Sukkot

“SUKKOT”

Yohanes 1:14

Pnt. Lokky S. Tjahja

Rencana Tuhan bagi kita sangatlah besar, sehingga kita harus bersyukur dapat merayakan hari kelahiran Tuhan Yeshua sesuai dengan kebenaran firman Tuhan. Semakin hari, apabila kita rindu untuk menyelidiki setiap kebenaran firman Tuhan, ada hal-hal yang akan Tuhan singkapkan untuk bisa dimengerti dan dilakukan dengan hikmat serta pimpinan Roh Kudus. Sama halnya dengan “Sukkot”.

Hubungan Hari Raya Pondok Daun (Sukkot atau The feast of tabernaceles) → Yoh. 1:14

Sukkot berasal dari kata ibrani yang berarti gubuk, kandang, kemah, pondok. Tabernacle (Inggris), Yunani “skenoo”, Tuhan Yeshua sebagai firman yang hidup diam (ber “Skenoo” atau ber “Sukkot”) di antara kita. Ada pengertian yang sama antara “Sukkot dan Skenoo”.

Bapa memberikan kasih-Nya melalui Tuhan Yeshua untuk kita semua supaya yang percaya kepada-Nya bisa masuk ke dalam surga bersama dengan Dia. Pada zaman kemah suci, Tuhan bersama umat-Nya melalui tiang awan, tiang api yang selalu bersama dengan mereka (Bil. 14:14). Dan, di zaman Tuhan Yeshua bersama murid–murid-Nya memberikan gambaran bahwa DIA akan mengajak semua orang untuk tinggal bersama-Nya untuk selamanya (Yoh. 12:25; 14:3). Sama halnya dengan Sukkot yang memberi gambaran tentang surga supaya semua orang menjadi orang sempurna, sama seperti Tuhan Yeshua dan Bapa adalah sempurna (Mat. 5:48).

Hari-hari Raya (Imamat 23)

Tiga hari-hari raya yang ada di dalam firman Tuhan, yaitu Pesakh, Pentakosta, dan Sukkot. Hari raya satu dengan yang lainnya saling berhubungan.

tabel

Kemah suci atau Tabernakel merupakan gambaran surga (Ibrani 8,9 dan 10). Tuhan rindu untuk kita bisa masuk ke surga, dengan belajar tentang Tabernakel.

kemah suci

Kemah suci terbagi menjadi tiga, yaitu

Pintu kemah halaman (orang benar): terdapat Mezbah korban bakaran dan kolam pembasuhan (gambaran baptisan air). Hal-hal ini digambarkan sebagai orang-orang yang bertobat. Sehingga, dapat dikatakan perwujudan dari hari raya paskah, yaitu darah binantang yang digantikan dengan darah Tuhan Yeshua. Gambaran orang menjadi percaya kepada Tuhan Yeshua sebagai Juruselamat dan dibaptis (Roma 6:6).
Pintu kemah suci/ ruangan suci (orang suci): terdapat meja roti, pelita, dan mezbah dupa. Hal ini gambaran dari hari raya pentakosta. Yaitu, turunnya torah digenapi dengan turunnya Roh Kudus. Saat seseorang bertobat dan mengizinkan Roh Kudus untuk tinggal dalam hidupnyasehingga penuh dengan Roh Kudus.
Tirai/ ruangan maha suci (orang sempurna): terdapat Kerubim. Gambaran dari hari raya sukkot, yang artinya Tuhan tinggal dan hadir. Saat kita bisa menikmati hadirat Tuhan, berarti tirai sudah terbelah. Dosa-dosa sudah Tuhan ampuni melalui pengorbanan Yeshua di kayu salib.
Kemah suci diganti dengan kemah abadi (Ibrani 8:1-2; 9:11-12). Kemah suci gambaran surge. Dan, tujuan akhir hidup kita adalah masuk ke dalam surga. Tuhan Yeshua sebagai pembuka jalan untuk kita bisa masuk ke surga. Sebab, Tuhan Yeshua sudah tahu jalan ke surge. Karena, Dia adalah anak tunggal Bapa.

Kehadiran-Nya di perayaan sukkot → Kelahiran-Nya di dunia pada hari raya sukkot. Hal ini bisa dibuktikan dari masa pelayanan-Nya sampai wafat-Nya. Kedatangan-Nya kembali dan menjemput kita menjadi mempelai gereja (Rapture). Setelah ini, ada waktu dimulainya kerajaan 1000 tahun damai (Zakh 14) pada hari raya sukkot.

Diagram kelahiran Tuhan Yeshua di perayaan sukkot.

 diagram

Keterangan gambar:

Tuhan Yeshua berusia 30 tahun saat memulai pelayanan-Nya. Dia melayani selama 3,5 tahun. Setelah itu, DIA wafat di kayu salib. Kita mengetahui kapan Yeshua wafat (hari raya paskah), yaitu sekitar bulan maret-april. Sehingga. kelahiran Tuhan Yeshua dapat dihitung mundur dari waktu wafat– (paskah) ke perayaan paskah 33 tahun sebelumnya, dan ditambah sisa 6 bulan. Akhirnya, kita bisa tahu kapan waktu kelahiran-Nya.

Apa persiapan kedatangan-Nya?

Hari Raya Sukkot memiliki kaitan dengan ruang suci dan maha suci dalam kemah suci. Dan, bisa dihubungkan dengan peralatan-peralatan yang ada di dalamnya.
Meja roti, pelita, dan mezbah dupa bisa berkaitan dengan Thesuvah, Tefillah, dan Tzedakah. Sehingga, kita bisa terus masuk ke ruang maha suci.
Apabila masih di halaman, berjuanglah terus supaya berada di ruang suci, melalui pentakosta (baptisan Roh Kudus)sebelum masa antikris berkuasa. Sebab, bagi mereka yang masih berada di halaman akan diserahkan kepada penguasa antikris, yaitu bangsa-bangsa di luar Israel supaya diinjak-injak (Wah. 11:2).
Kesimpulan

Kita harus berani untuk mempraktikkan setiap kebenaran yang Tuhan sudah singkapkan. Firman adalah wujud Tuhan Yeshua sebagai anak tunggal Bapa penuh kasih karunia dan kebenaran, yang akan membawa kita masuk ke dalam kerajaan surga. Kapan pun Tuhan Yeshua datang, asalkan kita selalu mempersiapkan diri; DIA akan menyambut kita untuk masuk ke surga bertemu dengan-Nya. DIA memenuhi janji–janji-Nya, yaitu ber “sukkot” bersama dengan kita.

Komentar

Postingan Populer