Peranan Roh Kudus Dalam Transformasi Hidup Kita

Peranan Roh Kudus Dalam Transformasi Hidup Kita


Peranan Roh Kudus dalam membawa orang-orang percaya mengalami transformasi hidup menjadi orang-orang benar/ anak-anak Kerajaan sangatlah vital. Mulai dari membawa mereka mengalami kelahiran baru untuk dapat 'melihat' Kerajaan Allah (Yoh 3:3), lalu bertumbuh dalam pengenalan akan Tuhan untuk dapat 'memasuki' Kerajaan itu (Yoh 3:5) maupun untuk akhirnya dapat 'memiliki' kerajaan itu (Mat 5:3, 10; 10:14) semua adalah karena peranan dari Roh Kudus. Ia akan terus membawa orang percaya berjalan dalam segala kebenaran sampai pada akhirnya dari dalam diri orang percaya sendiri muncul suatu dorongan untuk sepenuhnya menyerahkan hidup kepada Bapa untuk menggenapi apapun yang jadi rencana & isi hatiNya di bumi ini (Yoh 16:13, Ef 1: 13-14) dan terus berlanjut hingga mencapai kepenuhan Kristus dalam hidup sehari-hari (Ef 1:23, 4:13)

Berikut adalah beberapa aspek yang juga akan Roh Kudus lakukan sebagai bagian dari pelatihan dalam membawa orang percaya menjadi anak Kerajaan:

1. Roh Kudus akan melatih kita untuk mempergunakan kuasa pengambilan keputusan secara akurat sehingga selalu memposisikan kita menjadi anak yang taat di hadapan Bapa.

Kuasa pengambilan keputusan adalah merupakan salah satu aspek penting dalam kehidupan manusia di bumi ini yang dipulihkan saat manusia mengalami kelahiran baru. Tujuannya adalah untuk memberi kesempatan manusia (Ciptaan Baru) untuk dapat mencintai Tuhan dari keputusan/ kecenderungan hatinya sendiri. Ketika pengambilan keputusan dilatih untuk membawa pola selalu mengejar apa yang benar & memperkenan hati Tuhan, maka otomatis dalam kehidupan sehari-hari, setiapkali ada keputusan yang harus diambil, maka sebagai Ciptaan Baru kita-pun akan cenderung memutuskan apapun juga berdasar pola kebenaran & arahan yang memperkenan hati Tuhan.

Daniel telah berketetapan untuk tidak menajiskan dirinya dengan makanan raja jauh sebelum makanan di hidangkan. Ia membuat keputusan untuk melakukan apa yang benar walau ada konsekwensi yang harus ia hadapi (Dan 1:8)

Saat pola mengejar kebenaran & apa yang memperkenan hati Tuhan terbangun kuat dalam kuasa pengambilan keputusan kita, tidak akan ada lagi celah dalam hidup kita yang bisa di manfaatkan oleh musuh untuk menjatuhkan kita. Kita menjadi generasi yang tidak bisa lagi di bendung...UnStoppable Generation....

Ketika pola Ilahi terbangun dalam aspek pengambilan keputusan kita, anugerah pasti tercurah!
No more distraction, no more delay, no more disfunction....

2. Roh Kudus akan melatih kita untuk dapat meresponi apa yang terjadi di alam roh secara akurat.

Setiap Ciptaan Baru seharusnya akan menjalani kehidupan sehari-hari dalam lingkupan damai sejahtera, sukacita & realita hadirat Tuhan yang nyata. Tapi terkadang - karena kita memang masih ada pada fase proses pertumbuhan yang sifatnya bertahap, belum mengalami perubahan akal budi secara seutuhnya - Musuh jadi punya alasan/ celah untuk menekan, mengintimidasi serta menyerang untuk menjatuhkan kita. Minimal pertama-tama musuh akan berupaya untuk membuat kehidupan roh kita 'jadi bocor' ( melalui kesembronoan hidup yang kita miliki); musuh berupaya mencuri, mengurangi kadar realita hadirat Tuhan, damai sejahtera & sukacita yang melingkupi pikiran/ hati kita. Mengalami peperangan untuk mempertahankan damai sejahtera, sukacita & realita hadirat Tuhan adalah merupakan hal yang wajar/ sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Tapi mengalami kekalahan dari musuh sehingga kita kehilangan realita Tuhan/ damai & sukacita yang dari Roh Kudus adalah sesuatu yang tidak wajar!

