• ECCLESIA •

• ECCLESIA •

Hana Cherry Eliezer

Foto Hana Cherry Eliezer.
Dan Akupun berkata kepadamu: Engkau adalah Petrus dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan JEMAAT-Ku dan alam maut tidak akan menguasainya. - Matius 16:18

Dalam text aslinya (bahasa Yunani... Karena text asli Perjanjian Baru itu dalam bahasa Yunani semuanya) adalah:
 

κἀγὼ δέ σοι λέγω ὅτι σὺ εἶ Πέτρος, καὶ ἐπὶ ταύτῃ τῇ πέτρᾳ οἰκοδομήσω μου τὴν ἐκκλησίαν, καὶ πύλαι ᾅδου οὐ κατισχύσουσιν αὐτῆς

Dibaca:
 

kagō de soi legō hoti sy ei Petros, kai epi tautē tē petra oikodomēsō mou tēn ekklēsia, kai pylai hadou ou katischysousin autēs

 Terjemahan hurufiahnya: 

I also moreover to you say that you are Peter, and on this the rock I will build my ECCLESIA,
and the gates of Hades will not prevail against it - Matthew 16:18


Kata 'ecclesia' bukanlah berarti 'gereja', bukan juga 'jemaat'... kata 'ecclesia' berarti THE CALLED OUT atau THE CALLED OUT ONES -> mereka atau dia yang dipanggil KELUAR.

Saya ulangi... Arti 'ecclesia' dalam Matius 16:18 ternyata bukan 'gereja' seperti dalam NKJV atau versi Alkitab yang lain. 'Ecclesia' berarti: THE CALLED OUT, THE CALLED OUT ONES yang berarti YANG TERPANGGIL KELUAR atau MEREKA YANG TERPANGGIL KELUAR.

Kata 'church' atau 'gereja' dalam bahasa Yunani bukanlah 'ekklesia' tapi 'kuriakos'.
 

Kata 'church' (bhs Inggris) berasal dari kata 'kirk' (bhs Skotlandia) dan 'chirche' (bhs Inggris kuno) yang juga mengambil kata 'kuriakos' di atas.

Jadi, kata 'ekklesia' yg disebut di Matius 16:18 tidak dapat diterjemahkan sebagai 'gereja'.

Pertanyaan berikutnya...
 

Jadi mengapa King James Version (KJV) atau NKJV mengartikan kata 'ecclesia' sebagai 'church' atau 'gereja'? KJV dicetak pertama kali pd tahun 1611, jauh sesudah kaisar Konstantin dari Roma meresmikan negara Roma sebagai agama negara pd tahun 300. Kaisar ini menciptakan tata cara gereja, bangunan gereja dsb. Sebelum Konstantin melakukan ini, orang2 Kristen tidak memiliki organisasi yang terpusat seperti gereja, tidak ada bangunan resmi, tidak ada pendeta tetap, tidak ada pengkotbah tetap. Tubuh Kristus tinggal di dalam ECCLESIA, sekelompok anak2 Tuhan yang berkumpul bersama.

KJV dan NKJV yg pertama kali dicetak tahun 1611 berada di bawah otoritas gereja Inggris (the Church of England). Di jaman itu, Inggris adalah negara agama (Kristen), seperti Roma dibawah pemerintahan Konstantin. Negara menggunakan gereja sebagai alat agar dapat mengawasi, mengontrol rakyat dengan menggunakan alasan keagamaan... Sama halnya demikian, gereja Inggris adalah kepanjangan tangan kerajaan Inggris untuk dapat mengontrol dan mengawasi rakyatnya. Jadi, gereja Inggris memastikan KJV dan NKJV menggunakan istilah2 yg tidak membahayakan ke dalam Alkitab, termasuk menerjemahkan kata asli 'ecclesia' menjadi 'gereja' agar kerajaan dapat mengumpulkan rakyat ke dalam satu bangunan dan memudahkannya mengawasi rakyat.

Alkitab bhs Indonesia menggunakan kata 'jemaat' dan bukan 'gereja' karena Alkitab bhs Indo mengambil terjemahan dari alkitab versi Tyndale. Tyndale adalah seorang tokoh gereja Ingris yang tidak menyukai pengaruh Roma di dalam gereja Inggris, sebab itu pd tahun 1500an (sebelum KJV) ia menulis alkitab dalam versi lain dan ia dibakar hidup2 karenanya.
Jadi, ecclesia is the called out ones, mereka yang terpanggil KELUAR.

Salahkah jika ada sekelompok orang keluar dari suatu organisasi dan berkumpul bersama jemaat lain untuk mendirikan perkumpulan doa? Apakah benar jika mereka diberi label pemberontak? Bukankah mereka sedang menggenapi Matius 16:18?

Komentar

Postingan Populer