SOAR



Live Talk Show
Talitakum Radio
SOAR
Selasa, 19 Juli 2016
Jam : 10.00 – 11.30
Ev. Indriati Tjipto Wenas



but those who trust in the LORD will renew their strength; they will soar on wings like eagles; they will run and not grow weary; they will walk and not faint. (Isaiah 40 : 31 - HCSB)

but those who hope in the LORD will renew their strength. They will soar on wings like eagles; they will run and not grow weary, they will walk and not be faint. (Isaiah 40 : 31 - NIV)

tetapi orang-orang yang menanti-nantikan m  TUHAN mendapat kekuatan n  baru 1 : mereka seumpama rajawali o  yang naik terbang dengan kekuatan sayapnya; mereka berlari dan tidak menjadi lesu, p  mereka berjalan dan tidak menjadi lelah. (Yesaya 40 : 31)

Hari ini kita belajar mengenai Soar = Terbang. Ada perbedaan antara kata fly dan soar. Kalau Fly itu terbang dengan menggunakan kekuatan sayapnya sedangkan Soar adalah terbang dengan menggunakan kekuatan angin.

Saat ini kita terbang untuk mengatasi angin yang menerpa dengan keras. Angin itu bisa pencobaan, masalah, gosip dan lain-lain. Soar juga bisa berarti Manage High dan Maintain High.

Bagaimana kita bisa mengelola karir yang tinggi dan bagaimana mempertahankannya. Menanti-nantikan artinya dalam Daniel 11 : 32 Dan orang-orang yang berlaku fasik terhadap Perjanjian akan dibujuknya sampai murtad dengan kata-kata licin; tetapi umat yang mengenal Allahnya akan tetap kuat dan akan bertindak 1 . t

Menanti-nantikan artinya Dipilin dan diukir. Ketika menanti-nantikan kita harus Soar, kita dipilin dan harus sabar. Polanya harus teratur.  Banyak orang tidak mempunyai pola dan pattern dalam hidupnya.

Kita harus mempunyai pola yang teratur dan pattern yang sehat. Misalnya dalam keuangan. Saya dan Suami saya mempunyai pola dan pattern, selama tiga puluh tahun menikah kami menyisihkan penghasilan sebesar 50 persen untuk dimakan, ada yang kami pakai sendiri dan ada yang dikumpulkan bersama. Lima Puluh Persen dipakai untuk menabur, dibagi dua 25 persen untuk menabur dan 25 persen dipakai untuk investasi.

Pola makan yang tidak sehat bisa menimbulkan sakit maag akut dan sakit ginjal. Pola Rohani Juga harus sehat : Deklarasi Firman Tuhan, Prosedural Peperangan Rohani. Pattern : Penumpangan Tangan, Pengurapan.

Ayah Saya Yusak Tjipto adalah seorang pendoa syafaat, ia mendoakan saya, paul, stephen, joshua sehari lima kali. Ia membaca Alkitab 30 pasal sehari, ia adalah seorang Pilar yang menopang kami anak-anak, menantu dan cucu-cucunya. Sekarang beliau sudah pulang tidak ada yang menggantikan posisi dia.

Diukir itu dicungkil, kita mencungkil batu kerikil, akar kecil, hal itu bisa jadi kepahitan, kemarahan, iri hati. Ini menghasilkan sifat yang kasar, kesombongan, kemarahan. Kita harus terbang menghadapi badai, kita harus mempunyai pola dan pattern. Buang semua pikiran, perasaan yang tidak enak, gosip.

Ketika kita diukir, kita menyediakan bahan kita terlalu tipis sehingga bisa terjadi retakan atau bahan yang terlalu tebal sehingga membutuhkan waktu yang lama. Retak itu tipis dan tidak kelihatan oleh mata.

Tuhan tidak pernah salah, setiap yang jahat akan Tuhan ubahkan menjadi baik. Seringkali manusia tidak sadar akan kelemahannya. Kita harus menyamakan pattern kita dengan polanya Tuhan.