Kita membutuhkan tuntunan Roh Kudus untuk dapat meresponi secara akurat berbagai dinamika yang sedang terjadi didalam alam roh sehingga tidak peduli sehebat apapun peperangan rohani yang harus kita lalui, kita akan selalu ada pada posisi yang berkemenangan! Bahkan, setelah peperangan berlalu - karena Musuh tidak akan pernah diijinkan Tuhan memerangi kita terus menerus; selalu ada batasan waktu yang Tuhan tetapkan untuk musuh mengganggu kita. Saat kita dengan ketekunan untuk menjagai pikiran/ imajinasi serta areal emosi dalam hidup kita untuk jadi selalu positif, Tuhan sendiri yang akan menghalau musuh dari hidup kita. Damai sejahtera akan kembali melingkupi kita - bahkan Tuhan akan mengutus para malaikat untuk kembali melayani kita...

3. Roh Kudus akan melatih kita untuk menanggulangi berbagai fakta lahiriah yang ada di sekeliling kita dengan menggunakan firmanNya.

Apapun aspek lahiriah yang terlihat ada di sekeliling kita, sesungguhnya semua itu tercipta melalui firmanNya (Yoh 1:3, Ibr 11:3) Dari prinsip diatas, kita dapat menarik kesimpulan bahwa apapun fakta lahiriah yang sedang kita hadapi, akan dapat mengalami perubahan atau akan dapat kita ubah dengan mempergunakan firmanNya (Rom 4:16-24)

Yang harus kita lakukan adalah mempergunakan mulut kita untuk terus memperkatakan firmanNya. Roh Kudus akan melatih pola 'mempergunakan firman untuk mengubah dunia kita' secara konsisten sampai pola tersebut betul-betul terbangun kokoh dalam hidup kita.

Kita membutuhkan pola ini untuk selalu berkemenangan menjalani hidup sehari-hari di hari-hari yang terakhir ini. Melalui pola ini kita akan menikmati realita dari kerajaan yang tak tergoncangkan (Ibr 12:28)

Terus perkatakan firman yang Tuhan beri sambil mengimajinasikan semua firman tersebut sudah terealisasi dalam kenyataan di hidup kita; lakukan sampai seluruh emosi kita jadi bergelora dengan emosi yang positif - penuh keantusiasan, penuh pengharapan & ekspektasi...

4. Roh Kudus akan melatih kita untuk bisa berada ditempat yang tepat, pada waktu yang tepat, melakukan hal-hal yang akurat, mempengaruhi orang-orang strategis.

Dalam setiap kegerakan rohani maupun usaha melakukan transformasi atas suatu kota/ bangsa, Tuhan selalu memakai orang!

Kadangkala, Ia memakai orang-orang percaya untuk mempengaruhi kehidupan satu orang strategis yang ada atas satu kota/ bangsa untuk memantik tercetusnya suatu revolusi rohani yang akan terus memunculkan efek bola salju. Salah satu contohnya adalah Filipus. Tuhan memerintahkan dirinya untuk meninggalkan kegerakan Roh yang sedang terjadi di Samaria dan pergi ke suatu jalan yang sunyi demi dapat dipertemukan dengan sida-sida dari Etiopia (Kis 8:26-39) Selanjutnya, kita membaca dari sejarah dunia bahwa Etiopia pernah menjadi kerajaan Kristen. Sida-sida Etiopia inilah yang membawa kekristenan kembali ke negaranya dan sekaligus Tuhan pakai untuk membawa seluruh kerajaan menjadi orang percaya... Sida-sida Etiopia adalah orang strategis yang di pertemukan oleh Roh Kudus dengan Filipus. Melalui Filipus, sida-sida Etiopia mengalami perjumpaan pribadi dengan Tuhan.

Akan ada lebih banyak lagi Filipus-Filipus yang Tuhan bangkitkan di akhir jaman ini. Mereka sengaja dilatih oleh Tangan Tuhan untuk menjadi 'agen pembawa perubahan' bagi banyak sida-sida Etiopia yang juga sedang terus mencari-cari kebenaran di luar sana. Semua orang strategis yang hatinya mengejar kebenaran akan menerima kesempatan dari Tuhan untuk dapat dipertemukan dengan Filipus-Filipus yang sudah Tuhan persiapkan guna mempertemukan mereka dengan DiriNya sendiri... Bersiaplah... Didalam nama Yesus... Terjadilah...! #AkuCintaTuhan (Ps. Steven Agustinus)

Komentar

Postingan Populer