IBADAH MINGGU IFGF PALEMBANG 11 SEPTEMBER 2016

IBADAH MINGGU IFGF PALEMBANG
11 SEPTEMBER 2016

By: Dr. Richard William

Ada beberapa musim yang berbeda dalam pelayanan dan kehidupan kekristenan kita. Kita harus mengerti musim yang sedang terjadi dan meresponinya dengan benar. Kalau tidak, kita akan melewatkan pintu kesempatan yang Tuhan buka. Di tempat ini, ini masa "spring time", artinya Tuhan sedang melahirkan sesuatu yang baru dalam pelayanan saat ini. Musim semi ini musim dimana bunga sedang bermekaran, artinya untuk setiap yang terlibat dalam pelayanan, engkau harus bekerja lebih keras lagi, karena di musim ini engkau harus mulai menabur, investasi. Kalau engkau tidak mengeinvestai di musim ini, ketika musim panas datang, engkau tidak bisa menikmati apapun. Ketika engkau menginvestasi, engkau akan memiliki terobosan! Curahkan setiap energi yang engkau punya di tempat ini, kalau ada doa, ikuti, kalau ada puasa, ikut terlibat, apapun yang dilakukan, ikuti saja, sehingga ketika musim panas itu datang, terobosan itu terjadi, engkau akan diberkati dengan begitu ajaib.

The Laws of Supernatural
Sangat penting untuk kita mengerti mengenai hukum supranatural, karena Tuhan kita adalah Tuhan yang supranatural dan kita adalah makhluk supranatural, kita adalah makhluk roh yang ditempatkan Tuhan di tubuh jasmani. Awalnya kita berada di dunia roh, tapi yang sementara kita berada di alam jasmani. Sangat penting untuk kita bisa menyelaraskan diri dengan dunia spiritual.

Roma 8:14
14: Semua orang, yang dipimpin Roh Allah, adalah anak Allah.

Kata let / dipimpin dalam bahasa aslinya itu driven, artinya seperti kita duduk di mobil dan ada yang mengendalikan kemudinya. Kita tidak bisa mengontrol kemudi atau gas nya, tapi kita dibawa oleh roh Tuhan tersebut. Ketika Tuhan Yesus dipimpin ke padang gurun, Dia tidak punya pilihan lain karena roh Tuhan memimpinNya. Kalau engkau mengatakan engkau adalah anak Allah, artinya engkau menyerahkan semua kendali kepada Roh Kudus. Segala sumber daya, waktu, energi, daya usahamu, semuanya itu diberikan pada Roh Kudus dan Dia yang akan memimpin semuanya. Banyak yang mau dipimpin Roh Kudus tapi tidak mau menyeerahkan dirinya pada Roh Kudus. Engkau harus mengizinkan Roh Kudus memimpin hidupmu! Kehidupan supranatural adalah kehidupan yang memang harusnya kita berada. Dengan pengurapan itu, akan ada perubahan yang terjadi di dalam hidupmu.

Kalau engkau konek dengan dunia supranatural, engkau akan tahu apa yang Tuhan katakan, dan itu sifatnya kekal, kalau perkataan manusia adalah sementara. Ketika engkau hidup dalam alam supranatural, engkau bisa melihat masa depanmu, engkau tahu apa yang Tuhan akan kerjakan dalam hidupmu, tidak ada kejutan atau kekejutan karena engkau tahu, dan manusia rohmu mengetahui segala sesuatunya. Tuhan Yesus tidak pernah kaget, karena Dia memang sudah tahu semua yang akan terjadi di depan. Tuhan ingin memakai setiap kita secara supranatural.

Tuhan Yesus melayani selama 3.5 tahun di dunia, dan setiap yang menyentuh / berjumpa dengan Yesus, mereka akan terkesima dan melihat yang supranatural, tidak peduli dengan yang terlihat. Tapi gereja di hari-hari ini banyak yang tidak mengalami yang supranatural, seharusnya setiap gereja mengalami manifestasi Tuhan, dan kalau tidak mengalami manifestasi, engkau akan menjadi yang biasa saja, dan yang biasa-biasa saja tidak perlu bayar harga. Banyak gereja yang tidak melakukan apa-apa, tidak banyak bergerak.

Ini adalah tempat terobosan! Tidak semua orang bisa jadi juara olimpiade, tapi untuk menjadi juara harus membayar harga yang sangat berat, harus dilatih sedemikian rupa, mengendalikan diri sedemikian rupa hanya untuk menang. Kita harus melakukan sesuatu untuk menciptakan atmosfer yang seperti ini.

