Warisan Kelimpahan

Pdt Petrus Agung
Warisan Kelimpahan
Resume : Hendy Ferdiantantama



Kenapa org kaya sukar masuk kerajaan surga??

Matius 19:16-26  Ada seorang datang kepada Yesus, dan berkata: "Guru, perbuatan baik apakah yang harus kuperbuat untuk memperoleh hidup yang kekal?"
Jawab Yesus: "Apakah sebabnya engkau bertanya kepada-Ku tentang apa yang baik? Hanya Satu yang baik. Tetapi jikalau engkau ingin masuk ke dalam hidup, turutilah segala perintah Allah."
Kata orang itu kepada-Nya: "Perintah yang mana?" Kata Yesus: "Jangan membunuh, jangan berzinah, jangan mencuri, jangan mengucapkan saksi dusta,
hormatilah ayahmu dan ibumu dan kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri."
Kata orang muda itu kepada-Nya: "Semuanya itu telah kuturuti, apa lagi yang masih kurang?"
Kata Yesus kepadanya: "Jikalau engkau hendak sempurna, pergilah, juallah segala milikmu dan berikanlah itu kepada orang-orang miskin, maka engkau akan beroleh harta di sorga, kemudian datanglah ke mari dan ikutlah Aku."
Ketika orang muda itu mendengar perkataan itu, pergilah ia dengan sedih, sebab banyak hartanya.
Yesus berkata kepada murid-murid-Nya: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya sukar sekali bagi seorang kaya untuk masuk ke dalam Kerajaan Sorga.
Sekali lagi Aku berkata kepadamu, lebih mudah seekor unta masuk melalui lobang jarum dari pada seorang kaya masuk ke dalam Kerajaan Allah."
Ketika murid-murid mendengar itu, sangat gemparlah mereka dan berkata: "Jika demikian, siapakah yang dapat diselamatkan?"
Yesus memandang mereka dan berkata: "Bagi manusia hal ini tidak mungkin, tetapi bagi Allah segala sesuatu mungkin."

1. Kenapa org kaya sukar masuk kerajaan surga,  karena uang membuat hati kita tergoda. Dan dialkitab ditulis karena org bny hartanya diduniawi dan mencintainya dan itulah yg membuat Tuhan berkata sukar sekali masuk kerajaan surga.

2. Uang bisa membeli bnyk hal. Dan itu merupakan sesuatu yg jahat dimata Tuhan. Uang juga bisa mendatangkan bnyk tmn. ( sahabat palsu)

Amsal 14:20  Juga oleh temannya orang miskin itu dibenci, tetapi sahabat orang kaya itu banyak.

Bila ada org yg diberkati Tuhan akan bnyk org yg mendekat kepadanya banyak yg positif dan ada juga yg negatif,  mereka yg negatif merasa sahabat dtg untuk menjerumuskan kedalam perkara perkara yg jahat dimata Tuhan,  itu karena kepentingan org semata.  Itu harus diperhatikan.  Itu yg menyebabkan org kaya sukar masuk kerajaan surga.

Co = bila ada org biasa merokok di greja lgs ditegur tapi bila ada org kaya yg mendanai gereja itu merokok kebanyakan org berkata itu proses ( itu bahaya karena itu bisa jadi sahabat palsu yg menjerumuskan)

3. Amsal 28:11  Orang kaya menganggap dirinya bijak, tetapi orang miskin yang berpengertian mengenal dia.

Jng merasa bijak karena mereka sukar masuk kerajaan surga. Merasa bijaksana karena ucapannya dilakukan org lain. Itu bahaya.

4. Amsal 18:23 Orang miskin berbicara dengan memohon-mohon, tetapi orang kaya menjawab dengan kasar.

Kebanyakan org kaya bisa membeli banyak hal dan merasa mampu akibatnya muncullah kesombongan. Kesombongan yg terucapkan itu berbahaya. Itu bisa membuat kita berubah. Itu membuat kejahatan dimata Tuhan. Cinta akan uang adalah akar dari segala kejahatan.

Mari minta ke Tuhan tmn tmn yg mengasihi kita dengan tulus bukan karena harta kita.

Mari jadi pengelolanya Tuhan dan kerajaan surga,  memberi seperti yang Tuhan mau memberi.

5. Pengkhotbah 10:19-20  Untuk tertawa orang menghidangkan makanan; anggur meriangkan hidup dan uang memungkinkan semuanya itu.
Dalam pikiran pun janganlah engkau mengutuki raja, dan dalam kamar tidur janganlah engkau mengutuki orang kaya, karena burung di udara mungkin akan menyampaikan ucapanmu, dan segala yang bersayap dapat menyampaikan apa yang kauucapkan.

Ini ayat sindiran bahwa banyak org akan menyampaikan apapun untuk menjilat orang kaya biar org yg menyampaikan itu mendapat favor. ( menikmati sebagian dari kekayaan org itu)

6. 1 Timotius 6:17-19 Peringatkanlah kepada orang-orang kaya di dunia ini agar mereka jangan tinggi hati dan jangan berharap pada sesuatu yang tak tentu seperti kekayaan, melainkan pada Allah yang dalam kekayaan-Nya memberikan kepada kita segala sesuatu untuk dinikmati.
Peringatkanlah agar mereka itu berbuat baik, menjadi kaya dalam kebajikan, suka memberi dan membagi
dan dengan demikian mengumpulkan suatu harta sebagai dasar yang baik bagi dirinya di waktu yang akan datang untuk mencapai hidup yang sebenarnya.

Nasihat di alkitab

7. Matius 16:26  Apa gunanya seorang memperoleh seluruh dunia tetapi kehilangan nyawanya? Dan apakah yang dapat diberikannya sebagai ganti nyawanya?

Harta apapun yg kita punya jauh di bandingkan dengan jiwa kita yg lebih berarti.

Tuhan memberkati.

Komentar

Postingan Populer