NAMA-NAMA YEHOVAH DENGAN GELAR

NAMA-NAMA YEHOVAH DENGAN GELAR

 



יהוה – YHVH – YEHOVAH


Didalam Perjanjian Lama Nama Allah sering disebut dengan : יהוה – YHVH – YEHOVAH, namun dibaca 'ADONAY, yang adalah nama pribadi atau nama absolut:

DITULIS (KETIV): יהוה – YHVH – YEHOVAH

DIBACA (QERE'): 'ADONAY

יהוה - YHVH dikenal juga dengan tetragrammaton (tetra = empat, gramma = huruf) adalah nama favorit Allah dalam Perjanjian Lama, yang membedakan-Nya dari ilah-ilah lain.


Hebrew consonant only : יהוה

Hebrew with nikudim (vowel) : יְהֹוָה


Penulisan ("QETIV") -- bukan pengucapan ("QERE'") -- יהוה – YHVH menjadi " יְהֹוָה – YEHOVÂH" berasal dari penyisipan vokal 'ADONÂY, Tuhan, di antara keempat tetragrammaton itu sehingga menjadi YAHOVAH atau YAHOWAH, namun karena para rabi Yahudi menganggap bahwa tetragrammaton ini berasal dari kata " היה - HÂYÂH" (Keluaran 3:14) yang ditulis dalam bentuk Qal Imperfect dan bentuk ini tidak membolehkan adanya vokal a pada suku kata pertama, maka YAHOVAH ditulis menjadi YEHOVAH, vokal pertama adalah SYEVÂ' : יְהֹוָה

Kemudian dari dasar diataskita temui transliterasi Y(e)H(o)V(a)H, atau YEHOVAH. Nama ini 6700 kali tertulis didalam Perjanjian Lama. Dengan beberapa peristiwa maka nama ini dirangkaikan dengan peristiwa tersebut sehingga menjadi rangkaian kata nama Allah yang sesuai keadaan / peristiwa tersebut.

( Selanjutnya lihat penjelasan di Artikel : Study Kata : YHVH – YEHOVÂH, di yhvh-yehovah-study-kata-vt7.html#p22 )

Kemudian dikenal juga nama YHVH dalam bentuk "konstruk" (yang menghubungkan dua atau tiga kata dalam satu kalimat). Selanjutnya, kita perinci nama-nama YHVH dengan GELAR, sbb :


Komentar

Postingan Populer