MOAB



Ibadah Raya Via Streaming
GBI Shekinah Temanggung
Minggu, 15 Januari 2017
Pdt. Petrus Hadi Mulja Santoso

Moab hidup aman x  dari sejak masa mudanya, dia hidup tenang seperti anggur di atas endapannya, y  tidak dituangkan dari tempayan yang satu ke tempayan yang lain, tidak pernah masuk ke dalam pembuangan; sebab itu rasanya tetap padanya, dan baunya tidak berubah. Yeremia 48:11

Sekian puluh yang lalu, ketika Engkong Yusak Tjipto datang ke GBI Shekinah Temanggung, seperti biasanya ia mempunyai waktu khusus untuk berdoa.

Ketika ia datang ke Tuhan, mau naikkan penyembahan, ia merasakan sangat berat sekali, seperti ada halangan seperti serpihan tembakau atau dia bilang “kremul-kremul”.

Kemudian saya baru mengerti ketika membaca ayat ini, kremul-kremul itu adalah endapan anggur.

Orang Kristen sejak ia Lahir Baru dan selama bertahun-tahun ia tidak mengalami progress atau naik, ia masih saja hidup dalam kelemahan-kelemahan, hidupnya tidak memunculkan kekuatan Tuhan.

Seperti Air Anggur selalu dipindahkan dari satu tempayan ke satu tempayan lagi agar endapannya terpisah. Ada banyak orang kristen yang marah ketika Tuhan bawa pergi dari satu tempat ke tempat lain. Orang Kristen marah ketika ia mengalami pembuangan atau proses Tuhan.

Tuhan tahu hidupmu banyak kelemahan, kita mengalami banyak kesusahan. Sebenarnya Tuhan tidak mau hidup kita susah. Setiap kelemahan kita harus dipotong, namun tidak ada yang mampu untuk mengalahkan setiap kelemahan. Kelemahan itu meliputi ketersinggungan, kekuatiran, kekecewaan, kemarahan dan pemberontakan kita.

Jika endapan kita tidak segera dibersihkan maka itu akan menjadi kebenaran diri sendiri. Bertahun-tahun kita ikut Tuhan, kita tidak mengalami perubahan meskipun sudah banyak mendengarkan Firman Tuhan akhirnya yang timbul ia memegang kebenaran diri sendiri.

Glorious Time kita harus mengijinkan Tuhan bebas bergerak dalam hidup kita.

Awal Saya mengikuti Kegerakan Bahtera, ada banyak hal yang tidak bisa diterima oleh pikiran saya, namun saya memilih diam, tidak ngomel dan penundukan diri.

Moab sebenarnya mempunyai arti Benih dari Bapa. Kita sudah di berikan benih oleh Bapa. Waktu terus berjalan, kita berjalan seringkali banyak menuntut Tuhan Yesus.

Tuhan Yesus yang memiliki hidup kita, kita ini adalah suk Isakhar rohani yang meniarap tertelungkup serta mempunyai hati hamba. Kita harus mempunyai roh yang rela, kita tidak bisa melakukan apa-apa diluar Tuhan Yesus.

1:12 Pada waktu itu Aku akan menggeledah Yerusalem dengan memakai obor dan akan menghukum orang-orang yang telah mengental b  seperti anggur di atas endapannya c  dan yang berkata dalam hatinya: TUHAN tidak berbuat baik dan tidak berbuat jahat 6 ! d  e Zefanya 1 : 12

Ada orang yang hidupnya tidak mau peka mendengar suara Tuhan, ia tidak mau mengandalkan Tuhan dalam hidupnya. Jika orang itu tetap tidak mau mengandalkan Tuhan. Tuhan akan menggeledah hidup orang tersebut dan membakar dengan obor.

Orang yang hidupnya tidak mau berubah akan mengental. Orang yang hidup dalam kenyamanan itu bukan saja orang yang punya banyak uang.