Murid-murid Yesus bahkan tidak tahu mereka akan pergi kemana, karena mereka hanya mengikuti Roh Kudus. Dan kalau engkau ikuti Roh Kudus, engkau akan mengalami hal-hal yang baru, akan menghancurkan setiap rintangan. Kadang pengalaman kita dibatasi oleh persepsi yang ada di pikiran kita. Contoh ketika ada 3 orang yang menyentuh gajah di titik yang berbeda, persepsi mereka akan berbeda-beda. Persepsi mereka tidak salah, hanya saja tidak lengkap. Apa yang engkau alami di tempat ini, walau engkau tidak mengerti, ikuti saja, percaya saja, dan ikuti apa yang engkau mengerti itu dan hari demi hari Tuhan akan bangun hingga menjadi sesuatu yang utuh.

Efesus 1:11
11: Aku katakan "di dalam Kristus", karena di dalam Dialah kami mendapat bagian yang dijanjikan--kami yang dari semula ditentukan untuk menerima bagian itu sesuai dengan maksud Allah, yang di dalam segala sesuatu bekerja menurut keputusan kehendak-Nya--

Dikatakan Tuhan bekerja dalam segala sesuatu, dan bekerja ini asal katanya itu energy, bahasa aslinya itu menyatakan "spiritual energy has to be worked", artinya ada hal yang harus kita lakukan agar kita punya kekuatan dalam dunia supranatural. Dalam dunia natural kita ada berbagai energi, energi matahari, energi angin, energi nuklir, energi air, dll, dan segala jenis energi ini tersedia. Tapi untuk kita mengalami energi ini, kita harus menyelaraskan diri kita dengan energi itu untuk kita bisa mengalaminya. 

Bagaimana cara kita bisa mengalami energi di dalam roh / supranatural? Masuk ke dunia supranatural, selaraskan diri kita dengan dunia supranatural agar kita bisa mengalami energi dalam dunia roh. Tap into the supernatural energy! Masuk dalam dunia supranatural, karena kuasa Tuhan adalah bagian kita. Kita harus selaraskan diri kita agar kita bisa mengalami hal-hal tersebut. Banyak kita yang ingin orang lain yang membayar harganya dan kita terima semuanya dengan gratis. Harga yang engkau bayar adalah kebangunan rohani / revival yang akan engkau alami. Kalau engkau mau membuat perbedaan di generasimu, ada harga yang harus dibayar, ada usaha yang harus engkau lakukan. Dalam gereja perjanjian baru, banyak yang merasa tidak perlu lakukan sesuatu karena Tuhan sudah lakukan semuanya. Salvation is free, miracles need prices. Setiap kita memiliki keselamatan tapi tidak semua punya yang supranatural.

Energi spiritual itu dilepaskan oleh pribadi Roh Kudus. Engkau harus melihat dirimu seperti wadah yang menampung kuasa Tuhan. Semakin banyak kuasa yang lebih banyak ingin engkau bawa, engkau harus khususkan dirimu lebih lagi. Tanpa kebenaran, engkau tidak bisa mendekat ke Tuhan. Di ruang maha kudus tidak ada setan, tapi hanya ada 1 orang imam besar dengan hadirat Tuhan yang masuk di dalamnya. Hidupmu harus dikhususkan, harus benar-benar dipisahkan dari dunia sebelum engkau bisa masuk lebih dalam lagi. Seperti presiden, tidak bisa sembarang orang datang walau hanya untuk melihatnya. Ketika engkau ingin mengalami yang supranatural, engkau harus bisa konek dengan Sumbernya, prioritasmu adalah Sumber dari semua kekuatan itu, dan engkau lakukan semua hal untuk engkau tetap bisa terhubung.


Ada 3 hukum yang harus kita ketahui:
1. Hukum iman
Roma 3:27 27: Jika demikian, apakah dasarnya untuk bermegah? Tidak ada! Berdasarkan apa? Berdasarkan perbuatan? Tidak, melainkan berdasarkan iman!

Romans 3:27 (KJV)
27: Where is boasting then? It is excluded. By what law? of works? Nay: but by the law of faith.

Dalam bahasa Inggris dikatakan hukum iman.

Roma 4:20
20: Tetapi terhadap janji Allah ia tidak bimbang karena ketidakpercayaan, malah ia diperkuat dalam imannya dan ia memuliakan Allah,
Setiap kita dikuatkan oleh iman. Untuk kita bisa membuka pintu supranatural, tergantung bagaimana engkau menjalani kehidupan imanmu. Tanpa iman, mustahil untuk engkau menyukakan Tuhan (without faith it is impossible to please God). Di Ibrani 11 dikatakan iman adalah dasar dari segala sesuatu, iman adalah pintu masuk engkau masuk dalam supranatural. 