Ada dua orang yang sama – sama pelayanan selama dua tahun, yang satu sudah kelihatan hasilnya, buahnya sudah bisa dimakan dan yang satu lagi tidak kelihatan hasilnya. Ada pattern yang salah. Dia mendengar Firman Tuhan yang satu bisa mencerna makan Firman dengan baik dan yang satu tidak bisa menelan Firman. Ini ada suatu yang salah.

Kita belajar dari seorang Tukang Periuk
Yeremia 18 : 1 - 17
Pelajaran dari pekerjaan tukang periuk
18:1 Firman yang datang dari TUHAN kepada Yeremia, bunyinya: 18:2 "Pergilah dengan segera ke rumah tukang periuk 1 ! Di sana Aku akan memperdengarkan perkataan-perkataan-Ku kepadamu." 18:3 Lalu pergilah aku ke rumah tukang periuk, dan kebetulan ia sedang bekerja dengan pelarikan. 18:4 Apabila bejana, yang sedang dibuatnya dari tanah liat di tangannya itu, rusak, maka tukang periuk itu mengerjakannya kembali menjadi bejana lain menurut apa yang baik pada pemandangannya. 18:5 Kemudian datanglah firman TUHAN kepadaku, bunyinya: 18:6 "Masakan Aku tidak dapat bertindak kepada kamu seperti tukang periuk ini, hai kaum Israel!, demikianlah firman TUHAN. Sungguh, seperti tanah liat q  di tangan tukang periuk, demikianlah kamu di tangan-Ku, r  hai kaum Israel! 18:7 Ada kalanya Aku berkata tentang suatu bangsa dan tentang suatu kerajaan bahwa Aku akan mencabut, s  merobohkan dan membinasakannya. 18:8 Tetapi apabila bangsa yang terhadap siapa Aku berkata demikian telah bertobat t  dari kejahatannya, maka menyesallah Aku 2 , bahwa Aku hendak menjatuhkan malapetaka u  yang Kurancangkan itu terhadap mereka. 18:9 Ada kalanya Aku berkata tentang suatu bangsa dan tentang suatu kerajaan bahwa Aku akan membangun v  dan menanam mereka. 18:10 Tetapi apabila mereka melakukan apa yang jahat w  di depan mata-Ku dan tidak mendengarkan suara-Ku, maka menyesallah x  Aku, bahwa Aku hendak mendatangkan keberuntungan yang Kujanjikan itu kepada mereka. y  18:11 Sebab itu, katakanlah kepada orang Yehuda dan kepada penduduk Yerusalem: Beginilah firman TUHAN: Sesungguhnya, Aku ini sedang menyiapkan malapetaka z  terhadap kamu dan merancangkan rencana a  terhadap kamu. Baiklah kamu masing-masing bertobat b  dari tingkah langkahmu c  yang jahat, dan perbaikilah tingkah langkahmu dan perbuatanmu! d  18:12 Tetapi mereka berkata: Tidak ada gunanya! e  Sebab kami hendak berkelakuan mengikuti rencana kami sendiri dan masing-masing hendak bertindak mengikuti kedegilan hatinya f  yang jahat." 18:13 Sebab itu beginilah firman TUHAN: "Cobalah tanyakan di kalangan bangsa-bangsa: siapakah yang telah mendengar hal seperti ini? g  Anak dara h  Israel telah melakukan hal-hal yang sangat ngeri! i  18:14 Masakan salju putih akan beralih dari gunung batu Siryon? Masakan air gunung akan habis; air yang sejuk dan mengalir? 18:15 Tetapi umat-Ku telah melupakan j  Aku, mereka telah membakar korban k  kepada dewa kesia-siaan; l  mereka telah tersandung m  jatuh di jalan-jalan n  mereka, yakni jalan-jalan dari dahulu kala, dan telah mengambil jalan simpangan, yakni jalan yang tidak diratakan. o  18:16 Maka mereka membuat negerinya menjadi kengerian p  menjadi sasaran suitan q  untuk selamanya. Setiap orang yang melewatinya akan merasa ngeri, r  dan akan menggeleng-gelengkan kepalanya. s  18:17 Seperti angin timur t  Aku akan menyerakkan mereka di depan musuhnya. Belakang-Ku akan Kuperlihatkan kepada mereka dan bukan muka-Ku u  pada hari bencana mereka."  

