KARAKTERMU MASA DEPANMU 14

"Karakter RASA AMAN" - 14 -

MENYADARI KEBAHAGIAAN SEJATI TDK BERGANTUNG PADA HAL-HAL MATERI. MEMBANGUN HIDUP DGN HAL-HAL YG TDK DPT DIHANCURKAN DAN DIRENGGUT OLEH SIAPAPUN DAN APAPUN.

Damai sejahtera Kutinggalkan bagimu. Damai sejahtera-Ku Kuberikan kepadamu, dan apa yg Kuberikan tdk seperti yg diberikan oleh dunia kepadamu. Janganlah gelisah dan gentar hatimu. (Yohanes 14 : 27).

Semuanya itu Kuberikan kepadamu, supaya kamu beroleh damai sejahtera dlm Aku. Dalam dunia kamu menderita penganiayaan, tetapi kuatkanlah hatimu, Aku telah mengalahkan dunia. (Yohanes 16 : 33).

Ada sebuah kebahagian di dlm hidup kita dan kebahagiaan itu bukan utk dihormati, bukan utk fasilitas, ataupun utk dilayani. Suatu rasa utk bisa menikmati dan bahagia dgn apa yg ada pada kita. Karena kebahagiaan yg sejati bukanlah mengandung hal2 seperti materi ataupun kekuasaa, melainkan ada yg lebih daripada itu semua. Saya bukan org yg bisa berbahasa inggris dgn baik, dan saya sangat bersyukur dan bahagia karena di sekeliling saya byk org yg bisa berbahasa inggris dgn baik dan saya sering dikoreksi mengenai hal itu. Buat saya, itu tdk pernah jadi masalah karena siapa tahu suatu hari karena anugerah Tuhan, saya bisa berbahasa inggris dgn benar.
Kalau hati kita tdk pernah content maka kita akan melihat segala sesuatu dari sisi yg buruk dan negatif. Sebaliknya, kalau hati kita content maka ada kebahagiaan yg di dalam diri kita bukan karena waktu kita dihormati, bukan waktu diberikan fasilitas yg luar biasa. Tetapi biarkan hati kita memiliki kebahagiaan utk bisa menikmati bahkan yg sesederhana sekalipun, dan sampai seluruh apapun di hidup kita bisa nikmati.
Banyak org tanpa sadar di dalam hatinya tdk ada yg namanya rasa aman, tenang, utuh, whole dan damai sejahtera dan juga tdk memberikan rasa aman kpd org lain. Dikatakan di ayatnya damai sejahtera Aku tinggalkan kepadam, namun selanjutnya dikatakan bahwa dlm dunia ini engkau akan mengalami byk masalah. Damai sejahtera, rasa aman, tenang itu tdk mrnghilangkan yg namanya masalah namun membuat engkau memandang masalah dgn cara yg berbeda.
Ada org yg di tegur atau di didik akan berkata terima kasih Tuhan masih ada org yg peduli dan membentuk, menegur hidupku sehingga menjadikan hidupku berharga di hadapan Tuhan dan manusia. Namun dgn teguran yg sama ada org yg malah merespon dgn marah, dia berpikir bahwa dia di manfaatkan, disalahkan dan terus di tekan, itu yg namanya tdk punya rasa aman. Ketika kita di tuntut anggap saja fitnes rohani.
Dengan reaksimu memutuskan utk marah maka dampaknya bisa menjadi sgt panjang, seperti Esau yg ujungnya dari generasi ke generasi tdk di berkati. Tetapi semua itu dimulai dari yg namanya rasa aman sehingga engkau mempunyai fondasi dan pagar yg tdk akan diambil oleh siapapun dgn cara apapun baik dgn cara diomongin oleh byk org, kita tetap merasa aman, tenang dan damai. Kalau engkau takut maka engkau tdk punya yg namanya rasa aman. Bukan soal keadaan yg salah, tapi soal dlm hati. Adakah hatimu memiliki rasa tenang ?
Salah satu tokoh di alkitab yg tdk punya rasa aman ialah Saul, ketika Saul mendengar nyanyian Saul mengalahkan beribu-ribu dan Daud mengalahkan berlaksa-laksa, reaksinya ialah marah. Saya ingatkan buat pagar dlm hidupmu, salah satu pagar ialah true self, tdk hanya melihat sisi buruknya tetapi lihat juga sisi bagusnya.
Orang yg tdk pernah merasa aman, damai, tenang ialah org yg merasa tdk dikasihi, tidak pernah yakin bahwa Tuhan sungguh2 memilih dia yg artinya tdk pernah ketemu Tuhan dan tdk tahu siapa dirinya di hadapan Tuhan. Ayatnya mengatakan bahwa masalah akan tetap ada tetapi Tuhan memberikan damai sejahteraNya yg membuat kita menang dan mengatasi masalah.
Disalin dari "Karakter-Mu...Mssa Depanmu" oleh : Ev. Mikhael Iin Tjipto W.

Komentar

Postingan Populer