Menjagai Diri Supaya Tetap Tajam, Prima, Akurat dan Kuat

Menjagai Diri Supaya Tetap Tajam, Prima, Akurat dan Kuat

Pastor Steven Agustinus

 
Foto Daily Devotional.
Setelah beberapa waktu terakhir saya sibuk dg berbagai urusan sehingga 'selalu gagal' utk bangun lebih pagi dr yg seharusnya, pagi ini saya sdh bisa kembali kpd rutinitas saya spt biasanya. Pagi ini saya kembali berdoa bersama dg para siswa/ i kelas Apostolic Succession. Berdoa bersama mereka, buat saya adl sama spt kembali mengasah/ mempertajam mans roh saya - Besi menajamkan besi, orang menajamkan sesamanya (Ams 27:17)
 

Dari pengalaman diatas, Roh Kudus mengajar saya sesuatu:
 

1. Saat seseorg menerima promosi utk menjadi pemimpin, dia tdk boleh terjebak dlm zona nyaman.


Ada beberapa hal prinsipil yg mengkondisikan seseorg jadi menerima promosi dar Tuhan. Apapun hal prinsipil yg mengkondisikan seseorg jadi menerima promosi dr Tuhan, utk menjagai promosi tsb tidak hilang, org ybs harus terus menjagai & mempraktekkan hal prinsipil tsb dg penuh kedisiplinan.
 

Kecenderungan yg banyak dilakukan oleh jemaat dlm berinteraksi dg seorg pemimpin adl mencoba memberikan banyak keistimewaan sbg bentuk penghargaan/ ucapan syukur atas apa yg sdh dilakukan oleh pemimpinnya (sesuatu yg memang baik & wajib dilakukan oleh seorg jemaat thd pemimpinnya) tp ada suatu kewajiban yg seorg pemimpin hrs lakukan: terlepas dari berbagai keistimewaan yang akan mrk cecap, mrk tdk boleh jd terbuai oleh berbagai keistimewaan tsb dan terjebak dlm zona nyaman. Setiap pemimpin hrs memastikan hidupnya selalu ada dlm kondisi yg kuat, prima, tajam & akurat sehingga apapun yg Tuhan ingin kerjakan melalui kehidupan mrk akan dpt terwujud dg mudah. Saya menyadari bhw bagaimanapun jg seorg pemimpin adl tetap manusia dan pasti tdk akan lepas dr kelemahan/ kesalahan. Tp adl merupakan kewajiban seorg pemimpin utk dia tetap mendisiplin dirinya dlm perkara-perkara rohani (doa, membaca Alkitab, melakukan perenungan firman, deklarasi firman dll) sehingga Roh Kudus tetap memiliki keleluasaan utk memakai hidupnya.

2. Pemimpin yg mau trs menjagai dirinya utk tetap tajam, akurat, prima & kuat, hrs siap utk mendisiplin dirinya sama spt ia sendiri mendisiplin org-org yg ia pimpin.
 

Pendisiplinan yg seorg pemimpin lakukan thd jemaat/ anak buahnya akan membuat jemaat/ anak buahnya menjadi bertumbuh & makin kuat. Jika sang pemimpin sendiri mau tetap menjadi kuat, ia perlu dg penuh kesadaran trs menterapkan pola pendisiplinan yg sama utk dirinya sendiri. Hal ini perlu utk dilakukan krn tidak sedikit pemimpin yg justru mengalami kemerosotan pribadi saat mrk sdh mulai 'ada diatas'. Pola hidup Ilahi yg sdh membawa mrk mengalami berbagai terobosan, kemenangan & promosi Ilahi hrs trs dijagai, dipraktekkan, sama seperti pola Ilahi jg sdg trs dibangun dlm kehidupan org-org yg ia pimpin...
 

2 Samuel 11:1 Pada pergantian tahun, pada waktu raja-raja biasanya maju berperang, maka Daud menyuruh Yoab maju beserta orang-orangnya dan seluruh orang Israel. Mereka memusnahkan bani Amon dan mengepung kota Raba, sedang Daud sendiri tinggal di Yerusalem.
 

Seandainya pada waktu itu Daud ikut maju berperang, kisah hidupnya pasti akan jadi berbeda. Daud mengalami kejatuhan yg paling menyakitkan krn ia 'menterapkan standar ganda atas dirinya'.
 

Doa & harapan saya, seberapa banyak para pemimpin yg sdg dipakai Tuhan dg luar biasa, mrk akan trs menjagai pola hidup Ilahi yg sdh Tuhan bangun dlm kehidupan mrk...
 

Deklarasikan hal berikut hingga mans rohmu mengalami pekerjaan Ilahi:

AKU TAHU, AKU DITETAPKAN TUHAN UNTUK HAL-HAL BESAR. AKU AKAN TERUS BEKERJA SAMA DENGAN ROH KUDUS UNTUK MEMBANGUN POLA HIDUP ILAHI DALAM KEHIDUPANKU SEHARI-HARI.


SEKALI POLA HIDUP ILAHI TERBANGUN DALAM HIDUPKU, AKU AKAN TERUS MENJAGAINYA DAN MENDUPLIKASI POLA ILAHI TERSEBUT KE DALAM KEHIDUPAN BANYAK ORANG.


AKU PERCAYA, KARENA AKU TERUS MEMPRAKTEKKAN FIRMANNYA, KARENA POLA ILAHINYA ADA DIDALAM HIDUPKU, MAKA KUALITAS KEHIDUPAN YANG AKU MILIKI JUGA AKAN TERUS BERTAMBAH DAN BERTUMBUH. AKU MENAIKI ANAK TANGGA KEMULIAAN; DARI SATU KEMULIAAN KEPADA KEMULIAAN BERIKUT YANG LEBIH DAHSYAT. AKU TERUS DIBAWA NAIK DAN TIDAK PERNAH TURUN. MENJADI KEPALA DAN BUKAN EKOR...


AKU DEKLARASIKAN, DIDALAM NAMA YESUS, LANGIT TERUS TERBUKA ATASKU, KUASA ROH TERUS BEKERJA MAKIN DAHSYAT DIDALAM DIRIKU DAN BAPA SENDIRI MEMBERIKAN SUARA PERKENANANNYA ATASKU....
AMIN....‪#‎AkuCintaTuhan‬ (Ps. Steven Agustinus)

Komentar

Postingan Populer