Sebuah Bejana yang baru jadi akan dites dengan melihat diantara matahari apakah ada pori-pori, jika ada cahaya yang masuk maka berarti itu ada pori-pori udara yang bisa menyebabkan kebocoran. Kemudian Bejana itu akan ditambal.

Test yang kedua adalah Bejana itu akan diisi air hingga penuh jika ada rembesan dan bagian luar bejana itu basah maka bejana itu akan ditambal sebab bocor. Jika rembesan parah maka bejana itu akan diremukkan kembali dan dibentuk untuk yang kedua kalinya.

Cara Mengenali PolaNya Tuhan :   
Jujur Terhadap Diri Sendiri
Filipi 3 : 21 yang akan mengubah tubuh g  kita yang hina ini, sehingga serupa dengan tubuh-Nya h  yang mulia, menurut kuasa-Nya i  yang dapat menaklukkan segala sesuatu kepada diri-Nya.

Hari-hari ini Tuhan sedang merhemakan ayat didalam Filipi 3 : 21, Tuhan sedang mengubahkan tubuh kita yang hina ini sehingga serupa dengan tubuhNya, yang mulia menurut kuasaNya.

Jika kita minder karena keberadaan kita, kita berkata aku mau berubah dan Tuhan sedang ubahkan tubuhku menjadi tubuh kemuliaanNya. Ketika kita merasa lemah tidak berdaya katakan bahwa Didalam Tuhan Yesus Kristus kita kuat dan cakap menanggung segala sesuatu.

Seringkali iblis menyodorkan kepada kita kenyataan hidup. Kita mengalami kenyataan hidup stagnan, masalah ekonomi, tidak bisa pergi kemana-mana karena keterbatasan ekonomi, kita tidak tahu kemana harus kita pergi ? Kenyataan tidak sama dengan Kebenaran Tuhan. Jika kenyataan kita duit kita habis dan didompet hanya tinggal seribu rupiah. Kebenaran Tuhan : Tuhan adalah Jehovah Jireh, Dia Allah yang Maha Kaya, Ia mempunyai dunia dan segala isinya.

Kelemahan Harus DiCounter dengan Deklarasi atau Pengakuan

Filipi 4 : 13 Segala perkara dapat kutanggung di dalam Dia 1  yang memberi kekuatan a  kepadaku.

Ketika kita merasakan kelemahan dan pattern sehari-hari kita tidak bagus. Kita harus memperbaikinya. Hubungan dengan Istri atau anak-anak harus mempunyai hubungan yang khusus dengan menyediakan waktu khusus misalnya sebulan sekali mengadakan makan malam bersama istri tercinta atau pergi jalan-jalan berdua saja.

Seorang Bapa harus membangun hubungan dengan anak. Ia mempunyai waktu bermain bersama anaknya. Anak-anak mempunyai waktu ngobrol dengan Bapanya.

Saya, Suami dan anak-anak mempunyai pattern sejak mereka kecil sampai SMA setahun sekali kami melakukan perjalanan liburan bersama setahun sekali. Setelah mereka kuliah, untuk menemukan hari yang cocok berlibur bersama sangat susah tetapi kami gantikan dengan berlibur hanya makan dan nonton bersama. Baru setelah mereka lulus kuliah baru kami mengadakan perjalanan liburan bersama. Minggu yang lalu kami selama sepuluh hari berlibur dan pelayanan ke Australia.

