Urapan Tujuh Kali Lipat

Ibadah Raya Sore
Minggu 27 Agustus 2017
Pdt. Petrus Hadi Santoso

Urapan 7x lipat

Amsal 6:30-31
Ini kebijakan luar biasa yang dikeluarkan oleh raja bijak yaitu Salomo. Dia membuat jera kepada pencuri sehingga jaman Salomo shallom itu bisa dinikmati oleh seluruh orang. Setan adalah pencuri, setiap ada peluang dia akan mencuri baik berkat rohani, jiwani, jasmani dan ekonomi. Kalau kita sebagai orang Kristen hanya diam, maka kita akan rugi. Perjanjian akan terlaksana kalau kita kerja bukan hanya Tuhan saja. Untuk naik ke level berkat 7x lipat ini, kita harus melewati berkat 3x lipat. Ujiannya adalah hati yaitu pengampunan. Tuhan menghendaki pencuri harus tertangkap. Untuk menangkap pencuri tidaklah mudah. Perlu kuasa dan legalitas untuk menangkapnya. Untuk mencapai level berkat 1000x lipat maka kita harus bayar harga. Bayar harga adalah perjuangan. Pak Hadi pernah hampir ketinggalan pesawat. Pintu sudah hampir ditutup. Tetapi karena pilotnya melihat pak Hadi lari2 untuk mencapai pesawat, maka pintu pesawat dibukakan kembali. Untuk sebuah kesuksesan perlu perjuangan. Demikian juga dengan kerohanian kita. Kita harus berjuang baca Alkitab serius. Kalau kita tidak ada kemauan baca Alkitab, maka hidup kerohanian kita akan semakin hancur. Sekarang waktunya berjalan semakin cepat, kalau kita malas2an maka kita akan tertinggal. Kita harus berjuang termasuk untuk menangkap pencuri.

Pencuri akan sembunyi2 untuk mencuri. Menangkap pencuri tidaklah mudah. Dia punya banyak pasukan, tetapi dia berkata KALAU dia tertangkap. Artinya tidaklah mudah. Ketika pencuri mencuri 1 domba dan ketahuan, maka dia wajib menyerahkan 7 domba. Apapun kondisinya wajib mengembalikan 7x lipat. Kalau tidak ada 7 domba maka apa yang ada di rumahnya dikumpulkan dihitung senilai 7 domba. Makanya jangan beri peluang untuk setan mencuri sebab harus punya otoritas untuk memaksa mengembalikan. Dengan setan harus berani jangan takut. Ketika setan mencuri keharmonisan rumah tangga, maka kita harus memaksa supaya mengembalikan 7x lipat. Untuk bisa memperoleh berkat 7x lipat kita harus melewati urapan 2x lipat. Urapan 2x lipat adalah seperti Ayub yang mengampuni. Ketika kita bisa mengampuni maka kita punya otoritas dan kuasa untuk perang dan memaksa setan mengembalikan apa yang sudah dia curi sebanyak 7x lipat.

Matius 26:36-
Tuhan Yesus saja ada perjuangan. Biarlah kehendak Bapa yang terjadi. Penderitaan Yesus bukan saja di fisik tetapi di batinnya. Dia takut perjuangannya tidak dipercayai oleh murid2-Nya. Kita berdoa dan berjaga2 tidak sendirian tetapi dengan Tuhan. Urapan itu akan berjalan tahap demi tahap. Sebetulnya roh kita tidak kuat melewati krisis. Tuhan minta supaya kita berdoa dan berjaga2 bersama2 dengan Tuhan. Tuhan hanya minta 1 jam saja, kalau kita tidak berjuang maka kita tidak beroleh kemampuan. Kalau kita dalam satu hari tidak ada persekutuan dengan Tuhan minimal 1 hari, maka kita tidak akan beroleh kemampuan. Ketika pak Hadi periksa kesehatan, ada dokter yang meminta dengan memohon untuk minimal 1 jam gym atau jalan2. Hanya satu jam saja kita harus berjuang. Demikian juga dengan ibadah, berjuanglah. Kita harus berjuang mendahului yang lain, jangan sampai datang terlambat. Harus ada perjuangan. Bangun tidur baca Alkitab. Sebelum tidur sekalipun ngantuk please baca Alkitab. Ada waktu luang baca Alkitab. Harus ada perjuangan tidak diam.

Maleakhi 3:8
Spirit pencuri ini mesti dibuang. Dalam persepuluhan juga termasuk waktu kita yang 24 jam. Dalam keuangan kita juga jangan kita memiliki spirit pencuri. Spirit pencuri adalah salah satunya mencuri persepuluhan. Dalam kondisi sesulit apapun belajar untuk tidak mengambil persepuluhan yang bukan hak kita. Kalau kita mencuri hak Tuhan maka habislah hidup kita. Kalau kita tidak setia dalam hal kecil, maka kita tidak akan setia dalam hal yang besar. Walaupun gaji kita 100rb, berikan 10rb sebagai persepuluhan. Kalau kita tidak mengembalikan persepuluhan artinya kita juga pencuri. Tidaklah bisa kita menuntut setan untuk mengembalikan persepuluhan. Masak pencuri nuntut pencuri. Perpuluhan waktu kita yang 1 jam. Perpuluhan ekonomi kita. Semuanya butuh tekat dan komitmen.

Lukas 16:10-12
Kalau kita tidak lulus dalam hal mamon yang kecil, maka jangan harap kita menerima berkat kekayaan bangsa2. Kalau kita punya hutang, berjuang untuk segera mengembalikan. Kita harus kembalikan yang bukan hak kita. Kalau tidak mengembalikan artinya kita memiliki spirit pencuri. Daging kita lemah tapi toh kita kuat. Kalau kita tidak muncul bersinar, maka orang lain tidak bisa melihat Yesus dalam hidup kita. Kebiasaan. Hutang harus dipotong. Ketika butuh duit, hutang sapa ya? Itu salah. Harusnya aku belajar untuk mengandalkan Tuhan. Kebanyakan orang sakit Hadi dengan Tuhan karena kebutuhannya tidak dipenuhi. Padahal dalam hidupnya ada spirit pencuri. Olehnya buang itu spirit pencuri maka lihat bagaimana Tuhan memberkati kita.

Yakobus 5:1-6
Kita harus tahu ini jatah kita, ini jatah orang lain. Kalau mereka sudah kerja dengan baik, maka kita wajib memberikan apa yang menjadi hak mereka. Hubungan dengan Tuhan dan dengan sesama harus baik. Pembantu baik dengan majikan pelit maka tidak akan ketemu. Hal2 sepele menghambat berkat dalam hidup kita.

Srang penjual bunga dan tidak ada yang beli. Karena hidupnya benar dihadapan Tuhan, dia berdoa minta kepada Tuhan supaya mengirimkan malaikatnya untuk menjualkan bunganya. Dan ajaib bunganya terjual. Demikian juga dengan orang yang memberi hutang. Ketika ada orang yang sulit untuk ditagih. Asalkan kita benar dihadapan Tuhan kita bisa minta pelayanan malaikat membisikkan kepada si peminjam untuk bayar hutang.

Writer : Elyon Sadar W

Komentar

Postingan Populer