TUHAN semesta alam akan menyediakan di gunung i  Sion ini 1  bagi segala bangsa-bangsa suatu perjamuan j  dengan masakan yang bergemuk, suatu perjamuan dengan anggur yang tua benar, masakan yang bergemuk 2  dan bersumsum, anggur k  yang tua yang disaring endapannya. Yesaya 25:6

Sion adalah umat Tuhan yang dipilih, mau mengalami proses demi proses, mau dituangkan dari satu tempat ke tempat yang lain.

Ketika saya pelayanan di Afrika saya gagal karena saya mau hidup dalam kenyamanan, hidup tergantung dengan namanya nasi. Saya gagal melakukan apa yang Tuhan mau.

Tuhan beri kesempatan saya pelayanan ke Jepang tahun ini, saya meninggalkan semua kenyamanan, saya tidak mencari nasi. Saya tahu nasi di Jepang itu tidak enak bagi saya.

Hidup kita mau diproses oleh Tuhan, jika kita mau diproses oleh Tuhan Yesus maka kita akan mendapatkan masakan yang bergemuk. Kita harus mengerti Destiny kita dengan benar.

Barzilai adalah Suku Isakhar Junior, ia berasal dari Suku Manasye, ia memberikan anaknya Kim Ham kepada Daud, padahal ia tidak tahu apakah Daud akan kembali menjadi Raja Israel.

Kristen Endapan adalah orang yang tidak pernah mau pelayanan dengan berbagai macam alasan, tidak mau menanggung resiko dalam pelayanan.

Yunus mengingkari panggilan TUHAN
1:1 Datanglah firman TUHAN kepada Yunus 1  a  bin Amitai, b  demikian: 1:2 "Bangunlah, pergilah ke Niniwe 2 , c  kota yang besar itu, berserulah terhadap mereka, karena kejahatannya telah sampai kepada-Ku." 1:3 Tetapi Yunus bersiap untuk melarikan diri 3  d  ke Tarsis 4 , e  jauh dari hadapan TUHAN; ia pergi ke Yafo f  dan mendapat di sana sebuah kapal, yang akan berangkat ke Tarsis. Ia membayar biaya perjalanannya, lalu naik kapal itu untuk berlayar bersama-sama dengan mereka ke Tarsis, jauh dari hadapan TUHAN. g Yunus 1:1-3

Yunus adalah seorang Nabiah, Ia hidup dalam kenyamanan walaupun ia tidak mempunyai banyak uang. Uangnya terbatas ketika Ia lari ke Tarsis.

Yunus lari dari panggilanNya untuk menyerukan suara kenabian kepada penduduk Niniwe.

Isakar adalah orang yang bisa menyedot kekayaan tanpa batas dan ia memberikan kepada pelayanan tanpa batas juga.

Jika hidup kita dalam kenyamanan maka kita akan mengental dan mempunyai endapan. Hidupnya tidak mau beresiko, hidup untuk kesenangan diri sendiri.

49:14 Isakhar g  adalah seperti keledai yang kuat tulangnya, yang meniarap diapit h  bebannya, 49:15 ketika dilihatnya, bahwa perhentian itu baik dan negeri i  itu permai, maka disendengkannyalah bahunya untuk memikul, j  lalu menjadi budak rodi. k Kejadian 49:14-15

Isakar adalah contoh orang yang rendah hati, Ia diibaratkan Keledai yang mempunyai tulang kuat. Diberi beban berat ia akan terus berjalan, ketika orang mengatakan ia bodoh, ia tidak akan berhenti dan terus berjalan.

Secara konsisten memutuskan untuk terus mengabdi kepada Tuannya, walaupun ia memiliki uang yang tanpa batas. Secara manusia mungkin hal itu tidak mungkin, tetapi dihadapan Tuhan adalah mungkin.

Isakar mempunyai anak Tola yang artinya cacing dan ulat bulu, namun ditangan Tuhan ulat bulu yang gatal akan diubah menjadi ulat sutera yang menghasilkan sutera yang mahal. Amin

Script Writer : Joshua Ivan Sudrajat

Note : Tolong Untuk Karya Tulis siapapun harap tidak menghilangkan nama si penulis sebagai sumber. Terima Kasih Sudah Menghargai Kode Etik Jurnalistik. Tuhan Yesus Memberkati




Komentar

Postingan Populer