Abraham dengan iman dia meninggalkan tanahnya, negaranya yang sangat besar dan dia masuk ke suatu bangsa yang bahkan dia tidak tahu. Oleh krena iman, Musa meninggalkan haknya sebagai pangeran di Mesir dan masuk dalam padang gurun. Hukum ini harus diaktifkan dalam hidup kita, harus dilakukan dengan konsisten, dan dengan iman masuk melangkah ke dalam dunia supranatural. Setiap engkau menjawab dan melakukan tindakan imanmu, engkau akan masuk dalam dunia supranatural. 

Lakukan terlebih dahulu sekalipun engkau tidak melihat, karena nantinya engkau akan melihat apa yang Tuhan kerjakan. Kalau engkau ingin berjalan dalam supranatural, engkau harus mengerti mengenai hukum iman ini. Dia berikan kesempatan untuk kita melangkah dengan iman, merespon iman, dan ini tidak mudah karena itu tidak semua orang mau lakukan. Ketika engkau mulai melangkah dan percaya untuk setiap hal yang mustahil, engkau itu sedang keluar dari hidup normal dan biasa, dan engkau masuk dalam dunia supranatural yang tidak biasa. God calls you from faith to faith. Imanmu harus bertumbuh!

Kalau engkau mau masuk dalam level berikutnya, engkau harus masuk dalam iman, karena engkau tidak bisa tinggal di tempatmu yang sekarang. Untuk masuk ke level berikutnya, engkau harus buka pintu iman itu dan masuk ke dalamnya, hidup dalam hal yang luar biasa (extraordinary). Pelayanan di tempat ini sedang masuk dalam masa depan! Banyak gereja yang tertahan di masa 1980 dimana masa terakhir kebangunan Tuhan terjadi, kemuliaannya dibangun dengan gedung yang makin besar.

Banyak orang yang tidak mau bayar harga, karena itu sulit, itu butuh proses, tidak mudah, dan harganya mahal. Tuhan gunakan siapapun yang punya passion dan on fire dengan Tuhan. Ketika engkau sangat tulus, Tuhan bisa bawwa engkau begitu jauh. Kita punya contoh yang sangat baik di tempat ini


2. Hukum tentang roh kehidupan (spirit of life) / hukum kemerdekaan
Roma 8:2 2: Roh, yang memberi hidup telah memerdekakan kamu dalam Kristus dari hukum dosa dan hukum maut.

Romans 8:2 (KJV)
2: For the law of the Spirit of life in Christ Jesus hath made me free from the law of sin and death.


Kalau engkau mau masuk dalam dunia supranatural, engkau harus masuk juga dalam hukum ini. Yesus dipimpin oleh sensasi dari Roh Kudus, Dia tidak dipimpin oleh asumsi. Ketika Roh Kudus memimpin hidupNya, Dia mengerti. Contoh ketika Dia akan dikhianati di ruang perjamuan, di dalam rohNya ada sesuatu yang mengalir dan tiba-tiba Dia tahu kalau ada seseorang yang akan mengkhianatiNya. Semakin engkau dalam dengan Roh Kudus, engkau akan mengerti mengenai sensasi ini. Roh kehidupan ini yang akan menuntun kemana, kapan, dan bagaimana engkau harus pergi. Ketika engkau masuk dalam hukum ini, Roh Kudus akan memimpin hidupmu.

Yesus tidak merespon emosi orang-orang ketika mereka berkata tentang Lazarus yang sakit. Justru ketika mereka berkata Lazarus sakit, saudaranya sudah memberi Tuhan Yesus makan, dll, Yesus tidak mengikuti emosi mereka, bahkan Yesus meninggalkan mereka ke arah yang berlawanan. Sensasi ini bahasa aslinya embrioma, dan itu bukan saat ini. Jangan tergesa-gesa, jangan terburu-buru, karena engkau harus berdoa. 3 hari kemudian ketika Yesus mendengar kabar Lazarus meninggal, justru Yesus merasa kemerdekaan dalam rohNya dan ada pengurapan di RohNya untuk membangkitkan Lazarus. Dia tahu, Dia tidak menebak-nebak kalau Lazarus akan hidup, dan sensansi inilah yang Tuhan Yesus rasakan. Embrioma itu artinya birthing, sedang melahirkan. Tuhan Yesus saat itu harus mengalami sebuah kelahiran. Tuhan juga taruh itu dalam hidup kita, dan baru dalam bentuk benih. Contoh Daud diurapi, dan orang tidak mengikuti Daud, tapi dia harus menunggu hingga 15-20 tahun kemudian baru Daud menjadi raja. Ada waktu dalam penantian! Saat itu Yesus tahu kalau waktunya sudah genap dan akhirnya Yesus memutuskan untuk ke temapt Lazarus. Lalu Tuhan Yesus tahu di dalam rohNya kalau Lazarus itu hidup. RohNya begitu terhubung dengan Roh Tuhan sehingga Dia tahu.