Pattern itu tidak kaku dan harus fleksibel.

Bagaimana Cara Menggenapi Panggilan Tuhan ?

Kita semua mempunyai panggilan Tuhan dalam hidup kita. Setiap panggilan itu kita harus Maintain high dan kita harus Soar. Kita menantikan dengan sabar sampai Destiny kita digenapi dalam hidup kita.

Kita harus memaksimalkan apa yang ada pada kita. Jika kita bisa bernyanyi maka kita maksimalkan talenta kita bernyanyi. Jika kita bisa bermain Piano kita bisa memaksimalkan potensi kita bermain Piano. Kita bisa memberikan les piano kepada anak-anak.

Jika kita mempunyai bakat berbicara didepan orang, kita latihan untuk bisa berbicara dengan baik didepan banyak orang suatu saat kita bisa menjadi penginjil ataupun motivator bagi banyak orang.

Sewaktu pembangunan sekolah Mahanaim, kita harus mengurus ijin dan kita harus minta tanda tangan dari seorang muslim yang sangat keras. Namun entah kenapa ia tiba-tiba ingat sewaktu dia kecil, dia selalu mendapatkan makanan dari tetangganya yang kristen. Setiap jam makan ia selalu diberi makan oleh orang kristen tersebut. Sehingga ketika ia diminta tanda tangan untuk pembangunan sekolah kristen ia segera menandatanganinya karena ia ingat masa kecilnya dulu dibantu oleh orang kristen.

Ada banyak orang-orang yang cacat didalam hidupnya, mengalami kegagalan, tidak mulus hidupnya, hidup dalam kemiskinan. Tuhan bisa ubahkan hidupmu.

Menurut penelitian 90 persen konglomerat berasal dari keluarga yang benar-benar miskin. Hanya 10 persen dari anak-anak konglomerat yang bisa menambah aset kekayaannya.

Saya lahir saat ayah dan ibu saya mengalami kesulitan, sehingga saat ini saya mempunyai daya juang yang begitu tinggi daripada adik-adik saya yang lahir setelah keadaan keluarga agak lumayan. Sejak usia enam tahun saya membantu ibu saya membuat es lilin dan menjualnya, untuk membayar sekolah saya harus meminta koran bekas kepada tetangga dan menjualnya. Saya bersama ibu saya mengumpulkan sayuran yang tidak terpakai dipasar dan mengolahnya menjadi masakan. Kemudian kami menjualnya. Keadaan waktu itu begitu sangat miskin.

Ibu saya memegang Amsal 31 untuk syarat sebagai seorang perempuan dan istri. Di mata beliau saya hanya mendapat nilai lima saja.

Kita harus belajar memberi dengan sebuah value. Saya mempunyai seorang pembantu yang begitu menghormati kami, saya melihat pengorbanan dia, walaupun dia memberikan sebuah dasi yang tidak begitu mahal ketika suami saya ulang tahun. Pembantu ini memberikan dengan nilai dan ia sangat menghormati suami saya sebagai pemimpin. Suami saya sampai berkaca-kaca menerima hadiah ulang tahun dari pembantunya. Kemudian ia memakainya dan dengan bangga menceritakan kepada teman-temannya bahwa dasi itu pemberian asisten rumah tangganya.

Hari-hari ini kita harus siap terbang tinggi, sebab angin badai akan datang. Jika kita tidak siap terbang maka semuanya akan hancur. Kita harus menjaga keseimbangan kita.

Badai itu pasti datang, siapkan diri kita untuk Terbang Higher Than Ever. Kita aktifkan pengurapan yang sudah kita terima.

Jika seorang suami akan menjadi Hamba Tuhan, untuk masalah perekonomian, istri harus mengambil alih. Istri harus mulai bisnis, bekerja, memberi les, membuat catering sehingga tidak terjadi masalah ekonomi.

By His Grace

Jurnalis : Joshua Ivan Sudrajat S

Komentar

Postingan Populer