin berkata, “saya sudah membaca dan merenungkan firman Tuhan setiap pagi, itu sudah cukup bagiku.” Bukankah dalam sehari ada begitu banyak waktu yang bisa kita gunakan untuk senantiasa bersekutu dengan Roh Kudus. Dalam segala aspek kehidupan kita bisa melibatkan Roh Kudus. Misalnya, mau membeli rumah, kita bisa berkomunikasi (bercakap-cakap di dalam hati) meminta hikmat dari Roh Kudus. Jika kita sedang melakukan perjalanan ke luar kota, kita bisa membangun komunikasi dengan Roh Kudus. Saat kita mau memilih pasangan hidup pun Roh Kudus bisa diajak berkomunikasi, karena Dia adalah sahabat yang dapat memberikan pertimbangan bagi kita.

Marilah saat ini, kita bangun keintiman dengan Roh Kudus, Sang Penolong dan Sahabat yang setia. (WH-04)

Doa: Berikan kami pengalaman pribadi bersekutu dengan Engkau ya Roh Kudus, supaya kami semakin intim dengan-Mu. Amin.

Komentar

Postingan Populer