Keluarga Bahagia Di Dalam Tuhan Yesus

IBADAH MINGGU IFGF PALEMBANG
28 AGUSTUS 2016
By: Ps. Robert Lie
Jurnalis : Bobby Hartanto
 
Keluarga secara teologis merupakan gagasan, ide, dan produk dari karya Allah bagi manusia. Bukan hasil usaha atau karya manusia. Banyak yang tidak bisa taat dan melayani di gereja dengan maksimal karena keluarganya rusak. Setan tahu kalau keluarga bersatu itu akan sangat ajaib, sehingga setan seringkali merusak keluarga demi keluarga.

1. Tujuan keluarga dalam rancangan dan karya Tuhan
- Keluarga dirancang dan diadakan untuk kemuliaan Allah.
- Keluarga dirancang dan diimplementasikan untuk kebahagiaan manusia
Ketika engkau muda semangat, cinta Tuhan, dan ketika engkua menikah, seharusnya engkau semakin happy dan bahagia. Banyak yang justru setelah menikah membuatnya tidsk bahagia, karena gambaran keluarga yan sudah dirusak.
Namun setelah manusia jatuh dalam dosa, maka sendi-sendi keluarga menjadi rusak.
- Tatanan berkeluarga menjadi tidak jelas
Ketika engkau menikah, engkau harus submit dengan suamimu separah dan mungkin serusak apapun dirinya, dan tidak boleh bercerai kecuali dipisahkan oleh kematian. Karena itu carilah pasangan suami atau istri yang takut akan Tuhan, jangan gampang-gampangan berkata orang lain adalah jodohmu. Istri harus tunduk kepada suami, seperti tunduk kepada Tuhan seburuk apapun suamimu, apalagi kalau suaminya baik. 
- Keluarga kehilangan identitas karena dominasi dosa begitu kuat dalam memporak-porandakan nilai-nilai rohani dalam keluarga
Salah satu kemuliaan yang paling nyata yang masih ada dalam keluarga sampai hari ini adalah pengorbanan orang tua kepada anaknya, karena itu sifat Tuhan / kemuliaan Tuhan.
4 unsur yang harus ada dalam keluarga menurut Kejadian 1:26
Kejadian 1:26
26: Berfirmanlah Allah: "Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi."
Tuhan menciptakan Adam sendiri dan memanggilnya manusia, tapi Tuhan berkata "supaya mereka berkuasa", padahal yang diciptakan hanya Adam. Tuhan punya big plan yang jauh ke depan untuk Adam berkeluarga menguasai semua ciptaanNya. Yang belum menikah, harus hati-hati memilih pasangan. Mereka itu adalah pria dan wanita yang DISATUKAN ALLAH, dan itulah gambar Tuhan yang sempurna, sehingga ada kemuliaan dan kebahagiaan dari Tuhan.
Gambar Allah itu mengacu kepada bagian batin Allah, adalah ekspresi esens batin atribut Allah. Ketika gambar rupa Allah itu nyata, engkau itu sebenarnya tidak perlu susah-susah menginjil, karena orang melihat Yesus nyata dalam hidupmu, kemuliaan Tuhan nyata dan orang lain akan diberkati. Kalau engkau salah pilih pasangan hidup, engkau akan menyesal seumur hidup. Seharusnya suami istri dibentuk dan akhirnya memancarkan kemuliaan dan kebahagiaan dari Tuhan.
1. Kasih (1Yohanes 4:8)
2. Terang (1 Yohanes 1:5)
3. Kekudusan (Wahyu 4:8)
4. Kebenaran dan keadilan
Ketika engkau tidak mengerti tatanan yang benar, gambar Allah itu akan rusak, keluarga tidak diberkati.
2. Iblis mencoba merusak / menghancurkan gambar Tuhan (keluarga)
Mengapa demikian?
Karena iblis tahu ketika semua keluarga mengetahui kebenaran ini, maka akan banyak rupa / gambar Tuhan di dalam keluarga-keluaega dan akan mengakibatkan banyak pertobatan. Banyak orang yang mungkin melihat tetangga-tetangganya Kristen namun cara hidupnya tidak baik, tidak harmonis, dan tidak melihat Kristus ada di tengah hidup kita. Semua orang itu melihat keluarga kita, karena itu jaga hidupmu, keluargamu dengan benar.