Bagaimana kita tahu kita konek dengan Roh Tuhan? Ada kebebasan (liberty, absolute freedom). Ketika engkau terhubung dengan Roh Kudus, engkau tidak peduli dengan yang lain, karena yang engkau pedulikan itu bagaimana bisa menyenangkan Tuhan, membuat namaNya dimuliakan, mimpi dan visi Tuhan jadi nyata. Di dalam taman, Adam itu berjumpa dengan Tuhan. Ketika engkau punya hadirat Tuhan, engkau tidak perlu yang tiruan, pelajari yang asli di tempat ini! Tuhan sangat ingin memakai engkau dalam supranatural!


3. Hukum kebenaran
Roma 9:31
31: Tetapi: bahwa Israel, sungguhpun mengejar hukum yang akan mendatangkan kebenaran, tidaklah sampai kepada hukum itu.
Romans 9:31 (KJV)
31: But Israel, which followed after the law of righteousness, hath not attained to the law of righteousness.


Untuk kita bisa masuk dalam alam supranatural, Alkitab katakan bukan kebenaran kita, tapi kebenaran Tuhan. Dia sudah membebaskan kita dari hukum taurat. Kenapa kebenaran itu menjadi sangat penting? Karakter Tuhan adalah kekudusan, bukan kuasa atau belas kasihan, karena belas kasihan dan kebaikan Tuhan adalah atribut. Ketika kita menjadi kudus, sangat mudah untuk kita bisa mengasihi orang lain. Ketika engkau punya karakter Tuhan, engkau akan punya kebiasaan Tuhan. Hukum kebenaran ini membebaskan kita dari hukum dosa, dari hukum di dunia ini. Alkitab katakan kita punya akses langsung ke hadirat Tuhan, dan hukum ini membuat kita bisa masuk dalam ruang maha kudus. Tuhan sudah memilih kita bahkan sebelum dunia diciptakan, Tuhan tahu setiap pergumulanmu, dll. Panggilan tertinggi kita bukan menjadi seorang suami, anak, istri, tapi panggilan tertinggi kita adalah menjadi Anak Allah dan untuk kita masuk dalam supranatural, engkau harus miliki kebenaran. Dia tanggung beban, dosa, dan kelemahan kita, Dia tanggung di kayu salib, dan kita menjadi dibenarkan oleh Tuhan. Karena kita dibenarkan oleh Tuhan, apapun yang Yesus lakukan, kita bisa lakukan juga. Setiap visi yang Tuhan miliki untuk dunia ini, engkau bisa genapi semuanya. Dalam kelemahanmu, Tuhan akan gunakan untuk menyatakan kekuatanNya.

Ada pengurapan yang sangat besar akan datang kepada Indonesia dan juga seluruh dunia. Di hari-hari terakhir Tuhan akan curahkan rohNya, dan kita punya kesempatan untuk menjadi penonton atau menjadi bagian yang paling depan dalam lawatan. Kita punya pilihan yang bebas, engkau bisa masuk, atau engkau keluar. Apapun keputusanmu, kebangunan itu akan tetap datqng, kegerakan akan tetap datang. Tidak ada orang yang akan menghentikan lawatan ini, karena Tuhan katakan kalau orang tidak berteriak, batu-batu yang akan berteriak, karena Tuhan akan lakukan lawatan terbesar itu di hari-hari terakhir ini. Jangan anggap enteng, tapi responi dengan serius. Tuhan sedang mengundang kita menjadi baris depan di apa yang akan Tuhan kerjakan. Press in! Kita itu begitu dekat dengan kegerakan ini, jangan lewatkan ini, jangan anggap enteng! Masuk dalam supranatural. Pimpin jalan untuk Indonesia, ini adalah waktumu, kesempatanmu, terus kejar Tuhan.

- ALL BY HIS GRACE - TO GOD BE THE GLORY -

Komentar

Postingan Populer