Penolong


= PENOLONG =

Ps Victor Purnomo

Ibadah JKI HTE

Minggu, 9 Oktober 2016

Jurnalis : Hendy Ferdiantama

 


Yohanes 14:16-17 Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya,
yaitu Roh Kebenaran. Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu.

Tuhan memberikan penolong buat kita. Tuhan Yesus berjanji dan memberikan roh kudusnya buat kita dan itu penting. Dan itu sangat kita perlukan dlm hidup kita. Roh kudus diberi Tuhan buat kita itu supaya kita bekerja bersama dgn Dia.

Seorang penolong = yg mau menolong kita. Sampai kita mau berkata roh kudus tolong aku.

Penolong = seorang pribadi yg disisi kita selama lamanya

Artinya penolong ada 3 yaitu =

1. Advocate = pengacara
Roh kudus pengacara dlm hidup kita supaya dimenangkan dlm perjalanan hukum. Dia tau dgn tepat hukumnya. Ketika kita tau hukum kita mendapatkan keuntungan dan akan bisa menang. Tuhan itu pengacara kita dan dia mencari dimana celah celah hukum yang bisa menolong kita.

1 Raja-raja 1:30 pada hari ini aku akan melaksanakan apa yang kujanjikan kepadamu demi TUHAN, Allah Israel, dengan sumpah ini: Anakmu Salomo akan menjadi raja sesudah aku, dan dialah yang akan duduk di atas takhtaku menggantikan aku."

Anak laki laki pertama selalu menggantikan raja yg sudah mati tapi hari itu ada yg lain batsyeba berkata kepada daud bahwa anaknya salomo akan menggantikan daud sbg raja. Begitu raja daud bertitah maka smua mengikuti.
Sekalipun raja daud belum mati.

Ada perkecualian bila Tuhan berkata dlm hidup kita. Tidak lagi ada hukumnya tapi nurut apa yang Tuhan katakan.

Co kedua : yonathan lolos dari hukuman saul dan tdk jadi mati.

Th ini th kesempurnaan meskipun kita ini tdk sempurna, Tuhan akan bantu kita supaya kita jadi sempurna di th ini. Tuhan sedang menegakan hukumnya untuk menolong setiap kita.

2. Counselor = penghibur penolong dan memberikan nasihat

Roh kudus itu counselor kita. Kadang manusia seringkali gratis itu dianggap murah. Bukan karena roh kudus murahan tp karena kita tdk bisa bayar karena terlalu hebatnya roh kudus.

Yosua 9:14-15 Lalu orang-orang Israel mengambil bekal orang-orang itu, tetapi tidak meminta keputusan TUHAN.
Maka Yosua mengadakan persahabatan dengan mereka dan mengikat perjanjian dengan mereka, bahwa ia akan membiarkan mereka hidup; dan para pemimpin umat itu bersumpah kepada mereka.

Tuhan membuat keputusan apa yg dia lihat bukan apa yang kita lihat, maka hasilnya akan luar biasa.

3. Pengantara
Markus = makelar kasus

Tuhan itu pengantara dlm hidup kita.

Th ini kita perlu jalan dgn roh kudus kita perlu kuasa dan urapan.

Hakim-hakim 14:6 Pada waktu itu berkuasalah Roh TUHAN atas dia, sehingga singa itu dicabiknya seperti orang mencabik anak kambing — tanpa apa-apa di tangannya. Tetapi tidak diceriterakannya kepada ayahnya atau ibunya apa yang dilakukannya itu.

Klo roh Tuhan menguasai hidup kita tiap hari setiap kali Dia kuasai hidup kita maka hidup kita berubah klo kita melihat singa maka cara pandang kita akan berbeda dan kita akan melihat anak kambing dan kita berani menghadapi. Yang berubah yang didlm kita dibuat berlipat ganda lebih kuat.

Yohanes 14:16-17 Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya,
yaitu Roh Kebenaran. Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu.

Datang andalkan Tuhan. Tuhan udh bayar smua dikayu salib, tugas kita tahu hukumnya. 5777 th kemenangan buat hidup kita.

Amin

Tuhan memberkati

Komentar

Postingan Populer