12 Nama Tuhan

12 Nama Tuhan

Sumber :http://roti-hidup.blogspot.co.id/2013/10/12-sebutan-nama-allah-yang-merupakan.html 

Ada banyak sebutan Nama bagi Allah Bapa, berikut ini adalah 12 sebutan Nama Tuhan dalam bahasa Ibrani dan penjelasannya sesuai Alkitab.
1. Jehova Tsidkenu
Allah adalah kebenaran dan keadilan bagiku. Kita dibenarkan dihadapan Allah didalam Yesus Kristus. (Yeremia 23:6 , Dalam zamannya Yehuda akan dibebaskan, dan Israel akan hidup dengan tenteram; dan inilah namanya yang diberikan orang kepadanya: TUHAN--keadilan kita)
2. Jehova M'kaddesh
Allah adalah pengkudusku. Dia telah menjadikan kita bagian dari Nya ( 1 Korintus 6:11, Dan beberapa orang di antara kamu demikianlah dahulu. Tetapi kamu telah memberi dirimu disucikan, kamu telah dikuduskan, kamu telah dibenarkan dalam nama Tuhan Yesus Kristus dan dalam Roh Allah kita. )
3. Jehova Adonai
Allah adalah Tuhan dan guruku. Dia secara lengkap ada dan selalu hadir, diungkapkan oleh keberadaan Tuhan Yesus yang sama kemarin, hari ini dan selamanya. ( Yohanes 13:13, Kamu menyebut Aku Guru dan Tuhan, dan katamu itu tepat, sebab memang Akulah Guru dan Tuhan. )
4. Jehova El-Elyon
Allah adalah Tuhan Maha Tinggi. Dia adalah awal penyebab segalanya, pemerintahan tertinggi di bumi dan di surga, Allah yang hidup dan Agung, penuh pengampunan, setia dan Maha Kuasa (Wahyu 12:10, Dan aku mendengar suara yang nyaring di sorga berkata: "Sekarang telah tiba keselamatan dan kuasa dan pemerintahan Allah kita, dan kekuasaan Dia yang diurapi-Nya, karena telah dilemparkan ke bawah pendakwa saudara-saudara kita, yang mendakwa mereka siang dan malam di hadapan Allah kita. )
5. Jehova Elohim
Allah adalah Kuat dan Berkuasa. Dia membuat surga dan bumi pada awal mulanya dan memahkotaimu dengan kehormatan dan kemuliaan   (Mazmur 8:5,  Namun Engkau telah membuatnya hampir sama seperti Allah, dan telah memahkotainya dengan kemuliaan dan hormat. )
6. Jehova Shalom
Allah adalah pendamai kita. Dia adalah Raja Damai yang melebihi semua pemahaman  manusia. (Hakim-hakim 6:24, Lalu Gideon mendirikan mezbah di sana bagi TUHAN dan menamainya: TUHAN itu keselamatan. Mezbah itu masih ada sampai sekarang di Ofra, kota orang Abiezer. )
7. Jehova Shammah
Allah Maha hadir. Dia senantiasa ada bersama dengan kita (Yehezkiel 48:35, Jadi keliling kota itu adalah delapan belas ribu hasta. Sejak hari itu nama kota itu ialah: TUHAN HADIR DI SITU.")
8. Jehova Rapha
Allah adalah penyembuhku. Dia berfirman dan menyembuhkan kita dari segala penyakit kita. (Keluaran 15:26 ,  firman-Nya: "Jika kamu sungguh-sungguh mendengarkan suara TUHAN, Allahmu, dan melakukan apa yang benar di mata-Nya, dan memasang telingamu kepada perintah-perintah-Nya dan tetap mengikuti segala ketetapan-Nya, maka Aku tidak akan menimpakan kepadamu penyakit manapun, yang telah Kutimpakan kepada orang Mesir; sebab Aku Tuhanlah yang menyembuhkan engkau." )

9. Jehova Jireh
Allah menyediakan dan memcukupi. Dia satu-satunya yang melihat apa kebutuhan kita dan mencukupinya. (Kejadian 22:14, Dan Abraham menamai tempat itu: "TUHAN menyediakan"; sebab itu sampai sekarang dikatakan orang: "Di atas gunung TUHAN, akan disediakan." )
10. Jehova El-Shaddai
Allah Maha Kuasa dengan berkat-berkatnya. Dia lebih dari cukup dalam segala kebaikan hatiNya, mencukupi, memelihara dan menyediakan kebutuhan. ( 1 Petrus 1:5, Yaitu kamu, yang dipelihara dalam kekuatan Allah karena imanmu sementara kamu menantikan keselamatan yang telah tersedia untuk dinyatakan pada zaman akhir. )
11. Jehova Nissi
Allah adalah panji kemenangan dan keselamatan kita. Dia adalah kemenangan kita, Dia berperang melawan musuh kita. Panji kemenangannya atas kita adalah kasih. (Keluaran 17:15, Lalu Musa mendirikan sebuah mezbah dan menamainya: "Tuhanlah panji-panjiku!" )
12. Jehova Rohi
Allah adalah gembalaku. Dia memimpin dan membimbing jalan kita. (Mazmur 23:1, Mazmur Daud. TUHAN adalah gembalaku, takkan kekurangan aku. )

Komentar

Postingan Populer