Pagar Penjaga Kita dari Musuh Kita

Pagar Penjaga Kita dari Musuh Kita

Pastor Steven Agustinus

 


Pada saat seseorg menerima nubuatan, arahan/ tuntunan Roh, sepertinya itu semua hanyalah sekedar kata-kata belaka. Tp dibutuhkan keterbukaan hati & respon yg akurat terhadap nubuatan, arahan/ tuntunan Roh yg dtg atas hidup kita.
 

1. Nubuatan, arahan/ tuntunan Roh dlm hidup kita memastikan termanifestasinya penjagaan Tuhan atas hidup kita.


Saat Tuhan menyampaikan pesan kpd kita - dlm bentuk nubuatan ataupun arahan Tuhan lainnya - terlepas kita segera meresponi ataupun menunda-nunda utk mentaatinya, kadang memang tdk ada dampak yg terjadi scr langsung dlm hidup kita, tp semua tuntunan dan arahan tsb adl sama spt nasehat org tua pd anak-anaknya utk menggosok gigi mrk setiap pagi dan malam. Saat sang anak tdk mau meresponi nasehat org tua mrk, tdk scr seketika gigi-gigi anak tsb jadi rusak dan rontok. Tapi jika sang anak tdk mengikuti arahan org tuanya, sekali waktu nanti pasti giginya akan mengalami kerusakan juga... Bahkan jika ia hanya sesekali mengikuti arahan org tuanya, pasti, tetap ada saja giginya yg rusak. Berbeda dg anak yg meresponi dan mentaati arahan org tuanya, giginya pasti terjaga sempurna...
 

Demikian pula dg hidup kita. Setiap arahan yg Tuhan berikan membutuhkan respon yg akurat dr diri kita. 

Tekad utk taat hrs trs dibangun dr dlm batin kita sehingga meski Tuhan hanya memberikan arahan dlm bentuk satu kata perintah, tdk akan ada pergumulan dlm diri kita utk mentaatinya...

2. Tekad utk taat yg sdh terbangun dlm hidup kita akan menjadi pagar penjaga dr berbagai serangan musuh


Terkadang ada arahan yg Tuhan berikan yg membutuhkan respon seketika dr hidup kita. Tdk ada waktu utk meminta penjelasan/ uraian ttg tujuan dr mengapa kita hrs taat. Bayangkan adanya seorg anak yg sdg bermain di kebunnya dan saat itu ia mendapati adanya seekor ular yg melintas. Sbg seorg anak yg penuh keingin tahuan, bisa saja sang anak justru mengejar/ berusaha menangkap ular tsb - suatu tindakan yg bisa membahayakan dirinya. Ketika org tuanya mengetahui, otomatis dia akan langsung berteriak utk memperingatkan anaknya. Pd saat itu, tdk ada waktu utk sang anak bertanya dan meminta penjelasan dr org tuanya. Yg dibutuhkan hanyalah langkah ketaatan - ketaatan yg segera! Menunda-nunda tindak ketaatan hanya akan membuat sang anak ada dlm bahaya...


Belajarlah utk mengenali jenis arahan/ tuntunan yg dtg dlm hidup kita. Ada arahan yg membutuhkan respon 'segera', ada tuntunan yg membutuhkan 'persiapan' & 'pemahaman' dr pihak kita.


3. Biasakan utk taat krn memang kita tlh bertekad utk selalu taat.


Tekad seseorg tdk boleh dipengaruhi oleh emosi/ perasaan yg ia rasakan. Tekad tsb hrs dibangun melampaui apa yg sdg ia rasakan. Jgn biarkan tekad dlm hidup kita baru bisa 'bekerja dg baik' jika emosi kita jg sdg baik. Latih diri kita sedemikian rupa, sehingga bahkan jika emosi kita sdg tdk mendukung, tekad utk selalu taat bisa selalu ada dlm hidup kita.


Langkah ketaatan yg melampaui semua emosi akan menyelamatkan kita dr berbagai bahaya ataupun berbagai serangan musuh lainnya. 


Tuhan sdh mengutus para malaikat utk menjagai kita; tp terkadang dibutuhkan respon dan reaksi ketaatan dr diri kita utk mengikuti arahan/ tuntunan yg Roh berikan sehingga apapun rencana jahat yg Iblis rancangkan atas hidup kita tdk akan pernah berhasil...


Deklarasikan hal berikut hingga tertanam kuat dlm batin kita:


AKU HIDUP DALAM KETAATAN MUTLAK. ROH KETAATAN TELAH TERBANGUN KUAT DALAM HIDUPKU. AKU TIDAK MEMBUTUHKAN KONDISI EMOSI YANG POSITIF UNTUK BISA MENTAATI ARAHAN ROH. AKU AKAN SELALU MELANGKAH DALAM KETAATAN MUTLAK - TIDAK PEDULI APAPUN YANG EMOSIKU RASAKAN. 


ROH KUDUS MENOLONG DAN MEMAMPUKAN AKU UNTUK SELALU TAAT. DI DALAM NAMA YESUS, TERJADILAH..... Amin #AkuCintaTuhan (Ps. Steven Agustinus)

Komentar

Postingan Populer