3. Pria / Real Man
Apa yang dunia seringkali tunjukkan tentang real man tidak sama dengan arti yang sesungguhnya, banyak sekali kita temukan tidak semua laki-laki yang badannya kekar dan six pack identik dengan real man. 
Real man tidak ditentukan oleh bentuk badan luar / fisik yang kelihatan, namun ditentukan oleh kekuatan dari dalam hatinya
- Kekuatan keluarga tidak dibangun dalam 1 hari, tapi harus dibangun setiap hari
- Kekuatan keluarga terbentuk dari rutinitas
- Keluarga tidak bisa menangani sebuah masalah yang besar tanpa sebuah kekuatan yang besar
- Rutin tunduk kepada suami dan rutin mengasihi istri
Artinya kalau istri harus latihan tunduk kepada suami. Suami juga harus belajar setiap hari mengasihi istrinya dengan segenap hati, tidak bisa hanya datang ke seminar lalu berubah. 
Ciri-ciri pria lemah:
- Kalau suami suka berbohong, jangan marah kalau istri tidak percaya kepadamu, karena suami yang membuat istrinya tidak percaya dengan terus berbohong.
Menikah harus didasari kepercayaan, dan apa yang membuat tidak percaya, karena suami suka berbohong pada istrinya.
- Kalau suami suka bohong artinya anda sedang berkata "jangan percaya saya"
- Kalau suami setiap kali memberikan alasan pada perbuatan yang salah agau keliru artinya anda sedang berkata "saya tidak bertanggungjawab"
Ketika engkau selalu buat alasan ini itu padahal engkau memang salah, artinya engkau bukan orang yang bertanggungjawab dan tidak bisa dipercaya dengan hal yang besar.
Kasih sayang lebih banyak diberi oleh istri, tapi leadership akan lebih banyak diajar oleh suami.
- Kalau suami tidak mau ditegor / tidak mau belajar artinya anda berkata "saya adalah orang yang sombong"
Kalau engkau tidak menjadi rule model yang benar, anakmu akan menjadi orang yang lebih sombong lagi. Kalau engkau mau punya anak, engkau harus memiliki responsibility untuk mendidiknya takut akan Tuhan dan bahagia.
- Kalau suami selalu memikirkan diri sendiri artinya anda betkata "saya belum dewasa sehingga perlakuan nseperti anakn kecil" 
Ciri-ciri pria kuat
- Suami kuat kalau pria berkata jujur
- Suami kuat alau berani minta maaf
- Suami kuat kalau berani memuji
- Suami kuat kalau bisa memerikan kata-kata yang membangin
- Suami kuat kalau ernai bbertanya / berina minta tolong
Real man doing it not because everyone watching them, but because it is fhe right think to do.
Wanita ideal versi Amsal 31
- Cakap (ayat 10)
- Bertanggungjawab (ayat 11)
- Berbuat baik (ayat 12) kepada suami dan tidak berbuat jahat sepanjang umurnya
- Dapat dipercaya (ayat 12)
- Cekatan (ayat 12)
- Manager rumah tangga yang baik (ayat 14-15)
- Rajin bekerja (ayat 16)
- Kekuatan (ayat 17)
- Tahan Uji (ayat 18)
- Suka bekerja (ayat 19)
- Murah hati (ayat 20)
- Proaktif (ayat 21)
- Berpakaian rapi (ayat 22)
- Istri dari suami yang baik (ayat 23)
- Seorang yang berjiwa bisnis (ayat 24)
- Terhormat (ayat 25)
- Bijaksana (ayat 26a)
- Ramah (ayat 26b)
- Ibu teladan (ayat 27a)
- Sibuk (ayat 27b)
- Layak dipuji (ayat 28)
- Wanita yang unggul dan luar biasa (ayat 29)
- Takut akan Allah (ayat 30)
1. Jalin komunikasi yang sehat
2. Lepaskan pengampunan
- ALL BY HIS GRACE - TO GOD BE THE GLORY -

Komentar

Postingan Populer